Berita Wisata

Berbatasan langsung dengan laut, berikut sederet fakta unik tentang Gurun Namib

Liputan6.com, Jakarta – Siapa yang suka liburan pantai? Di pantai kamu bisa melakukan banyak hal. Misalnya, bermain ombak laut, membangun istana pasir, melihat matahari terbit atau terbenam, dan masih banyak lagi.

Biasanya laut berbatasan dengan pantai yang tentunya memiliki banyak pasir di bawahnya. Nah, apakah Anda tahu? Ternyata ada laut yang tidak berbatasan dengan pantai, melainkan berbatasan dengan gurun pasir.

Bahkan laut ini bukanlah laut biasa, melainkan merupakan bagian dari Samudera Atlantik. Laut yang berbatasan dengan gurun pasir ini berada di Namibia, tepatnya di Gurun Namib.

Dilaporkan unesco.org Laut Pasir Namib membentang di sepanjang pantai Atlantik Selatan Afrika yang gersang yang seluruhnya terletak di dalam Taman Namib, Naukluft Namibia. Ini mencakup area seluas 3.077.700 hektar, yang ditambahkan 899.500 hektar ditetapkan sebagai zona penyangga.

Laut Pasir Namib adalah gurun kabut pantai yang unik yang mencakup berbagai bukit pasir besar yang bergeser. Ini adalah contoh luar biasa dari konsekuensi pemandangan, geomorfologi, ekologi dan evolusi dari proses angin yang berinteraksi dengan geologi dan biologi.

Laut pasir termasuk jenis bukit pasir yang paling terkenal dan bentang alam terkait seperti inselbergs, pediplains dan playas, yang dibentuk oleh proses pengendapan aeolian.

Ini adalah tempat keindahan alam yang luar biasa di mana kondisi atmosfer memberikan visibilitas yang sangat baik dari fitur lanskap di siang hari dan langit belahan bumi selatan yang mempesona di malam hari. Berikut beberapa fakta tentang Laut Pasir Namib:

Gurun tertua di dunia

Sangat mudah untuk membayangkan bahwa dunia selalu seperti yang kita temukan. Seperti Sahara, misalnya, yang ada 12.000 tahun yang lalu, merupakan campuran padang rumput sabana hijau dan hutan. Dihuni oleh jenis megafauna Afrika yang karismatik membuat kita semua ingin bersafari. Namun tidak demikian halnya dengan Gurun Namib.

Namib telah kering setidaknya selama 55 juta tahun dan bahkan mungkin 80 juta tahun. Meskipun bukan gurun terbesar di dunia, itu pasti yang tertua. Bagian dari Namib menyaingi Gurun Atacama Amerika Selatan sebagai tempat terkering di bumi.

Mengunjungi Qatar selama Piala Dunia 2022, Anda akan menemukan banyak museum arsitektur yang indah dan indah. Salah satunya adalah Museum Nasional Qatar yang bangunannya berbentuk seperti mawar gurun. Penasaran tentang apa?

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button