Tempat Wisata

Bendungan Walahar, bendungan Belanda tertua di Karawang

harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kutapohaci, Kec. Ciample, Cab Karawang, Jawa Barat; Map: pemeriksaan situs

Kabupaten Karawang terkenal dengan tanahnya yang subur. Ada Bendungan Walahar yang menjadi sumber irigasi utama sawah dan ladang di dua kabupaten yakni Ciampel dan Klari. Selain itu, tempat ini tidak hanya untuk pengendalian air saja, namun kini telah menjadi tempat yang unik dan menarik untuk berlibur bersama teman atau keluarga.

Tempat ini sudah ada sejak zaman Belanda sekitar 100 tahun yang lalu, namun tidak hilang seiring berjalannya waktu. Sekarang tempat ini telah menjadi tujuan wisata dengan berbagai atraksi dan dapat digunakan untuk kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas informasi penting tentang bendungan yang mungkin belum anda ketahui.

Daya tarik Bendungan Walahar

Daya tarik Bendungan WalaharFoto oleh Himawan Setiyo di Google Maps

Sesuatu yang biasa menjadi luar biasa ketika dikelola secara profesional, kreatif dan inovatif. Ini memberikan propertinya sendiri. Seperti Bendungan Walahar, saat ini memiliki berbagai objek wisata yang mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke tempat tersebut. Berikut beberapa ulasan yang mungkin bisa menjadi informasi Anda!

✦ Sejarah pembangunan Bendungan Walahar

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban untuk menjaga, merawat dan melestarikan tempat atau bangunan bersejarah. Jangan lupakan sejarah, begitu pesan para founding fathers bangsa. Bangunan bersejarah di Kabupaten Karawang ini memiliki sejarah perkembangan yang panjang dan beragam.

Keberadaan tempat ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda lebih dari seratus tahun yang lalu. Kabupaten Karawang merupakan daerah yang subur sehingga menjadi daerah yang populer dan menjadi tulang punggung lumbung padi pada zaman Belanda. Oleh karena itu, pada tahun 1918, pemerintah Belanda berinisiatif membangun gedung yang besar dan kokoh.

Tujuan pembangunan adalah untuk digunakan sebagai saluran hujan dan irigasi untuk sawah dan ladang. Maka dibangunlah bendungan dengan mendatangkan ahli air dari Belanda. Saat itu disebut Bendungan Parisdo, sekarang disebut Bendungan Walahar. Dalam perjalanannya, tempat ini memiliki sejarah perkembangan yang patut dibanggakan karena tetap kokoh dan bermanfaat bagi masyarakat hingga saat ini.

Bendungan ini ditugaskan pada tahun 1925 dan direnovasi pada tahun 1989. Perbaikan terakhir dilakukan pada tahun 2009. Sejarah panjang ini menjadikan tempat ini sebagai bendungan yang sangat penting untuk mengendalikan aliran keluar air Sungai Citarum. Inilah daya tarik utama tempat ini.

✦ Tembok Besar Cina di Karawang

Tembok Besar China merupakan salah satu keajaiban dunia dengan bangunan yang kokoh dan terawat. Konstruksi Bendungan Walahar juga kokoh, sangat indah dan berdesain eksotis. Sedangkan bentuknya sangat mirip dengan bangunan di China, itulah sebabnya tempat ini dijuluki Karawang Chinese Wall.

Bukan sesuatu yang berlebihan karena terdapat berbagai dekorasi, seperti atap bangunan yang sangat mirip dengan Istana Kerajaan. Ada juga gambar naga dan beberapa hiasan lain yang identik dengan Tionghoa. Oleh karena itu, tempat ini berasal dari Belanda dengan nuansa Tionghoa

✦ Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang indah

Menikmati sunset atau sunrise di pantai sudah menjadi hal yang umum dan sudah dipraktekkan oleh banyak orang. Namun, melihat indahnya matahari terbit dan terbenam dengan suara riak air yang jatuh dari dinding bendungan adalah sesuatu yang bisa menghalau lamunan. Kegiatan menarik ini bisa Anda lakukan kapan saja karena tempat ini buka 24 jam sehari.

Wisatawan dapat menyaksikan sunset dan sunrise di Bendungan Walahar. Tempat ini merupakan tempat yang eksotik untuk menyaksikan sunrise di timur dan sunset di barat. Salah satu daya tariknya adalah tempat ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun domestik.

✦ Pusat Sungai Citarum

Pada zaman Belanda, Sungai Citarum memiliki sejarah panjang dan mengerikan. Jika jalur darat berisiko tinggi untuk jalur perdagangan, sungai menjadi alternatif bagi para pedagang sebagai jalur transportasi. Saat ini Bendungan Walahar merupakan pusat dari Sungai Citarum dimana bendungan merupakan tempat akhir transportasi air dan menjadi pengendali utama debit air disana.

Selain itu tempat ini menjadi daya tarik tersendiri karena terdapat beberapa tingkatan air yang mengalir sesuai dengan fungsinya. Ada air yang mengalir untuk mengairi sawah, ada air yang mengalir ke bendungan-bendungan kecil dan mengalir ke laut.

✦ Jembatan unik dan klasik

Selain sebagai pusat Sungai Citarum, bendungan ini juga memiliki daya tarik lain yaitu jembatan unik dan klasik yang menghubungkan dua kabupaten di Kabupaten Karawang tersebut. Kedua kecamatan tersebut adalah Kecamatan Klari dan Kecamatan Ciampel. Selain itu, menarik untuk mendokumentasikan pemandangan alam di sekitar jembatan, misalnya. B. Sawah yang hijau, udara yang asri, sejuk dan segar serta gemuruh air yang eksotik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bendungan WalahaFoto oleh Sri Hartati Sri Hartati di Instagram

Jika Anda dan keluarga ingin berkunjung, Bendungan Walahar terletak di Desa Walahar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Bagi wisatawan yang datang dari Jalan Raya Klari atau Jalan Raya Pantura, jarak yang ditempuh hanya 8,4 km dan waktu tempuh hanya 18 menit.

Sangat dekat dan mudah ditemukan karena tempat wisata ini memiliki kepentingan strategis. Namun untuk wisatawan domestik: keluar tol melalui tol Jakarta – Cikampek dan menuju ke bekas pabrik Texmaco. Letak bendungan tidak jauh dari pabrik dan plang penunjuk jalan dapat dilihat di beberapa titik sampai kedatangan.

Biaya masuk dan jam buka

Meski tempat wisata Bendungan Walahar banyak dikunjungi wisatawan, namun tiket masuk ke lokasi tersebut gratis. Namun untuk parkir motor hanya dikenakan biaya Rp 5.000 dan mobil hanya Rp 10.000.

Selain itu, biaya sewa bagi wisatawan yang ingin menggunakan fasilitas sepeda air hanya Rp20.000. Tempat ini buka dari hari senin sampai minggu, tidak ada hari libur dan buka 24 jam. Wisatawan yang ingin melihat sunset atau sunrise bisa datang ke tempat ini kapanpun dan dimanapun.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Bendungan WalaharFoto oleh Aralim Yuyuni di Google Maps

Bendungan yang dirawat dan dikelola dengan baik akan menarik dan bisa digunakan untuk aktivitas seru di sana. Di bawah ini adalah beberapa aktivitas menarik yang asyik dilakukan sendiri, bersama teman atau keluarga!

1. Memancing

Salah satu kegiatan yang membutuhkan banyak kesabaran adalah memancing. Kegiatan ini juga bisa melatih kesabaran dalam menunggu. Bendungan Walahar merupakan tempat yang cocok bagi wisatawan yang tertarik dengan hobi ini, karena banyak terdapat ikan-ikan besar disana.

Sambil menunggu umpan di serang, hirup udara sejuk dan segar serta nikmati pemandangan alam yang indah, sehingga mancing tidak begitu terasa saat senja tiba. Siapkan joran dan umpan dari rumah, karena tidak ada yang menjual alat tersebut secara lokal.

2. Bersantai di sekitar bendungan

Kegiatan lain yang menarik selain memancing adalah bersantai di tepi bendungan dengan kopi atau teh panas. Menyaksikan wisatawan lain beraktivitas dan melihat serta mendengar gemericik air yang turun dari pintu bendungan merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menarik yang menghilangkan penat dan menenangkan pikiran.

3. Bersantai di kafe sekitar bendungan

Saat nongkrong, kamu butuh suasana baru untuk menyegarkan pikiran. Bendungan Walahar merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dengan pemandangan eksotik dan udara bersih akibat polusi pabrik.

Jika Anda berkunjung bersama keluarga dan mereka masih asyik beraktifitas, menunggu sambil nongkrong di kafe sekitar bendungan memang menyenangkan. Berkenalan dengan warga setempat sambil bercengkerama tentang sejarah bendungan dan terlibat perbincangan lainnya tentu menjadi kegiatan yang menarik dan bisa menambah keakraban.

4. Serunya sepeda air di Bendungan Walahar

Jika semua aktivitas di atas masih belum memuaskan liburan Anda, silakan coba pengalaman seru sepeda air di bendungan. Tidak banyak bendungan lain yang menawarkan wahana permainan ini. Jadi jangan lewatkan kesempatan yang tidak datang dua kali. Namun, tentunya ada biaya yang harus Anda keluarkan sesuai poin-poin di atas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Bendungan WalaharFoto oleh Syamsul Arifin di Google Maps

Tempat wisata ini hanyalah sebuah bendungan buatan, sehingga belum memiliki fasilitas pendukung yang lengkap. Namun hal tersebut tidak mengurangi daya tarik yang ada dan masih banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Bendungan Walahar. Ada tempat parkir untuk beberapa fasilitas. Lokasi cukup luas dan keamanan terjamin karena ada penjaga di lokasi.

Selain itu, ada juga gazebo bagi wisatawan yang ingin bersantai sambil menggeliat dan menunggu keluarga bermain sekaligus menghilangkan rasa penat. Ada juga jembatan untuk warga atau wisatawan yang menggunakan akses jalan dari satu desa atau kecamatan ke desa atau kecamatan lain.

Liburan di Bendungan Walahar Karawang selalu bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Di tempat ini Anda bisa berlibur sekaligus mencari hiburan, karena di tempat ini terdapat berbagai area menarik untuk selfie atau foto bersama. Bendungan ini cocok untuk segala usia, mulai dari anak kecil hingga remaja hingga dewasa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button