Berita Wisata

Berkendara dengan aman melalui pantai selatan adalah hal yang harus diperhatikan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Jalur Pantai Selatan (Pansela) akan menjadi jalur alternatif bagi masyarakat yang melakukan mudik Lebaran tahun ini.

Berdasarkan hasil peninjauan selama tiga hari dengan Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kementerian PUPR, Pansela telah terhubung dari Banten hingga Yogyakarta.

Jalur ini akan menjadi sajian baru bagi para traveller yang ingin menikmati perjalanan dengan berbagai viewpoint yang memanjakan mata.

Namun untuk amannya, ada beberapa tips yang bisa dijadikan acuan bagi pengendara. Hal ini penting untuk diperhatikan, mengingat minimnya fasilitas yang ada di Pansela seperti rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, penerangan yang cukup krusial.

Baca juga: Inilah Kawasan Rentan di Pansela yang Tidak Disarankan untuk Dilewati

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengatakan sebaiknya masyarakat yang akan melewati Pansela mengatur waktu perjalanannya dengan baik agar lebih menikmatinya.

Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) Irjen Pol.  Firman Shantyabudi meninjau kesiapan PanselaKEMENHUB Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) Irjen Pol. Firman Shantyabudi meninjau kesiapan Pansela

“Yang pulang mempersiapkan kondisi agar tetap sehat, termasuk untuk mobil atau kendaraan yang akan digunakan. Saya selalu mengimbau agar tidak menggunakan roda dua jika memungkinkan,” kata Firman kepada media, di jembatan 2 Kretek, Bantul, Yogyakarta , Minggu (22/1/2023).

Firman menjelaskan, para pengendara yang melewati Pansela harus tetap menjaga konsentrasi selama berkendara, karena beberapa titik memerlukan perhatian khusus. Jika lelah, jangan memaksakan diri dan istirahat.

Dengan waktu tempuh yang lebih lama, perjalanan via Pansela cukup melelahkan. Oleh karena itu disarankan untuk mengatur waktu Anda dengan baik dan beristirahat.

“Saran saya, beberapa tentunya karena jalannya tidak selebar jalan umum, berarti masyarakat memang harus hati-hati saat berpapasan. Oleh karena itu, saya sampaikan kepada masyarakat yang akan menggunakan Jalan Selatan, kita tidak Jangan gunakan pendekatan cepat untuk sampai ke tujuan, tetapi manfaatkan pantai selatan sendiri, ”kata Firman.

Jalan rusak dan berlubang di Jalan Pansela Jawa BaratKOMPAS.com/STANLY RAVEL Jalan rusak berlubang di Jalan Pansela Jawa Barat

Hal senada dikatakan Cucu Mulyana, Direktur Lalu Lintas Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, yang menyarankan melintasi Pansela pada siang hari.

Baca Juga: Jalan Pansela Masih Dihiasi Kerusakan Jalan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button