Tempat Wisata

Biaya GUNUNG BUTAK dan Jalur Pendakian Via Panderman Oktober 2023

Biaya GUNUNG BUTAK dan Jalur Pendakian Via Panderman Oktober 2023

Gunung Butak Biaya masuk: 15.000 hingga 20.000 rupee. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Ngadirenggo, Wlingi, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66185

Gunung Butak adalah gunung tipe strato atau stratovolcano. Sangat populer sebagai tujuan pendakian di kalangan pendaki khususnya di Jawa Tengah dan Timur.

Ketinggian gunung ini adalah 2.868 meter di atas permukaan laut. Jalurnya cukup panjang, lebar dan banyak tanjakan. Selama ini jalur lewat Panderman cukup populer sebagai pengantar pendakian.

Biaya masuk ke Gunung Butak

Harga tiket di base camp pendakian ini tidak terlalu mahal, hanya Rp 15.000 saja. Wisatawan yang ingin melakukan pendakian harus membawa perlengkapan seperti fotokopi KTP dan surat keterangan sehat. Pergi Tempat penampungan Wisatawan bisa berjalan kaki atau menggunakan ojek.

Jenis tiket Harga
Biaya pendaftaran Rp.15.000
Ojek lewat pos Rp50.000

Biaya masuk ke Gunung Butak

Baca: Harga Tiket GUNUNG SEMERU dan 6 Spot Terbaiknya

Jam Buka Gunung Butak

Kawasan Gunung Butak merupakan kawasan alam terbuka. Jadi wisatawan bisa mengunjungi tempat ini kapan saja. Objek wisata ini terbuka untuk wisatawan 24 jam sehari. Namun jika ingin mendaki, sebaiknya hindari pendakian saat musim hujan karena jalurnya akan sulit.

Daya Tarik Pendakian Gunung Butak

Gunung Butak mempunyai pesona kawasan sabana yang luas dan sejuk. Sabana adalah tempat perkemahan yang populer. Wisatawan bisa melihat berbagai jenis tumbuhan termasuk bunga edelweis atau bunga abadi. Selain itu, masih banyak atraksi lain yang menarik wisatawan ke sini.

Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Ada beberapa jalur pendakian yang sangat populer di kalangan pendaki. Yang paling terkenal adalah Via Panderman dan Via Sirah Kencong. Rute yang paling direkomendasikan adalah melalui Panderman karena jalannya lebih landai dan padat. Panderman adalah tempat panjat tebing yang populer.

Sedangkan jalur melalui Sirah Kencong lebih ekstrim dan menanjak lebih curam. Kalau tidak, jalurnya lebih sepi dan sulit menemukan sumber air.

Namun jika ingin mempersingkat waktu pendakian, Sirah Kencong bisa jadi pilihan. Jika ingin berwisata melalui Sirah Kencong, wisatawan memang harus mempunyai tenaga yang cukup.

Baca: Tiket, Rute dan Aktivitas GUNUNG ARJUNO

Mendapat julukan Gunung Putri Tidur

Pemandangan di sekitar Gunung Butak sungguh menakjubkan. Nampak seperti lukisan alam yang masih sangat natural. Jika dilihat bentuknya dari kejauhan, Gunung Butak sebenarnya terlihat seperti keindahan tidur. Karena pemandangan pegunungannya panjang.

Sabana yang luas

Sabana di Gunung ButakPadang savana yang luas biasanya menjadi tempat berkemah bagi para pendaki. Foto: Google Maps/Ali Musthofa

Kalau naik lewat jalur Panderman turun Tempat penampungan Perjalanan menuju sabana memakan waktu sekitar 7-8 jam. Pendakian dari sabana hingga puncak gunung kini memakan waktu sekitar 1,5 jam. Namun kecepatan waktu pendakian berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi.

Kawasan savana yang sangat luas kerap menjadi pilihan untuk berkemah sebelum menuju puncak. Di sabana terdapat banyak sumber air yang dapat digunakan untuk minum.

Angin di kawasan sabana kini bertiup cukup kencang dan sejuk. Savannah memiliki pemandangan yang keren dan Instagrammable. Jadi sayang sekali jika tidak berfoto di tempat ini.

Baca: Tiket GUNUNG WILIS, Jalur Pendakian dan Keindahannya

Keindahan bunga edelweis di padang savana

Sabana indah ini memiliki vegetasi selain rumput. Salah satunya adalah bunga edelweis yang dikenal dengan sebutan bunga abadi.

Pasalnya bunga edelweis mekar dalam waktu yang lama, hingga 10 tahun. Bunga ini merupakan tanaman khas pegunungan Indonesia.

Untuk melestarikannya, pemerintah melarang pemetikan bunga cantik ini. Diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No.P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018.

Peraturan ini menetapkan edelweis sebagai jenis tumbuhan yang dilindungi. Sanksinya pun tidak main-main, mulai dari membayar denda hingga hukuman penjara.

Puncak yang indah

Pemandangan dari puncak Gunung ButakPemandangan dari puncak Gunung Butak ibarat berada di atas awan. Foto: Google Maps/Arjun Fahriza

Begitu sampai di puncak, rasa lelah Anda akan langsung terbayar. Wisatawan pun akan serasa berada di atas awan. Akan lebih baik jika wisatawan bisa menyaksikan matahari terbit di puncak. Wisatawan bisa menikmati pemandangan lanskap di bawah dan pegunungan di sekitarnya.

Sebelah Gunung Kawi

Gunung ButakGunung yang bersebelahan dengan Gunung Kawi. Foto: Google Maps/Tony Feby

Jika dilihat di peta, gunung ini berada di sebelah Gunung Kawi. Di Indonesia, Gunung Kawi merupakan salah satu gunung yang namanya sering terdengar. Pasalnya Gunung Kawi menyimpan banyak cerita mistis dan sering menjadi tempat ziarah. Pemandangan indah Gunung Kawi tersaji saat wisatawan mendaki Gunung Butak.

Banyak pilihan tempat persewaan tenda

Wisatawan yang ingin menghindari kerepotan bisa menyewa tenda di sekitar area pendakian. Ada Kamp Panderman di Pesanggrahan Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Menyediakan berbagai perlengkapan camping dan tenda dengan harga terjangkau. Selain itu juga tersedia berbagai perlengkapan camping lainnya seperti lampu, kompor, sepatu, dan lain-lain.

Atau sewa dari Basundara Outdoor yang masih berlokasi di Kota Batu. Tentunya harga setiap sewanya bersaing. Wisatawan dapat menyewa peralatan pendakian dan berkemah sesuai dengan kebutuhannya.

Perabot

Saat mendaki Gunung Butak lewat Panderman, wisatawan menemukan 4 pos. Stand sederhana hanya bisa dilihat di pos 1. Toilet juga tersedia untuk wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantarnya ke sana Tempat penampungan.

Lokasi Gunung Butak

Wisata pegunungan ini terletak di Ngadirenggo/Htn, Kec. Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jika berkendara dari Kota Blitar menuju Gunung Butak, jarak yang ditempuh adalah 60,9 km atau 2 jam. Lalu jika berangkat dari Kota Batu jarak tempuhnya 19,6 km atau sekitar 41 menit. Tempat ini merupakan destinasi aman bagi para pendaki yang masih pemula.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button