Berita Wisata

BERITA FOTO: Imlek 2023 meriah lampion di Pasar Gede Kota Solo

KOMPAS.com – Momen menjelang Imlek menjadi hal yang dinantikan di Kota Solo, Jawa Tengah.

Itu karena ada acara acara tahunan yaitu Grebeg Sudiro yang merupakan acara menyambut Imlek.

Grebeg Sudiro di tahun 2023 menjadi lebih istimewa dengan ditetapkannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang resmi dicabut.

Baca juga: PPKM Dicabut, Jokowi: Pembatasan Kerumunan dan Pergerakan Lebih Banyak

Kompas.com mengunjungi kawasan Pasar Gede pada Selasa (10/1/2023). Begitu sampai, kedua mata itu langsung disambut oleh pintu megah khas China yang bercahaya.

Zona Lampion Imlek di Pasar Gede Solo, Selasa (10/1/2023).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Zona Lentera Imlek di Pasar Gede Solo, Selasa (10/1/2023).

Gapura ini tentunya menjadi spot foto pertama bagi pengunjung. Namun pintu megah ini bukanlah satu-satunya spot foto.

Ada juga orang yang berdandan atau permainan kostum menyerupai tokoh Kera Sakti, seperti Monkey Demon Sun Go Kong dan Demon Pig Cu Pat Kai.

Pengunjung berfoto bersama cosplayer Kera Sakti di Pasar Gede Lampion Solo, Selasa (10/1/2023).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pengunjung berfoto bersama cosplayer Kera Sakti di lampion Pasar Gede Solo, Selasa (10/1/2023).

Bukan hanya patung Kera Sakti. Ada juga orang yang menyamar menjadi hantu pocong atau kuntilanak, serta Gundam.

Pengunjung bisa berfoto bersama mereka. Tidak ada tarif khusus, Anda hanya perlu memasukkan uang dengan tulus ke dalam kotak yang disediakan untuk tujuan ini.

Baca Juga: Karnaval Budaya Untuk Meriahkan Momen Imlek di Kota Solo, Ada Barongsai dan Reog

Sebelum lanjut jalan ke Tugu Jam Pasar Gede Harjonagoro atau sebelum menyeberang jembatan, belok ke kanan karena ada wisata naik perahu.

Kapal wisata di Pasar Gede Lampion, Kota Solo, Selasa (10/1/2023).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kapal wisata di Pasar Gede Lampion, Kota Solo, Selasa (10/1/2023).

Jika Anda ingin melakukan perjalanan perahu, Anda hanya perlu berjalan ke dermaga. Sebelumnya, Anda harus membayar tiket kapal pesiar sebesar Rp 10.000 per orang.

Baca Juga: Harga Tiket dan Cara Naik Kapal Wisata Lampion Imlek dari Pasar Gede

Perahu akan mengikuti Kali atau Sungai Pepe ke selatan dan barat menuju Kretek Gantung.

Kapal pesiar di Pasar Gede Lampion.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kapal pesiar di Pasar Gede Lampion.

Sungai Pepe juga terlihat lebih baik dengan lampion gantung. Kapal juga akan melintas di bawah Jembatan Ketandan yang Instagramable. Perahu kemudian akan berbalik arah setelah Kreteg Gantung.

Baca Juga: 5 Kegiatan Wisata Lentera Tahun Baru Imlek Pasar Gede yang Bisa Kamu Pergi Berperahu

Setelah puas menaiki perahu dilanjutkan dengan explore kawasan Monumen Jam Pasar Gede. Di sini Anda akan menemukan berbagai penjual yang tidak berarti di kedua sisi jalan.

Kuliner Lentera Imlek Pasar Gede.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kuliner Lampion Imlek Pasar Gede.

Ada berbagai jajanan yang bisa Anda beli, mulai dari kuliner tradisional seperti sate kere, hingga cumi bakar.

Jelajahi juga kawasan timur Pasar Gede. Selain masih ada penjual makanan, di ujung jalan ada panggung pertunjukan.

Patung kelinci air pada lampion Imlek Pasar Gede tahun 2023.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Patung kelinci air dengan lampion Imlek dari Pasar Gede tahun 2023.

Jangan lupakan kuil Tien Kok Sie yang bersejarah. Terdapat patung kelinci air yang merupakan lambang zodiak Imlek 2023.

Baca Juga: 10 Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan, Banyak Bangunan Bersejarah

Setelah itu kembali ke tugu jam. Di sebelah utara Pasar Gede, masih terdapat kawasan kuliner para pedagang. Ada juga penjual souvenir khas Imlek, serta mobil mainan untuk anak-anak.

Tugu Jam Pasar Gede dihias dengan lampion Imlek.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Tugu Jam Pasar Gede dihias dengan lampion Imlek.

Foto-foto kemeriahan lampion Imlek di Pasar Gede Kota Solo Tahun 2023, lihat disini: Foto-foto lampion Imlek Pasar Gede Tahun 2023.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button