Tempat Wisata

Berau Long Island – atraksi, kegiatan liburan, lokasi dan biaya tur

Biaya tur: Dari Rp 300.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kabupaten Derawan, Kab.Berau, Kalimantan Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Salah satu tujuan wisata paling populer di Kabupaten Berau adalah Pulau Panjang. Pulau ini merupakan pulau kecil dengan luas 565 hektar. Namun meski merupakan bagian dari pulau kecil, pulau ini menawarkan nuansa liburan yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat wisata lainnya.

Berlibur di pulau eksotis ini Anda akan menemukan banyak keindahan. Misalnya pasir putih dan hutan bakau yang terlihat begitu eksotis. Long Island terletak di provinsi Kalimantan Timur. Bagi Anda yang menyukai seni fotografi, kunjungan ke pulau ini sangat dianjurkan.

Hamparan pasir putih yang lembut membuat Anda merasa rileks saat menyusuri pantai. Selain itu, deburan ombak dan angin yang sejuk membuat semua orang bisa bersantai saat datang ke tempat ini. Atraksi, fasilitas, harga tiket, dll dibahas lebih detail di bawah ini.

Daya tarik Long Island

Atraksi di Long IslandKredit foto: Mutiara Andani Google Maps

1. Pantai dengan pasir putih

Pulau Panjang memiliki begitu banyak daya tarik yang membuat banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri terpesona akan keindahannya. Daya tarik utamanya adalah pantai ini memiliki pasir putih. Hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai membuat pulau ini terlihat begitu indah.

Menyaksikan hamparan pasir putih, baik dari dekat maupun dari jauh, akan membuat setiap orang merasa dimanjakan. Anda bisa berjalan di atas pasir putih tanpa memakai sepatu. Karena pasirnya halus jadi tidak sakit kaki karena cangkangnya.

Dengan keindahan pasir putih yang ditawarkan, wisatawan pasti akan betah berada di tempat ini. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mengajak anak-anak Anda berlarian di sekitar tempat ini.

2. Pemandangan hutan bakau yang eksotis

Daya tarik selanjutnya yang juga ditawarkan Pulau Panjang adalah panorama hutan bakau. Di titik ini nantinya Anda bisa melihat dengan jelas kemegahan hutan bakau yang lebat dan hijau di kawasan pantai.

Padahal, selain bisa mempercantik pantai, keberadaan hutan mangrove ini juga sangat bermanfaat untuk melindungi pantai dari abrasi. Selain itu, wisatawan dapat berlatih di hutan dan belajar cara bercocok tanam yang baik dan benar.

3. Gelombang tenang dan kecil

Perlu Anda ketahui bahwa kawasan pulau ini relatif tenang dan berombak kecil. Karena ombaknya yang tidak terlalu besar, pantai di sini relatif aman bagi pengunjung yang ingin bermain air. Selain ombaknya yang kecil, perairan pantainya juga relatif dangkal.

4. Keindahan bawah laut

Daya tarik terakhir yang bisa Anda temukan dan nikmati saat berada di Long Island adalah keindahan alam bawah laut yang begitu mempesona. Di pulau cantik ini Anda bisa melihat berbagai jenis spesies bawah laut dan keindahan terumbu karang yang masih begitu terjaga secara alami.

Ombak kecil dan arus air yang tenang sangat mendukung kegiatan diving dan snorkeling. Selain itu, letak pulau ini sebenarnya berada di dalam lokasi yang dilindungi. Artinya, Anda masih bisa menemukan berbagai spesies biota laut saat menyelam di perairannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PanjangKredit foto: Google Maps Zabrifire 113

Seperti disebutkan di atas, Pulau Panjang terletak di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Lebih tepatnya terletak di Kabupaten Kepulauan Derawan. Jika berkendara dari Kota Samarinda menuju lokasi pulau, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 341 km.

Mengenai rute menuju pulau tersebut, Anda bisa berangkat dari Kota Samarinda kemudian menuju Kota Bontang. Sesampainya di Kota Bontang, Anda bisa mengambil rute menuju Muara Wahau. Baru setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Tanjung Redep.

Dari Tanjung Redep, nantinya pengunjung bisa mengambil jalan untuk menuju kawasan Tanah Kuning. Setibanya di Tanah Kuning, Anda perlu menyewa perahu atau perahu kecil untuk menuju Pulau Panjang.

Dari Tanjung Redeb, wisatawan bisa mengambil jalan menuju Tanah Kuning. Setibanya di Tanah Kuning, wisatawan perlu menyewa perahu atau kapal untuk menuju kawasan pulau eksotis ini.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Anda tidak akan dikenakan biaya harga tiket untuk mengunjungi Long Island yang indah ini. Dalam artian Anda bisa mengunjunginya tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Biaya yang perlu Anda keluarkan dianggarkan untuk menyewa perahu atau kapal untuk mengantarkan Anda ke lokasi pulau.

Untuk menyewa perahu atau kapal Anda perlu menyiapkan biaya sebesar Rp300.000 hingga Rp350.000 per hari. Jika Anda menyewa perahu nelayan, Anda akan diantar ke beberapa pulau di perairan kabupaten ini.

Selama Anda menikmati keindahan pulau atau menyelam di laut, pemilik perahu akan menunggu Anda. Perlu diketahui bahwa belum ada warung makan yang tersedia di lokasi ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana datang ke Pulau Panjang sebaiknya membawa bekal agar tidak kelaparan saat berada di sana.

Aktivitas seru di pulau panjang

Hal menarik untuk dilakukan di Long IslandKredit foto: Google Maps Yogha Oga

1. Berenang dan bermain air

Setelah sampai di pulau eksotis Berau, Anda bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Kegiatan ini pasti akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Salah satunya adalah berenang atau bermain air.

Ombak di pantai ini tenang dan kecil, serta kedalamannya cukup dangkal sehingga aktivitas yang satu ini terasa aman. Namun tak cukup hanya berhenti di situ saja, airnya yang jernih juga membuat aktivitas bermain air di pulau ini begitu menyenangkan. Pastikan untuk mengawasi anak-anak bermain di air.

2. Nikmati alam sekitarnya

Keindahan alam yang ditawarkan Pulau Panjang memang layak untuk dikunjungi. Anda bisa duduk santai sambil merenungi alam yang begitu indah dan menyejukkan mata. Apalagi jika Anda datang ke tempat ini pada sore hari, matahari terbenam menambah suasana tenang.

3. Snorkeling dan Menyelam

Kegiatan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah snorkeling dan diving. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, panorama bawah lautnya sungguh indah. Untuk itu, Anda tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk mengalaminya dengan mata kepala sendiri dalam kegiatan snorkeling dan diving tersebut.

Terumbu karang di pulau ini sangat terjaga. Sehingga Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang masih sangat alami seolah belum tersentuh tangan manusia.

4. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, hobi ini bisa Anda praktikkan di Pulau Panjang. Spesies ikan di pulau cantik ini sangat beragam. Tidak berlebihan jika menyebut tempat ini sebagai surganya para nelayan.

Meski tidak banyak menemukan ikan liar di pantai ini, Anda pasti akan mendapatkan beberapa ikan eksotik saat memancing di perairan ini. Memancing sambil menikmati panorama yang indah tentu menjadi ide yang menarik untuk dilakukan.

5. Ambil foto

Berlibur tanpa melakukan aktivitas yang satu ini tentu terasa ilegal. Apalagi jika Anda sedang berkunjung ke Berau Long Island. Anda bisa menjadikan spot foto yang cantik dan instagramable selama berada di sana.

Hutan mangrove dan pasir putih yang halus tentunya akan sangat menarik jika diabadikan dalam sebuah pemotretan. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk mengunjungi kawasan pulau ini, jangan lupa untuk membawa perangkat kamera Anda. Atau setidaknya pastikan memori ponsel Anda benar-benar mencukupi.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Long IslandKredit foto: Instagram Agustus

Pulau Berau Panjang masih belum optimal untuk menjadi tempat wisata. Oleh karena itu, fasilitas yang terdapat di tempat ini tergolong kurang lengkap. Tapi Anda masih bisa menemukan toilet umum.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin buang air besar atau buang air kecil disana. Toilet umum yang ada di sekitar pulau ini tidak hanya digunakan oleh wisatawan tetapi juga oleh para pejabat yang mengelola dan memelihara hutan mangrove di lokasi ini.

Bagi anda yang ingin menginap dan menginap di tempat ini juga tersedia beberapa penginapan dengan fasilitas lengkap. Harga penginapan di tempat ini juga relatif terjangkau.

Itu tadi ulasan Long Island in Berau lengkap yang perlu Anda ketahui. Bagi anda yang kebetulan sedang berkunjung ke provinsi Kalimantan Timur, sebaiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Kabupaten Berau. Di tempat ini Anda akan menemukan banyak keseruan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button