Tempat Wisata

Benteng Pendem – Harga Tiket Saat Ini, Lokasi Rute dan Lokasi 2023

Benteng Pendem merupakan sebuah bangunan bersejarah Belanda yang berasal dari tahun 1861–1879 di pesisir Pantai Teluk Penyu. Menurut sejarahnya, gedung ini dulunya digunakan sebagai markas pertahanan Tentara Hindia Belanda dan berdiri di atas lahan seluas 6,5 hektar.

Tempat wisata di Cilacap ini mempunyai sejarah panjang yang patut untuk ditelusuri karena cerita-ceritanya yang menarik. Benteng Pendem Cilacap tertutup tanah dan terbengkalai, kemudian penggalian dan penemuan kembali dimulai pada tahun 1986.

Dan kini wisata Benteng Pendem menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi di waktu senggang. Lihat beberapa bangunan seperti ruang pertemuan, klinik medis, barak, gudang senjata, dan banyak lagi.

Biaya masuk Benteng Pendem

Biaya masuk ke Benteng PendemFoto:

Kustbatterij op de Landtong te Cilacap adalah nama asli benteng yang dikuasai tentara Jepang pada tahun 1942. Setelah Jepang meninggalkan benteng ini, benteng ini diambil alih oleh Tentara Nasional Indonesia sebagai tempat latihan perang dan pendaratan di laut.

Banyak cerita sejarah Benteng Pendem Cilacap yang menyimpan rahasia yang wajib untuk Anda simak. Tidak diperlukan biaya mahal untuk menjelajahi kawasan benteng, yang berisi banyak bangunan kuno yang masih dilestarikan.

Harga tiket masuk Benteng Pendem hanya Rp 8.000 per orang, murah sekali bukan? Dengan harga yang terjangkau tersebut, pengunjung bisa berkeliling dan berfoto hingga puas.

Sedangkan biaya parkir kendaraan seperti sepeda motor sebesar Rp 2.000. Untuk kendaraan roda empat berupa mobil pribadi dikenakan tarif Rp 10.000. Untuk bus elf dan wisata kisarannya antara Rp 15.000 hingga 25.000.

Nilai nominal yang disebutkan merupakan harga terkini pada saat artikel diterbitkan. Dan harga dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai aturan dari pengelola wisata masing-masing.

jam buka

Jam buka Benteng PendemFoto:

Anda bisa mengunjungi Benteng Pendem di Cilacap Jawa Tengah sesuai jam buka wisata yang berlaku. Benteng Pendem Cilacap buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

Untuk lebih menjelajahi Benteng Pendem Cilacap, Anda bisa datang pada pagi hari. Pada siang hari, suasana di Benteng Pendem cukup panas dan lembab sehingga diperlukan penggunaan topi atau penutup kepala.

Pada sore hari cenderung lebih teduh, disertai angin sepoi-sepoi khas kawasan pantai. Yang pastinya harus Anda perhatikan selain waktu berkunjung adalah cuaca saat ini.

Jika hujan atau hari mulai gelap, kami tidak menyarankan untuk berkunjung. Karena sebagian besar areanya berada di luar ruangan, sangat disarankan untuk datang ke sini saat cuaca mendukung.

Selain itu, karena jalan di sekitar benteng masih belum beraspal, biasanya becek dan licin saat musim hujan. Dan yang terpenting adalah selalu berhati-hati dan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Lokasi rute dan alamat

Rute, Lokasi dan Alamat Benteng PendemFoto:

Lokasi Benteng Pendem berada tepat di seberang pantai populer di Cilacap yaitu Turtle Bay karena masih dalam satu kawasan. Jadi jika Anda berencana berlibur ke Benteng Pendem, jangan lupakan Turtle Bay, begitu pula sebaliknya.

Alamat Benteng Pendem terletak di kawasan Pantai Teluk Penyu, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Cilacap jaraknya sangat pendek, hanya sekitar 4 km, waktu berkendara sekitar 12 menit.

Akses jalan untuk melewatinya sangat baik dan mudah bagi berbagai kendaraan yang lalu lalang. Papan penunjuk arah juga dipasang di beberapa titik sepanjang jalan untuk memandu wisatawan menuju lokasi Benteng Pendem.

Jika Anda masih kesulitan melakukan perjalanan karena mungkin ini merupakan kunjungan pertama Anda, tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan peta di bawah ini dengan petunjuk rinci yang akan memudahkan perjalanan Anda ke Benteng Pendem.



Kunjungi juga -> Pantai Sodong yang menawan dan atraktif.

Perabot

Fasilitas Benteng PendemFoto:

Bangunan yang sudah ada sejak abad ke-19 ini merupakan objek wisata populer di kawasan yang dikenal dengan nama Kota Bersinar. Selain eksotisme bangunannya, sejarah yang tersimpan menjadi daya tarik tersendiri dan menjamin objek wisata ini selalu ramai dikunjungi.

Hal tersebut telah didukung dengan fasilitas yang memadai dan fasilitas yang cukup untuk memberikan yang terbaik kepada para wisatawan. Fasilitas Benteng Pendem antara lain :

  • Tempat parkir cukup luas
  • tempat peristirahatan umum
  • Pemandu lokal
  • paviliun
  • Tempat bermain anak-anak
  • Perahu bebek air
  • Kursi
  • Tempat wisata
  • Dekat dengan pantai
  • Tempat cinderamata dan cinderamata
  • Ruang sholat
  • Tempat foto Instagram

Kawasan wisata Benteng Pendem dipenuhi dengan tanaman hijau dan pepohonan yang memberikan kesan rimbun. Udara di sini cukup sejuk dan pengunjung betah berjalan kaki, meski areanya cukup luas.

Kunjungi juga -> Hutan Kemit adalah tempat bermain dan belajar.

Tempat terbaik di Benteng Pendem

tempat terbaik di Benteng PendemFoto:

Berbagai bangunan tua peninggalan sejarah Tentara Hindia Timur Belanda menjadi daya tarik utama wisata sejarah Benteng Pendem ini. Mulai dari barak, benteng pengawasan, klinik kesehatan, instalasi pertahanan, penjara, gudang senjata, peluru, amunisi hingga ruang pertemuan.

Selain itu, terowongan-terowongan yang ada juga menjadi ciri khas suasana di Benteng Pendem ala arsitek Belanda. Saat ini benteng yang dulunya berfungsi sebagai penahan serangan laut ini telah menjadi destinasi wisata yang menarik.

Setiap sudutnya kaya akan tempat-tempat unik yang bisa kamu jadikan latar belakang selfie. Abadikan momen di lokasi terbaik Benteng Pendem untuk menciptakan karya fotografi pemandangan.

Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai bentuk bangunan peninggalan masa lalu yang dapat dijadikan sebagai latar belakang. Abadikan segala keseruannya dengan selfie atau foto grup agar momen indah tidak cepat terlupakan.

Ulasan Sebelumnya –> Pantai Widarapayung memang eksotis dan layak untuk dijelajahi.

Tip berkunjung

Tips mengunjungi Benteng PendemFoto:

Berikut beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi atau sekadar tambahan informasi saat menjelajahi Benteng Pendem.

  • Yang terbaik adalah memperkirakan waktu kunjungan Anda sebaik mungkin.
  • Jika berkunjung pada siang hari, bawalah topi, misalnya topi. B. topi, dengan.
  • Jika dirasa hari mulai gelap, segera kembali ke rumah dan tinggalkan benteng.
  • Berhati-hatilah dengan perkataan, tingkah laku, dan tindakan Anda saat berada di area benteng.
  • Dilarang keras memasang coretan pada bangunan benteng.
  • Berhati-hatilah dan perhatikan juga segala sesuatu di sekitar Anda.
  • Saat bepergian dan berlibur, hargai keamanan dan kenyamanan.
  • Harap pastikan untuk mengikuti aturan yang berlaku untuk semua pengunjung.
  • Anda harus dalam keadaan sehat karena harus melakukan perjalanan jauh di daerah tersebut.
  • Setelah keluar dari Benteng Pendem, jangan lupa mampir ke Turtle Bay.

Demikianlah ulasan singkat mengenai objek wisata sejarah Benteng Pendem di Kota Cilacap Jawa Tengah. Semoga informasi ini semakin membuat anda penasaran dengan Benteng Pendem Cilacap yang kaya akan cerita masa lalu para prajurit.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button