Tempat Wisata

Berbagai tempat wisata, wisata kuliner dan aktivitas menarik

Review Taman Kalijodo – Keberadaan RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) dan RTH (Ruang Terbuka Hijau) Kalijodo telah membawa wajah baru bagi kawasan Kalijodo. Kawasan di tepi Kanal Banjir Timur ini memang sangat erat kaitannya dengan tingginya kriminalitas dan permukiman kumuh di masa lalu.

Taman Kalijodo (Jakarta)Taman Kalijodo (Jakarta)

Tepat pada tahun 2016, Pemkot Jakarta memutuskan untuk melakukan penggusuran dan mengubah alun-alun di kawasan tersebut menjadi taman kota. Perubahan wajah Kalijodo inilah yang membuat Taman Kalijodo menjadi primadona warga ibu kota untuk berlibur akhir pekan.

Taman Kalijodo yang diresmikan pada 22 Februari 2017 ini memiliki luas 1,4 hektar dan terletak langsung di aliran Sungai Krendang. Secara keseluruhan, Taman Kalijodo merupakan salah satu taman terbuka di kota Jakarta yang tentunya memiliki keunikan tersendiri. Betapa tidak, ada banyak fasilitas lengkap untuk menunjang aktivitas anak dan keluarga dengan kucing. Misalnya, tempat bermain ramah anak, taman, dan pujasera yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Kalijodoo.

Berikut ulasan lengkap tentang Taman Kalijodo untuk dijadikan referensi liburan Anda di akhir pekan ini.

Taman Kalijodo di malam hari – @backpackerjakarta

Daya tarik utama Taman Kalijodo

alamat : J L.Pangeran Tubagus Angke Blok Siaga No.4, RT.4/RW.5, Angke, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11330
Bahan pengikat : klik disini
jam buka : 08.00 – 16.30 WIB

Pasca penggusuran warga kawasan Kalijodo yang kini telah direlokasi ke beberapa apartemen di kota Jakarta, kawasan ini langsung disulap menjadi taman dengan konsep dekat dengan alam. Taman alam sendiri merupakan konsep taman yang menggabungkan konsep tata kota dan taman itu sendiri.

Area relaksasi di Taman Kalijodo

Taman Kalijodo terbagi menjadi dua bagian yaitu RTH dan RPTRA. Dengan empat area yang menjadi daya tarik utama yaitu taman hijau, taman bermain, taman skateboard internasional dan amfiteater.

Taman hijau

Sebagai salah satu taman kota, Taman Kalijodo tidak lepas dari keberadaan tanaman hijau. Mulai dari rerumputan yang menjadi alas di beberapa area dan pepohonan rindang yang menjadi kanopi alami di siang hari. Daya tarik utama kawasan ini adalah adanya ruang fungsi terbuka dengan atap tembus pandang. Tepat di tengahnya terdapat atap tembus pandang, ditanami pepohonan di tengahnya. Hal ini sangat berguna untuk menambah kesejukan angin yang masuk ke area tersebut.

tempat bermain

Bahkan, hampir semua area di Taman Kalijodo aman dijadikan tempat bermain anak. Namun, area khusus di sebelah kanan pintu masuk utama diperuntukkan sebagai tempat bermain anak-anak tempat bermain Secara umum. Di dalam kamar Bangunan ini terdiri dari beberapa perosotan bundar dan ayunan yang dihias dengan berbagai warna yang menarik perhatian.

tempat bermain

Amfiteater mural

Kawasan ini terasa semarak dan semenarik amfiteater dengan muralnya. Arena terbuka, juga dikenal bahasa sehari-hari sebagai amfiteater, terletak di sebelah ruang serbaguna dan dikelilingi oleh tembok sepanjang 23 meter.

Amfiteater mural

Tembok yang memisahkan kawasan RPTRA dan RTH ini dipenuhi dengan mural-mural indah karya para muralis asal Indonesia. Setidaknya ada 10 muralis ternama yang menulis karya-karyanya di sini. Tak heran jika tempat ini bisa dijadikan backdrop foto bagi pengunjung selain pertunjukan.

Skateboard dan taman BMX

Taman Kalijodo tidak hanya menawarkan taman bermain dan ruang terbuka hijau, tetapi juga area khusus untuk bermain papan luncur dan standar BMX Asia. Biasanya siang atau malam hari ada banyak Pemain seluncur Bahkan para profesional berlatih di sini. Kebanyakan mengakui itu jalan mini, setengah pipa, rel, rel bawah, kolam, sampai kotak menyenangkan Apa yang dimiliki tempat ini lebih nyaman daripada tempat lain yang menawarkan taman papan luncur serupa. Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim ini, Anda bisa mencoba area BMX yang dibangun di sekitar area tersebut papan luncur. Anda juga bisa melatih keterampilan keseimbangan tubuh di area ini jalur pompa.

Aktivitas menarik di Taman Kalijodo

Taman Kalijodo tidak hanya dibangun sebagai tempat rekreasi. Padahal, selain tersedianya lahan untuk skateboarding dan BMX, tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas lain untuk menunjang aktivitas para pengunjungnya.

Kereta

Cukup banyak warga lokal maupun pengunjung luar kota yang berolahraga setiap pagi dan sore hari. Salah satunya adalah Joging. Untuk mendukung kegiatan tersebut, pihak pengelola menyediakan rute joging Lebar 1,5 meter dan panjang ratusan meter.

Kawasan Olahraga Taman Kalijodo – Kompas

Selain digunakan untuk olahraga Joging, Nalar Bisa juga digunakan untuk olahraga lain seperti bersepeda atau sepatu roda. Jadi jangan khawatir jika anda berkunjung ke Kalijodo Park untuk bersepeda atau inline skating namun tidak membawa perlengkapan apapun. Taman Kalijodo menawarkan jasa persewaan. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 25.000-35.000 per item.

Beberapa fasilitas umum yang ada di Taman Kalijodo sebenarnya sudah bisa digunakan kereta, Kamu tahu. Anda bisa menggunakan jeruji besi yang dipasang di berbagai area Taman Kalijodo kereta. Bagi Anda yang menyukai olahraga aktif seperti sepak bola, Taman Kalijodo memiliki lapangan futsal yang bisa disewa per jam.

Berolahraga di Taman Kalijodo – detik

wisata pendidikan

Kawasan RPTRA Taman Kalijodo menawarkan perpustakaan dengan taman bermain di sebelahnya. Perpustakaan ini letaknya tidak jauh dari lapangan futsal dan bersebelahan dengan ruang laktasi. Perpustakaannya tidak seluas itu, tapi pengunjungnya penuh. Karena kawasan ini termasuk dalam kawasan ramah anak, maka buku anak juga mendominasi di sini.

Pengelola juga menawarkan permainan balok untuk merangsang kreativitas anak-anak. Di sini juga terdapat taman bermain yang didominasi warna menarik dan juga menjadi tempat favorit banyak keluarga untuk menghabiskan sore hari. Anak-anak bisa jungkat-jungkit, meluncur atau berayun dengan bebas di sini. Untuk masuk ke perpustakaan harus terlebih dahulu mengisi buku tamu tanpa dipungut biaya.

Perpustakaan Kalijodo – Pelaporan 6

Ada sebuah monumen dengan nama di sisi utara RPTRA Jadi. Tugu ini sendiri menggambarkan filosofi Kalijodo pada tahun 1950-an yaitu sebagai tempat mencari jodoh. Cocok untuk Anda yang suka berwisata dengan tema sejarah.

mengabadikan momen

Selain wisata olahraga dan edukasi, banyak pengunjung yang ingin mengabadikan momen selama berwisata di Taman Kalijodo. Misalnya mengabadikan momen foto di amfiteater yang berisi mural karya banyak muralis ternama Indonesia, atau berfoto dengan berbagai karakter unik.

Pada hari libur atau sore hari, ada atraksi khusus pengamen jalanan di kawasan Taman Kalijodo. Mereka biasanya berdandan seperti karakter unik seperti Doraemon, Transformers, Badut, bahkan hantu. Anda bisa mengabadikan momen ini dengan membayar sepuasnya.

bermain Wahana

Selain wahana bermain gratis, Taman Kalijodo juga menawarkan beberapa wahana yang dikelola oleh masyarakat sekitar seperti: B. atraksi becak mini. Menghabiskan Rp 20.000 per 20 menit, Anda bisa naik becak mini melewati Taman Kalijodo sambil menghirup udara segar.

Taman Bermain Anak – Berita Jakarta

Pengelola Taman Kalijodo benar-benar memikirkan kawasan multifungsi berkat jalan-jalan kecil yang dibangun di kawasan tersebut. Selain untuk olah raga, jalanan ini juga bisa dijadikan arena bermain sepeda motor listrik oleh anak-anak setempat.

Harga sewanya sendiri adalah Rp 20.000 per 20 menit dan Rp 20.000 per 15 menit untuk sewa motor trail. Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim, Taman Kalijodo juga menawarkan wahana flying fox dengan lintasan sepanjang 50 meter yang siap menguji nyali Anda.

Flying Fox Kalijodo – harga tiket

Wisata kuliner dekat Kalijodo

Setelah puas bermain di beberapa tempat menarik di Taman Kalijodo, kini saatnya memanjakan lidah dan perut sambil menikmati suasana tenang tempat ini. Berikut beberapa referensi tempat makan, baik di kawasan sekitar Taman Kalijodo maupun di luar tempat wisata unik ini.

Kalijodo Pujasera

Kalijodo Pujasera – suara

Ada banyak makanan khas Betawi yang bisa kamu pesan di sini, mulai dari kerak telor hingga kembang goyang. Selain kuliner khas Betawi, Pujasera Taman Kalijodo juga menjual menu-menu nusantara seperti kopi tubruk, bakso, atau nasi goreng. Sekarang sudah dikelola secara swadaya oleh masyarakat, harganya bagus dan rasanya sangat bersahabat.

Nasi Goreng Seafood (Ko Gun)

Nasi Goreng Seafood (Ko Gun) – Go Food

Sebelum Kalijodo populer sebagai tempat anak muda mencari jodoh pada tahun 1950-an, Kalijodo dikenal sebagai pemukiman Tionghoa. Tak heran jika banyak restoran dan toko dengan aksen Tionghoa. Salah satunya adalah Nasi Goreng Seafood (Ko Gun) yang 100% halal dan buka 24/7. Tempat makan ini bisa dikatakan sebagai harta karun karena berada di jalan yang sempit. Untuk menunya sendiri terdapat berbagai olahan mi dan bihun yang bisa dinikmati mulai dari Rp 19.000 hingga Rp 35.000 untuk variasi menu spesialnya. Cukup murah bukan?

Angke Thi Brei

Bubur Angke Thi (httpfoo.ga)Bubur Angke Thi (httpfoo.ga)

Pecinta bubur ayam pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Bubur Ayam Angke Thi yang terdapat di Kompleks Taman Harapan Indah Blok BB No. 4, Jalan Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta Barat. Restoran yang berjarak 3 menit ini menawarkan aneka olahan bubur yang dijamin menggugah selera. Yang unik dari rumah makan ini adalah menawarkan menu bubur dengan topping ayam rebus. Campuran yang bagus di antaranya berairAyamnya yang dimasak dengan tekstur bubur yang mengenyangkan membuat menu ini menjadi yang paling digemari.

Nasi Ambon

Nasi Ambon Kalijodo (milik sendiri)Nasi Ambon Kalijodo (milik sendiri)

4 menit dari Taman Kalijodo, tempat tunggu di depan pohon Ambon ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Uniknya tempat ini hanya menyediakan nasi uduk, bukan nasi biasa seperti kebanyakan warteg. Dengan merogoh kocek antara Rp15.000 hingga Rp25.000 kamu sudah bisa menikmati sepiring nasi uduk dengan lauk khas Warteg

Di restoran Suki

Inside Suki Restaurant – Foursquare

Suasana restoran klasik tahun 1980-an sangat kental saat memasuki tempat ini. Nostalgia masa lalu juga ditawarkan pihak manajemen melalui layanan karaoke yang sayang untuk dilewatkan. Rumah makan ini tidak hanya terkenal dengan varian sukinya saja, tapi juga menu nasi kuningnya yang dijamin banyak dan enak. Anda bisa menikmati sepiring penuh nasi kuning ini hanya dengan Rp 60.000.

Demikian ulasan singkat mengenai Taman Kalijodo yang merupakan ikon wisata baru di Jakarta. Jika Anda berencana untuk berlibur di ibukota, Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat berikut:

By The Sea PIK: Destinasi Fashion Lokal Terbaru di Jakarta

PIK di pintu masuk laut (kompas)PIK di pintu masuk laut (kompas)

Faunaland Ancol: Surga terbaik bagi pecinta hewan di ibu kota negara

Source: anekatempatwisata.com

Related Articles

Back to top button