Berita Wisata

Belum ke Papua kalau belum mampir ke Danau Sentani

Jakarta, CNNIndonesia

Ada pepatah mengatakan belum ke Papua kalau belum mampir Danau Sentani. Rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Danau Sentani di Papua.

Selain itu, lokasi danau terbesar di Papua mudah untuk sampai ke sana, karena tidak jauh dari Bandara Internasional Sentani. Lokasi Danau Sentani berada di Jayapura yang merupakan ibu kota Papua.

Dari bandara, hanya dibutuhkan waktu 10 menit berkendara menuju Danau Sentani. Raja Ampat memang menjadi destinasi wisata terkenal di Papua, namun hal ini juga berlaku untuk Danau Sentani.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati wisata alam Danan Sentani. Anda juga bisa menghadiri Festival Danau Sentani setiap tahun yang menawarkan pengalaman wisata budaya lokal.

Festival Danau Sentani diadakan setiap tahun pada bulan Juni. Festival ini biasanya berlangsung di wilayah Kalkota, di tepi Danau Sentani. Anda bisa melihat budaya dan kesenian setempat, seperti tarian Isosolo yang dibawakan di atas perahu, tarian perang khas Papua dan upacara adat penobatan Ondoafi atau kepala adat asli Sentani.

Untuk dapat menjelajahi Danau Sentani, Anda dapat menyewa perahu wisata yang banyak tersedia di sekitar. Pemandangan alam Danau Sentani begitu luar biasa sehingga jam-jam yang dihabiskan di sana seperti tidak ada apa-apanya.

Yang menarik dari Danau Sentani ini terletak di bawah lereng Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini membentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Luas danau ini mencapai 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 mdpl. Ada 21 pulau kecil yang menghiasi Danau Sentani yang indah ini.

Dan yang terpenting, Anda juga harus tahu bahwa Sentani memiliki arti “di sini kami hidup dengan damai”, yang pertama kali diucapkan oleh seorang pendeta Kristen BL Bin saat menjalankan misionaris di kawasan Danau Sentani pada tahun 1898.

Nah bagaimana, penasaran bukan untuk mengunjungi Danau Sentani yang indah ini. Selain itu, Danau Sentani juga menjadi tempat yang menyenangkan bagi Anda yang hobi memancing.

(Ya)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button