Berita Wisata

Berkat Aksi Nyata, lulusan Planologi Undip mendapatkan Leprid Award

TRIBUNJATEFR.COMSEMARANG – Dalam rangka Dies Natalis ke-30 Departemen Pertanahan dan Tata Kota (DPWK) Universitas Diponegoro, Ikatan Mantan Mahasiswa (IKA Planologi Undip) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Perencanaan (HMTP) menyelenggarakannya pada Minggu (27/11/2022).

Wiwandari Handayani, ketua jurusan tata kota dan wilayah UNDIP mengatakan, pembersihan sungai dan pantai tidak hanya dilakukan di Kota Semarang. Tapi ada 10 titik di seluruh Indonesia.

“Total ada 10 titik pantai dan sungai dalam program pembersihan ini, total sampah yang terkumpul dari hasil pembersihan sungai dan pantai sebanyak 15,9 ton,” ujarnya menjelaskan.

Rukuh menambahkan 10 titik tersebut antara lain Medan, Indramayu, Pekalongan, Batang, Kepulauan Seribu, Kalimantan, Samarinda dan lainnya. Sebanyak 1.000 orang berpartisipasi dalam program ini.

Sejumlah mahasiswa dan alumni Perencanaan Teknik membersihkan sungai sebagai bakti kepada negara, dalam rangka Dies Natalis DPWK ke-30.Sejumlah mahasiswa dan alumni Perencanaan Teknik membersihkan sungai sebagai bakti kepada negara, dalam rangka Dies Natalis DPWK ke-30. (MENGAH PUSAT/FAIZAL MAFFAN)

“Kegiatan ini merupakan program yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara lulusan dan mahasiswa. Tentunya dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat berkontribusi bagi negara,” tegasnya.

Pembersihan pantai dan sungai juga merupakan salah satu cara untuk mendidik siswa tentang pentingnya menjaga ekosistem sungai dan pantai. Karena kehidupan di bawah air juga harus menjadi prioritas,” ujarnya.

Di sisi lain, Mohammad Saleh, Ketua Himpunan Lulusan Planologi Undip, menginginkan kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap tahun. Terutama untuk mengajak mahasiswa baru melakukan perbuatan-perbuatan besar yang penting bagi alam Indonesia.

“Kalau bisa, kami ingin kegiatan seperti ini rutin diadakan dan meningkatkan partisipasi lulusan dan mahasiswa,” pungkasnya.

Tak hanya membersihkan sungai dan pantai, panitia juga menyelenggarakan seni tata ruang dan jajanan pinggir jalan di Semarang. Dalam kegiatan tersebut, diisi dengan pertunjukan musik, pameran seni dan kuliner. Bahkan, rangkaian perayaan Dies Natalis DPWK Universitas Diponegoro diapresiasi oleh Lembaga Prestasi Global Indonesia (Leprid).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button