Berita Wisata

Bhabinkamtibmas Polres Seruway terus menuntaskan kasus pencurian ternak

JURNAL POLRI.CO – ACEH TAMIANG – ACEH – Pilot Project Bhabinkamtibmas di Desa Pantai, Biro Polres Seruway, Briptu Sophian Hadi didampingi Kabag Binmas Polsek Seruway, Aipda Roy Kadir Manggara, berhasil menyelesaikan masalah pencurian kambing yang terjadi di Pj. Parasawira melalui pemecahan masalah. Jumat (18/11/2022) sekitar pukul 14.05 WIB

Kegiatan penanggulangan tindak pidana pencurian kambing di Mapolres Seruway yang berlokasi di Dusun Pantai Desa Tangsi Lama Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang

Hasil musyawarah mediasi adalah pihak pertama mengaku bersalah melakukan tindak pidana pencurian ternak kambing milik pihak kedua dan pihak pertama meminta maaf kepada pihak kedua. kambing itu milik pihak kedua dan jika mengingkarinya maka pihak pertama akan dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku di negara kesatuan republik indonesia.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya Bhabinkamtibmas agar permasalahan yang timbul tidak terulang kembali dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti amukan massa, dll, mencari solusi berdasarkan Qanun No. 9 Tahun 2008 tentang sengketa adat di Aceh yang dapat diselesaikan dengan hukum adat.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali, SIK melalui Kapolsek Seruway Iptu Yussyah Riandi, SH membenarkan bahwa jajarannya yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Pantai Balai telah berhasil menyelesaikan masalah pencurian kambing yang terjadi di Pj. Parasawira.

“Sebagai salah satu ujung tombak kepolisian, peran Bhabinkamtibmas tidak bisa dipandang sebelah mata, sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas sebagai pengemban jabatan Harkamtibmas untuk selalu hadir di tengah masyarakat dan selalu membantu memecahkan atau menyelesaikan permasalahan yang ada. permasalahan (problem resolution) yang dialami warga di wilayah kerjanya melalui mediasi guna menciptakan situasi yang kondusif bagi Kamtibmas,” ujar Kapolsek Seruway, Iptu Yussyah Riandi, SH.

Kapolsek Seruway, Iptu Yussyah Riandi, SH menyerahkan kronologi kejadian pencurian kambing yang terjadi pada Kamis, 17 November 2022 sekitar pukul 22.00 WIB di area Perkebunan Pj Kelapa Sawit. Parasawira yang terletak di Dusun Harapan Satu, Desa Perkebunan Seruway, Kec. Seruway, diduga pelaku berinisial RH (25) Pelajar, warga Dusun Suka Damai, Desa Pantai Balai, Kecamatan Seruway dan RF (26) Pengusaha, warga Dusun Mabar, Desa Muka Sungai Kuruk, Kecamatan Seruway melakukan ternak kambing pencurian milik Salman (39) Pengusaha, warga Dusun Sederhana, Desa Pantai Balai, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang dan diketahui warga serta sempat memasyarakat.

“Kemudian Datok Penghulu mengetahui kejadian tersebut dan langsung menghubungi Bhabinkamtibmas. Setelah itu, Bhabinkamtibmas dan anggota Satpolsek Seruway mengamankan kedua pelaku dan barang bukti ke Polsek Seruway untuk penyidikan lebih lanjut.” Ungkap Kapolsek Seruway Iptu Yussyah Riandi, SH

Kemudian sekitar pukul 14.05 WIB bertempat di Mapolres Seruway dilakukan mediasi penyelesaian masalah oleh Bhabinkamtibmas didampingi oleh Kabag Binmas dan disaksikan oleh Datok Penghulu Penghulu Desa Pantai Balai, Datok Penghulu Muka Sungai Kuruk, perangkat desa, Korban dan kerabat serta kedua pelaku untuk melakukan mediasi penyelesaian masalah Kapolres Seruway, Iptu Yussyah Riandi, SH mengatakan

“Pihak pertama menanggapi tuntutan pihak kedua atas ganti rugi/denda berupa uang sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) dan pihak pertama setuju. pada hari Sabtu tanggal 19 November 2022 sekira pukul 16.00 WIB di Mapolres Seruway,” kata Kapolres Seruway Iptu Yussyah Riandi, SH.

“Melalui Bhabinkamtibmas dengan menghimbau kepada kedua belah pihak yaitu pihak pertama tidak mengulangi perbuatannya dengan melakukan pencurian ternak, pihak kedua atau tindak pidana lainnya. Jika ada masalah atau muncul lagi permasalahan dapat melapor secepatnya kepada Bhabinkamtibmas agar dapat ditindaklanjuti dalam bentuk upaya pencegahan dan penyelesaian masalah Tutup Kapolsek Seruway Iptu Yussyah Riandi, SH* *(yudha/iwan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button