Tempat Wisata

Biaya masuk dan aktivitas Taman Buah Lubuk Pakam

Taman Buah Lubuk Pakam

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Komplek Kantor Bupati Deli, Serdang, Pagar Merbau, Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia, 20515

Taman Buah Lubuk Pakam merupakan destinasi wisata hijau terbuka di Deli Serdang. Lokasinya mudah dijangkau dan berada di kompleks kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Suasana tempat wisata ini sejuk, nyaman, asri dan dilengkapi dengan taman yang asri.

Luas lahan kebun buah ini sekitar 4 hektar. Di dalamnya ditanami berbagai jenis buah-buahan. Wisatawan bisa menikmati buah-buahan dari pohon yang tumbuh di kawasan taman ini secara gratis.

Biaya masuk Taman Buah Lubuk Pakam

Wisatawan yang berkunjung ke kebun buah ini tidak dipungut biaya masuk apapun. Karena taman ini merupakan taman kota yang dikelola oleh pemerintah.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Merci Waterboom Deli Srdang

Jam buka Kebun Lubuk Pakam

Taman wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore.

Kegiatan di Taman Buah Lubuk Pakam

Taman Buah Lubuk PakamTaman Buah Lubuk PakamLandmark Kebun Lubuk Pakam adalah replika patung buah-buahan. Foto: Google Maps/ardhy yanus

Saat musim buah, wisatawan dapat memetik dan memakan buah di taman taman. Meski pemetikannya gratis, wisatawan disarankan untuk membawa buah-buahan yang sudah matang. Sebab buah yang masih muda biasanya sudah tidak layak dikonsumsi dan terbuang percuma.

Selain itu, juga menawarkan berbagai fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Seperti taman bermain dan tempat parkir yang luas untuk kendaraan bermotor. Lokasi destinasi wisata ini juga mudah dijangkau.

Piknik santai di area taman

Piknik bersama teman-temanPiknik bersama teman-temanTaman ini juga menawarkan berbagai fasilitas untuk membantu pengunjung berpiknik dan bersantai. Foto: Google Maps/Abdul Karim

Berbagai area tempat duduk berbentuk buah-buahan berbeda tersebar di seluruh area taman ini. Wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai tempat istirahat setelah berjalan-jalan santai di taman buah.

Setiap sudut taman ini memiliki suasana sejuk karena ditumbuhi berbagai pepohonan rindang. Wisatawan bisa piknik santai bersama teman dan keluarga di kawasan ini.

Baca: Tiket Funland Mikie Holiday dan wahana seru

Meski tiket masuk wisata ini gratis, namun kami berharap wisatawan tidak merusak pepohonan dan tetap menjaga kebersihan.

Gratis buah-buahan yang berbeda

Areal penanaman belimbing wuluhAreal penanaman belimbing wuluhArea penanaman belimbing di Taman Buah Lubuk Pakam. Foto: Google Maps/Khairiyah Isa

Hal yang menarik dari taman buah ini adalah wisatawan bisa menikmati buah-buahan yang ditanam di sana secara gratis. Apalagi menjelang musim panen, wisatawan bisa memetik sendiri buah dari pohonnya. Ratusan wisatawan bisa datang saat musim buah ini.

Karena mereka bebas memetik buah, terkadang buah yang masih mentah dipetik. Kerumunan wisatawan saat panen buah menciptakan kemeriahan tersendiri.

Bersantai dengan hiasan buah

Tempat duduknya berbentuk seperti pisangTempat duduknya berbentuk seperti pisangTempat duduk berbentuk pisang di area taman. Foto: Google Maps/Khairiyah Isa

Banyak replika buah-buahan di Taman Buah Lubuk Pakam yang mewakili jenis tumbuhan yang ada. Bahkan tempat duduk di taman ini terbuat dari pisang, nanas, jambu biji, mangga dan lain-lain. Ada banyak area tempat duduk dan paviliun lainnya yang tersebar di seluruh area taman.

Selain buah-buahan, aneka bunga juga menonjolkan keindahan alam. Pepohonan memberikan kesejukan dan membuat taman menjadi rindang dan nyaman. Objek wisata ini banyak dikunjungi oleh generasi milenial pada sore hari maupun hari libur.

Mengambil foto Ria

Area taman dengan payung warna-warni di Taman Buah Lubuk PakamArea taman dengan payung warna-warni di Taman Buah Lubuk PakamArea taman dengan payung warna-warni. Foto: Google Maps/Parmano Sinaga

Banyak juga wisatawan yang datang ke sini untuk berfoto selfie. Kawasan yang memiliki banyak tempat menarik ini mengundang antusiasme generasi milenial. Wisatawan bisa berfoto seru di depan latar belakang taman indah yang dihiasi payung gantung warna-warni.

Taman buah ini juga diramaikan dengan hadirnya tokoh badut dari tokoh kartun anak-anak. Contohnya adalah Doraemon, Black Steel Knight, Upin Ipin atau Mickey Mouse.

Tempat bermain anak-anak

Tempat bermain anak-anak Tempat bermain anak-anak Taman bermain anak dengan berbagai wahana. Foto: Google Maps/Qori Maisaroh

Taman Buah Lubuk Pakam melengkapi wilayahnya dengan taman bermain anak. Arena permainan ini unik. Arena ini tidak hanya menawarkan pilihan permainan untuk anak-anak, seperti jungkat-jungkit dan perosotan.

Baca: Tiket Masuk Hillpark Sibolangit dan Wahana Top

Tempat ini juga menawarkan fasilitas seperti peralatan latihan kebugaran. Bedanya alat ini terbuat dari besi dan digerakkan secara manual.

Mempelajari dan mempraktikkan tanaman buah-buahan

Kebun ini berfungsi lebih dari sekedar tempat rekreasi. Tempat ini juga cocok dijadikan tempat belajar khususnya bagi para pelajar.

Taman buah ini memiliki rumah kompos dan area taman kanak-kanak. Di kawasan ini wisatawan dapat mengikuti latihan langsung menanam tanaman buah-buahan. Wisatawan juga bisa belajar cara merawat tanaman agar menghasilkan buah yang baik.

Perabot

Fasilitas kebun buah ini juga cukup lengkap. Tempat wisata ini mempunyai tempat parkir yang cukup luas. Tersedia toilet dan musala yang memadai.

Di area taman ini juga terdapat air mancur di tengah berbagai tanaman buah dan bunga. Terdapat juga ruang perawatan, area pertokoan dan area komersil. Pengecer makanan, minuman dan aksesoris juga terwakili di sini.

Mengakses

Lokasi taman buah ini tidak sulit ditemukan karena terletak di kompleks kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang. Dari kota Medan wisatawan dapat melalui jalan trans Sumatera Medan – Lubuk Pakam. Kemudian masuk ke Jalan Karya Utama sebelah Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang.

Wisatawan juga bisa naik bus Mebesar dan turun di depan Kantor Bupati Deli Serdang. Kemudian berjalan kaki sekitar 15 menit atau naik ojek.

Lokasi Taman Buah Lubuk Pakam

Kebun buah ini terletak di kompleks kantor Bupati Deli Serdang, Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20515.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button