Tempat Wisata

Berg Betung, keajaiban alam yang eksotik, keharuman mistis di Lampung

harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gunung Doa, Kec. Hutan, Cab.Pesawaran, Lampung; Map: verifikasi lokasi

Gunung Betung bukan sekedar gunung yang berdiri kokoh di atas tanah. Namun gunung ini menjadi objek wisata dan andalan warga Lampung. Di atas 1200 mdpl, udaranya sejuk bahkan dingin.

Meski jalur yang dilalui terbilang tidak mudah, namun tidak menyurutkan niat wisatawan untuk menikmati keindahannya. Gunung ini pernah menjadi salah satu proyek pemerintah di Teropong Bintang. Namun pergantian kekuasaan di wilayah tersebut mengakibatkan proyek tersebut dibatalkan dengan alasan tidak ramah lingkungan.

Terlepas dari hal tersebut, objek wisata di Gunung Betung ini layak dikunjungi saat akhir pekan. Selain panorama alamnya yang indah, banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan. Kedua faktor itulah yang menentukan jumlah wisatawan yang mengunjunginya. Bagi Anda yang saat ini sedang berada di pusat kota lampung, berkunjung adalah suatu keharusan.

Daya tarik Gunung Doa

Gunung Doa, LampungFoto oleh Deslian Ridhona / Google Maps

Perlu diketahui bahwa Gunung Betung merupakan salah satu yang paling diminati pendaki. Sebab, menelusuri jalan terjal dan menanjak merupakan hal yang menantang. Alasan mereka bersedia melakukan begitu banyak upaya tidak lain adalah karena pesona mereka. Jika penasaran, berikut beberapa objek wisata yang dimaksud!

1. Keajaiban alam berbau mistis

Setiap gunung pastinya mempunyai sesuatu yang berbau mistis, apalagi kita memang sangat menyukainya. Begitu pula dengan gunung yang berada di tengah Kota Lampung ini. Anda telah mendengar banyak cerita karena berhantu. Namun, pesona alamnya seolah menghilangkan rasa takut akan hal itu.

Berbagai pepohonan rindang menawarkan pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan. Kontur bebatuan khas pegunungan tak hanya menjadi penghalang dalam perjalanan, namun juga memberi kesan lebih mempesona. Gunung Betung juga sering dijumpai oleh satwa liar baik yang jinak maupun liar.

2. Terdapat banyak air terjun

Tak heran, daya tarik utama pegunungan ini adalah air terjun. Namun jika angkanya 17 tentu bukan hal yang biasa. Dari semua air terjun yang ada, semuanya memiliki ketinggian dan karakteristik yang berbeda-beda. Contohnya adalah air terjun Badeengel yang letaknya tidak jauh dari puncak gunung.

Jika memulai perjalanan dari kantor registrasi atau tiket masuk, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 20 menit saja. Rasa lelah dalam perjalanan pasti akan hilang begitu sampai di air terjun. Jarak menuju air terjun lainnya cukup jauh dan mustahil untuk dikunjungi jika tujuan Anda mencapai puncak Gunung Betung.

3. Terdapat lapisan batu

Daya tarik berikutnya adalah hadirnya bahan triplek. Hal ini masih berkaitan dengan hal-hal yang berbau mistis. Disebut batu berlapis karena batu ini memiliki tekstur berlapis. Karena ukurannya, sering dianggap sebagai batu keramat. Biasanya batu ini dijadikan oleh wisatawan sebagai objek foto.

4. Nilai sejarah perjuangan Aulia

Menurut warga sekitar, pada masa penjajahan Belanda, Gunung Betung pernah dijadikan tempat pengungsian oleh beberapa Aulia di Lampung. Salah satu Aulia yang buron adalah Sultan Alamsyah. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya makam suci yang diyakini sebagai milik Aulia.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gunung BetungFoto oleh Jalan Kaki / Google Maps

Memasuki kawasan pegunungan di Bandar Lampung tidaklah sulit karena lokasinya masih dekat dengan pusat kota. Alamatnya di Gunung Betung, Kecamatan Hutan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Jarak yang ditempuh jika saat ini berada di pusat kota lampung adalah sekitar 15 kilometer.

Dengan jarak tersebut Anda bisa melintasinya dalam waktu sekitar 30 menit. Namun, perjalanan hanya sampai di tempat parkir. Sisa perjalanan harus berjalan kaki untuk sampai ke puncak Gunung Betung. Anda bisa memilih antara dua jalur pendakian yaitu melalui desa Wiyono atau melalui desa Talang Mulya.

Tidak ada perbedaan antara kedua jalur tersebut dalam hal hambatan yang harus diatasi. Seperti gunung pada umumnya, jalan yang harus dilalui sebagian besar berupa tanah dan bebatuan. Namun jangan khawatir karena tamasyanya dijamin menyenangkan dan menikmati indahnya pemandangan di sekitar tempat tersebut. Jika lelah, terdapat warung di beberapa tempat untuk beristirahat dan mengisi ulang tenaga.

Biaya masuk ke objek wisata

Keunggulan wisata alam adalah biaya masuknya yang murah. Lain halnya jika Anda mengunjungi wahana mainan yang harus menghabiskan ratusan ibu-ibu untuk satu orangnya. Gunung Betung hanya menawarkan tiket masuk sebesar 15.000 rupiah per orang. Harga tersebut juga sudah termasuk izin menginap semalam, namun belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Bagi yang datang dengan kendaraan roda dua harap menyiapkan biaya tambahan sebesar 5.000 rupiah. Jika membawa mobil yang lebih besar, biayanya dua kali lipat yaitu 10.000 rupiah. Harga tersebut belum termasuk penitipan bagasi jika Anda membutuhkannya. Silakan datang kapan saja karena gunung cantik ini buka 24 jam sehari.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Gunung DoaFoto oleh Putra Arcadyan/Google Maps

Selain daya tarik, aktivitas juga menjadi parameter terpenting bagi wisatawan yang berkunjung ke suatu objek wisata. Begitu pula dengan Gunung Betung yang menjadi objek wisata alam yang digemari masyarakat sekitar dan sekitarnya. Sebenarnya banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di satu tempat yang akan membuat liburan Anda semakin seru.

1. Trekking menuju puncak

Aktivitas pertama yang pasti seru adalah tracking lokasi puncak. Seperti yang sudah disebutkan, jalurnya cukup sulit, terutama bagi pemula. Namun, bagi para petualang sejati, hal ini ternyata menjadi sebuah tantangan. Medan yang berkelok-kelok dan terkadang licin bukanlah kendala bagi mereka.

Kegiatan ini tidak hanya menantang tetapi juga dapat memacu adrenalin. Gunung cantik ini mempunyai puncak tertinggi 1.240 meter di atas permukaan laut. Namun bukan berarti harus mencapai titik tertingginya, sebab di beberapa tempat terdapat pemandangan yang tak kalah menarik.

Perjalanan yang Anda lakukan penuh dengan usaha. Tak ada salahnya berhenti sejenak di tengah jalan. Jika memungkinkan, harap berhenti ketika ada stand di sepanjang jalan. Untuk sekadar beristirahat atau mengisi perut yang lapar, Anda bisa melakukannya di stand.

2. Bermain di air terjun

Sebelum Gunung Betung mencapai puncak, ada beberapa air terjun yang sudah disebutkan. Dibutuhkan setidaknya 20 menit waktu berkendara untuk sampai ke lokasi. Salah satu air terjun memiliki ketinggian 30 meter, sehingga Anda bisa mendengar gemericik air saat mendekati tempat tersebut.

Terdapat sebuah sungai yang harus Anda lewati jika ingin melihat indahnya panorama air terjun. Namun tentu saja hal tersebut tidak menjadi kendala, karena terdapat jembatan penyeberangan yang bisa digunakan. Sesampainya di air terjun Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang atau bermain air.

3. Berkemah di Gunung Sholat

Gunung Betung masih menjadi bagian dari Kawasan Perang Tahura atau Taman Hutan Wan Abdul Rachman. Dengan demikian, gunung ini masih dalam pengawasan dan perlindungan pemerintah. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah untuk kegiatan berkemah dan tetap diperbolehkan selama tidak merusak ekosistem atau lingkungan.

Terdapat dua tempat perkemahan yang tersedia, Anda dapat memilih salah satunya. Namun lebih disarankan menggunakan area yang dekat dengan pos jaga sekitar 30 menit perjalanan. Daerah lainnya lebih jauh dan perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam.

4. Berburu spot foto

Kegiatan berburu foto wajib dilakukan untuk menghiasi akun media sosial atau dijadikan kenang-kenangan. Apalagi Gunung Betung menawarkan segudang pemandangan indah untuk dijadikan backdrop. Sebut saja background hutan belantara dengan warna hijau yang khas.

Jika masih terlewat, air terjun juga menjadi objek menarik sebagai latar belakang. Namun semuanya menjadi lebih menarik saat Anda berada di puncak gunung. Memang layak diperjuangkan pemandangan di bawah ini, meski perjalanan yang harus Anda lalui sangat berat.

5. Wisata Kuliner

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kegiatan berburu kuliner bisa dilakukan di gunung. Sebenarnya aktivitas ini tidak bisa Anda lakukan di puncak gunung, melainkan bertamasya. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya di pos jaga, lebih tepatnya di tempat parkir kendaraan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pegunungan DoaFoto oleh Jalan Kaki / Google Maps

Meski Gunung Betung terletak di kawasan hutan, namun ada beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan. Pasalnya, objek wisata tersebut telah dikelola dengan baik oleh pemerintah dan didukung oleh warga sekitar. Anda dapat menggunakan fasilitas toilet untuk membersihkan diri atau berganti pakaian.

Ada juga tempat parkir dan penitipan bagasi jika diperlukan. Bagi anda yang tidak ingin berkemah, silahkan menggunakan akomodasi yang juga merupakan rumah warga. Anda tidak perlu mendaki jika ingin mencapai puncak karena tersedia ojek yang dapat mengantar Anda ke sana.

Gunung Betung tidak hanya memberikan pesona pegunungan pada umumnya, namun juga banyak hal menarik lainnya. Air terjun dan tempat perkemahan adalah beberapa di antaranya. Selama berkunjung, pastikan untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan demi keuntungan bersama. Selain itu, tetap menjaga kelestarian alam dengan tidak merusaknya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button