Tempat Wisata

Biaya masuk dan atraksi KAWAH WAYANG

Kawah Wayang

  • Biaya masuk: 15.000 hingga 25.000 rupee
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Sukamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378

Kawah Wayang merupakan destinasi geowisata berbasis agroforestri yang menarik di Pengalengan Bandung. Tempat wisata ini adalah kawah Gunung Wayang yang mempunyai ketinggian 2.182 m. Gunung Wayang sebenarnya merupakan gunung berapi kembar yang bersebelahan dengan Gunung Windu. Selain sebagai tujuan wisata, kawasan ini juga merupakan lokasi proyek aktif energi panas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Wayang Windu.

Destinasi wisata Kawah Wayang menyuguhkan pemandangan kawah dengan asap mengepul sebagai panorama utamanya. Terdapat juga kolam renang di area tersebut. Jalur sepeda sampai kenaikan. Lalu ada ini tempat perkemahan luas. Hal ini memungkinkan pengunjung yang datang untuk mencoba aktivitas menyenangkan di berbagai wahana yang tersedia.

Biaya masuk ke Kawah Wayang

Harga tiket masuk destinasi wisata ini tidak mahal dan masih tergolong terjangkau, hanya Rp 15.000 saja. Nantinya, sebagian uang hasil penjualan tiket akan digunakan untuk hal-hal bermanfaat. Misalnya saja merawat pohon dan menanam pohon di kawasan wisata.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp.15.000
Tiket berkemah Rp25.000

Biaya masuk ke Kawah Wayang

Baca: Tiket SITU CILEUNCA Bandung dan Berbagai Kegiatannya

Jam buka Kawah Wayang

Kawah Wayang terbuka untuk semua orang 24 jam sehari, sepanjang hari dan Anda bisa datang kapan saja. Namun, pengunjung sebaiknya membatasi kunjungan hingga pukul 6 sore. Karena penerangan yang masih minim, malam hari akan gelap. Namun jika pengunjung membutuhkan penerangan, tersedia generator dari pihak pengelola.

aktivitas jam buka
perjalanan 07.00 – 17.00 WIB
berkemah 24 jam

Jam buka Kawah Wayang

Objek wisata Kawah Wayang

Gardu pandang berupa jembatan kayu di Kawah WayangGardu pandang berupa jembatan kayu di Kawah WayangSudut pandangnya adalah jembatan kayu. Foto: Google Maps/Sentosa Surya

Destinasi wisata ini menjadi alternatif tempat rekreasi keluarga. Kawah yang menarik dengan berbagai fasilitas menjadi magnet tersendiri bagi tempat ini. Berikut beberapa atraksi yang dapat Anda nikmati selama menginap.

Berbalut asap uap panas, tampak memukau

Hasil seni foto di kawah wayangHasil seni foto di kawah wayangBerfoto sambil menghadap perbukitan yang berkabut asap kawah. Foto: Google Maps/Hai sayang

Untuk mencapai kawah, wisatawan harus melewati jalan menanjak, tangga kayu, dan jembatan kayu. Bahkan dari kejauhan tercium bau belerang yang menyengat khas pegunungan vulkanik. Kawasan kawah hanya berupa bebatuan yang dipenuhi asap putih yang mengepul.

Bagi yang hobi fotografi, pemandangan ini menawarkan efek foto yang menarik. Efek asap dan kabut yang dihasilkan mampu membuat foto terlihat sangat ajaib.

Baca: Tiket dan Aktivitas Pangalengan SKY PARK

Jalur pengendara sepeda

Sepeda dapat diparkir di depan kawahSepeda dapat diparkir di depan kawahSepeda dapat diparkir di depan Kawah Wayang. Foto: Google Maps/Didin Upay

Pintu masuk menuju lokasi kawah terdapat dua yaitu akses tangga dan akses sepeda. Jika Anda membawa sepeda, tersedia jalur sepeda. Artinya, pengunjung yang membawa sepeda bisa parkir tepat di depan kawah. Terdapat juga tempat parkir khusus sepeda yang letaknya sangat dekat dengan kawah.

Pendakian di Gunung Wayang

Mendaki ke puncak Gunung WayangMendaki ke puncak Gunung WayangMendaki ke puncak Gunung Wayang. Foto: Google Maps/Asep Iguana

Kawasan Kawah Wayang juga populer sebagai titik pendakian Gunung Wayang. Jalur pendakian dimulai dari lereng Kawah Wayang yang berbatu-batu, tidak ditumbuhi vegetasi dan berasap. Kemudian naik ke zona vegetasi yang semakin lebat dengan semak-semak dan pepohonan hijau. Sesampainya di puncak gunung, pengunjung tidak akan kecewa karena bisa mengagumi pemandangan perbukitan yang mempesona.

Pengunjung hobi kenaikan Di tempat ini Anda bisa menekuni hobi Anda dengan membawa perlengkapan sendiri. Bagi wisatawan yang menginginkannya kenaikan harus membayar tiket khusus. Banyak orang yang menyukai Gunung Wayang sebagai destinasi pendakian. Bahkan ada kegiatan yang sedang berlangsung kenaikan disertifikasi sebagai kenang-kenangan bagi para peserta.

Baca: PESONA PADAAWAS Tiket dan berbagai aktivitasnya

Kolam renang Kawah Wayang

Area kolam air panas di Kawah WayangArea kolam air panas di Kawah WayangArea kolam renang dengan sumber air panas. Foto: Google Maps/Ssshhh

Terdapat dua kolam termal yang bersebelahan, berukuran cukup luas dan memiliki teras. Kolam yang terletak di ketinggian lebih tinggi adalah kolam air campuran dan oleh karena itu biasanya bersuhu hangat. Sekarang kolam bagian bawah airnya lebih panas, sehingga tidak banyak orang yang berenang. Meski demikian, pemandian air panas masih dianggap aman untuk anak-anak. Pasalnya, tinggi panggul hanya setinggi paha orang dewasa.

Selain wisatawan yang datang khusus untuk berenang. Tak sedikit pula yang meluangkan waktu untuk berendam sehabis beraktivitas olahraga kenaikan. Berendam di kolam air panas dapat membuat tubuh rileks, melancarkan peredaran darah, dan mengendurkan otot.

Baca: Tiket NIMO HIGHLAND dan Berbagai Aktivitasnya

Paviliun untuk piknik

Terdapat beberapa paviliun di kawasan ini yang dapat dinikmati pengunjung. Beberapa paviliun terletak di sekitar tempat parkir dan di sekitar kolam termal. Duduk dari gazebo, Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau di sekitarnya.

Di paviliun ini pengunjung bisa piknik bersama keluarga, teman atau pasangan. Anda bisa duduk santai di pendopo sekaligus membuka perbekalan makanan. Karena tidak ada penjual makanan di tempat ini, ada baiknya membawa perbekalan sendiri.

Baca: Tiket & Atraksi KAWAH WHITE

Perkemahan Kawah Wayang

Perkemahan di Kawah WayangPerkemahan di Kawah WayangPerkemahan di Kawah Wayang

Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas berkemah di kawasan Kawah Wayang. Pengunjung harus membayar tiket untuk berkemah. Tidak ada persewaan tenda di lokasi ini. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin berkemah harus membawa perlengkapan dan perbekalan sendiri.

Pintu masuk ke Kawah Wayang

Untuk menuju tempat wisata ini, pengunjung harus melewati jalan tanah. Jalannya masih berbatu alami dan cukup terjal. Pengunjung memasuki kawasan hutan Pangkuan Desa Sukamah Pangalengan. Hutannya sangat asri dengan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Setelah sampai di tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki menuju Kawah Wayang melalui jalan menanjak. Pintu masuknya dilengkapi dengan tangga dan terdapat jembatan kayu yang memudahkan perjalanan. Pendakiannya memang cukup melelahkan namun akan terbayar dengan pesona kawahnya yang indah.

Perabot

Fasilitas di objek wisata Kawah Wayang cukup lengkap. Ada toilet, kolam renang, paviliun atau kabin, jalur sepeda dan tempat parkir yang nyaman. Toiletnya memiliki air yang cukup panas sehingga pengunjung perlu berhati-hati saat menggunakannya. Ada genset untuk penerangan malam, tapi ini dibayar sebagai pengganti bensin.

Lokasi Kawah Wayang

Wisata kawah ini berlangsung di Desa Sukamanah, Kecamatan. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. Dari pusat kota Bandung menuju lokasi, jaraknya sekitar 53 kilometer. Perjalanan dengan kendaraan memakan waktu kurang lebih 1 jam 57 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button