Berita Wisata

Besar! Fasilitas di Pantai Kejawanan Cirebon semakin lengkap, ayo piknik bersama keluarga : Okezone Travel

WILAYAH Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat yang tadinya tidak tertata kini mulai berbenah. Bahkan tidak ada lagi pedagang yang berjualan di sepanjang tanggul pemecah gelombang. Mereka kini menempati tempat yang lebih tertata.

Selain itu, lahan parkir juga tersedia untuk menampung ratusan kendaraan roda dua dan roda empat milik wisatawan sehingga tidak lagi berantakan.

Kondisi ini 180 derajat dari saat kami berkunjung sebelum pandemi Covid-19. Saat itu kawasan Pantai Kejawanan sangat tidak tertata dan dangkal.

Namun, kini areanya lebih nyaman, bahkan ada permainan anak, tempat ibadah, tempat bilas, toilet, dan juga area pasir yang lebih baik.

Kondisi ini membuat wisatawan antusias untuk berkunjung. Mereka sangat menikmati suasana Pantai Kejawanan Kota Cirebon yang baru direnovasi dan dibangun kembali akibat pandemi Covid-19 sehingga selama 2 tahun kawasan itu tertutup untuk umum.

“Sudah lama ingin ke Kejawanan, tapi selalu tutup. Sekarang sudah terlanjur. Ternyata lumayan bersih dan tertata, jadi lebih nyaman,” kata turis Kana Bii saat menemani adiknya bermain. di kawasan Pantai Kejawanan, mengutip Di antara.

Pantai Jawa

(Foto: Instagram/@dev_photoshit)

Pantai Kejawanan, Kota Cirebon, Jawa Barat masuk dalam kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Selama pandemi Covid-19, seluruh kawasan ditutup, terutama untuk kunjungan warga yang akan berwisata.

Selain perintah penutupan KKP, Pantai Kejawanan juga bersiap dengan mengembangkan dan membangun sejumlah fasilitas pendukung seperti dermaga, pemecah gelombang dan pembenahan kawasan yang dulu tidak ada hanya ada timbunan sampah, kini menjadi kawasan wisata.

Kini kawasan tersebut semakin menawan dan memanjakan wisatawan yang akan melepas penat.

Meski keindahannya tidak ada hubungannya dengan pantai-pantai Lombok, Bali dan Pangandaran yang rata-rata berpasir putih, namun Pantai Kejawanan memiliki ciri khas pantai utara, dengan pasir hitam dan lumpur. Namun, kondisi alam seperti inilah yang memberikan tampilan unik dan eksotik. Selalu begitu indah jika dinikmati bersama orang-orang tersayang.

Bahkan, setiap warga yang datang pasti terkagum-kagum dengan wajah barunya, terutama masyarakat sekitar Cirebon yang mengetahui nuansa kumuh Pantai Kejawanan sebelum dilakukan penataan.

Perkebunan tersebut kini menjadi wisata alternatif di kota Cirebon. Di awal pembukaan, jumlah wisatawan langsung membludak sehingga kabupaten tidak bisa lagi menampung antusiasme warga.

“Kawasan PPN Kejawanan memang didesain terintegrasi menjadi tempat wisata bahari masyarakat yang tiketnya murah,” ujar Deputi Koordinator Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Usaha PPN Kota Cirebon, Sri Handayani.

Pengunjung atau wisatawan hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang – belum termasuk biaya parkir – dan juga masuk kawasan PPN Kejawanan.

Pantai Kejawanan dibangun untuk dapat dinikmati oleh semua kalangan karena memiliki konsep wisata masyarakat, sehingga dipastikan tiket masuk dapat terjangkau oleh semua kalangan.

Pantai Jawa

(Foto: Instagram/@rahmathl)

Pantai ini dikunjungi oleh lebih dari 500 wisatawan setiap hari, namun pada akhir pekan dan hari libur, kawasan ini menerima lebih dari 4.000 wisatawan dari berbagai daerah.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon mencatat kunjungan wisatawan ke daerah itu, baik domestik maupun mancanegara, mencapai 3,2 juta pada kuartal III 2022.

Pasca meredanya pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon terus meningkat, bahkan mencapai 1 juta orang setiap triwulan.

Data kunjungan wisatawan tersebut diperoleh dari beberapa sektor, mulai dari hotel, rumah makan atau rumah makan, serta tempat wisata di kota udang.

Anak-anak bermain di Pantai Kejawanan

(Foto: ANTARA/Khaerul Izan)

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mencatat, pada 2021 wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon sebanyak 3,6 juta orang, sedangkan pada tahun 2022 hingga kuartal III sebanyak 3,2 juta wisatawan.

Target kunjungan wisatawan pada 2022 adalah 4 juta orang, sehingga dia optimistis target tersebut bisa tercapai, apalagi datanya baru kuartal ketiga.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button