Tak Berkategori

Biaya masuk dan atraksi PUTRI CARITA CURUG

Air Terjun Putri Carita

  • Biaya masuk: Rp 35.000 – Rp 130.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Raya Carita, Sukarame, Carita, Pandeglang, Banten, Indonesia, 42264

Kabupaten Pandeglang memang diberkahi dengan keindahan alam yang luar biasa. Laut terbentang dari sini dengan pesona lanskap pegunungan. Di ujung barat Pandeglang merupakan destinasi wisata yang sedang populer yaitu Air Terjun Putri Carita.

Air terjun ini kini menjadi destinasi wisata utama baru di Provinsi Banten. Karena memiliki pesona yang mirip dengan Green Canyon. Bedanya, air terjun ini tidak terlalu besar sehingga pantas dijuluki “Ngarai Hijau Kecil”. Di sini wisatawan bisa menyusuri sungai dan merasakan kesegaran air alami.

Biaya masuk air terjun Putri Carita

Untuk menikmati keindahan Curug Putri Carita, wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket mulai dari Rp 35.000 – Rp 130.000.

Jenis tiket dan perjalanan Harga
Tiket masuk reguler Rp35.000
Perjalanan khusus untuk pengendara sepeda motor (per orang) Rp60.000
Perjalanan khusus untuk pengemudi (per orang) Rp100.000
paket komplit Rp130.000

Biaya masuk air terjun Putri Carita

Baca: Tiket Masuk BATU QURAN, Kolam Jernih yang Terselubung Mitos

Tiket masuk reguler meliputi: jaket pelampung, penitipan bagasi, ruang baca/paviliun, toilet dan bantuan dokumentasi. Harga tersebut belum termasuk parkir kendaraan dan jasa pemandu wisata.

Harga Tour: Pengendara sepeda motor mendapatkan: tiket masuk kawasan wisata, parkir sepeda motor, penitipan bagasi, jaket pelampung, gazebo, pemandu, bantuan dokumentasi, berenang sepuasnya.

Harga Tour: Pengemudi mendapatkan: Parkir kendaraan, akses menuju kawasan wisata, jaket pelampung, penitipan barang, angkutan ojek pulang pergi, pendopo, bantuan dokumentasi, layanan mandi sepuasnya dan pemandu wisata.

Harga minimal perjalanan: 4 orang mendapat: parkir kendaraan, jaket pelampung, penitipan barang, angkutan ojek pulang pergi, makan 1 kali, air minum kemasan dan pemandu wisata.

Jam buka air terjun Putri Carita

Air terjun ini buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Namun wisatawan tetap bisa bermalam karena tersedia tempat berkemah. Tips berkunjung: Datanglah saat cuaca sedang cerah. Karena saat hujan, airnya meluap dan tidak bisa digunakan untuk sensasi mengikuti aliran sungai.

Wisata Curug dengan tebing ala Green Canyon

Keindahan air terjunnya mirip dengan Green CanyonKeindahan air terjunnya mirip dengan Green CanyonTebing-tebing dengan aliran sungai berwarna biru menjadi keistimewaan tempat ini. Foto: Gmaps/Marlina Farida

Air terjun Putri Carita masih berada di kawasan Taman Hutan Rakyat Desa Sukarame (Tahura). Letaknya tepat di seberang pintu masuk Pantai Carita. Kawasan ini menawarkan nuansa petualangan alam.

Hal ini dikarenakan kawasan tersebut masih begitu alami. Tebing dan hutan lebat menjadi keistimewaan destinasi wisata ini. Airnya yang biru juga menambah eksotismenya.

Air terjunnya sendiri kini hanya setinggi 3 meter. Namun yang membuatnya istimewa adalah deretan tebing berwarna coklat di sepanjang sungai. Sungai yang sangat bersih dan menyegarkan mengalir di bawahnya.

Dengan arus berkelok-kelok sepanjang 50 meter. Menunggang kuda menyusuri sungai merupakan aktivitas utama selama Anda menginap. Karena lokasinya yang berada di kawasan Perhutani, alam sekitar juga sangat terjaga.

Sebelum dijadikan objek wisata, kawasan ini dianggap sebagai tempat suci. Kemudian Perhutani menyulapnya menjadi tempat wisata yang menarik. Rasa berpetualang terasa sekali karena untuk sampai ke kawasan air terjun, wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Letaknya di lereng Gunung Pulosari dan udara disekitarnya terasa sejuk dan menyegarkan.

Baca: Biaya dan Ragam Kegiatan PULAU PEUCANG Pandeglang

Wisatawan mendaki ke air terjun Putri CaritaWisatawan mendaki ke air terjun Putri CaritaSebelum wisatawan mencapai kawasan air terjun, mereka harus berjalan kaki melewati hutan yang masih sangat alami. Foto: Gmaps/Reza Ganteng

Saat berkunjung ke Curug Putri, wisatawan akan merasakan sensasi petualangan alam. Sebab sebelum bisa menikmati keindahan air terjun, terlebih dahulu Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh. Hal ini dimungkinkan dari tempat parkir Trekking Berkendara sejauh 2 km melewati kawasan hutan. Dengan waktu tempuh kurang lebih 45-60 menit.

Selama perjalanan Anda benar-benar bisa merasakan keindahan alam hutan. Udara sejuk dan suara dedaunan yang tertiup angin menemani perjalanan. Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan berbagai hewan asli hutan. Misalnya monyet gantung dan aneka burung warna-warni. Jika ingin kesini, sebaiknya kenakan sandal gunung atau sepatu bot gunung agar perjalanan lebih mudah.

Baca: Tiket Masuk Pulau LIWUNGAN PANDEGLANG dan Berbagai Aktivitasnya

Keseruan menyeberangi sungai

Sensasi serunya mengarungi sungai yang airnya jernihSensasi serunya mengarungi sungai yang airnya jernihSerunya menyusuri sungai melewati celah-celah tebing. Foto: Gmaps/Curug Putri Carita

Aktivitas terpenting di Curug Putri Carita adalah melintasi sungai. Selama beraktivitas, wisatawan melewati sungai yang berkelok-kelok dengan air yang jernih. Kegiatan ini sangat aman karena didampingi oleh pemandu dan dilengkapi dengan jaket pelampung. Wisatawan melewati sungai dengan tebing di kedua sisinya. Kegiatan ini sangat seru dan bisa mendekatkan kalian semua.

Dengan panjang aliran sekitar 50 meter, dijamin Anda akan sangat puas menyusuri sungai yang ada di kawasan Curug Putri Carita. Celah tebing di sepanjang sungai bisa menjadi area foto yang Instagrammable banget. Seperti keindahan alam ala Green Canyon. Aliran sungai terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama lebarnya 5 sampai 7 meter, yang kedua lebarnya 10 sampai 15 meter.

Baca: Biaya Masuk dan Objek Wisata Pulau UMANG

Mandi di air terjun

Setelah merasakan serunya menyusuri sungai, Anda bisa melanjutkan mandi di bawah air terjun. Air terjun ini tingginya hanya 3 meter. Namun memiliki aliran air yang sangat deras dan jernih. Wisatawan bisa merasakan kesegaran air di bawahnya.

Danau di bawah air terjun ini sangat aman untuk bermain air karena kedalamannya hanya sekitar 1 meter. Selain pepohonan rindang di kedua sisinya juga membuat kawasan air terjun menjadi sangat eksotis.

Baca: PANTAI ANYER: Tiket, Aktivitas, dan Wahana

Bersantai di tepi sungai

Sungai dengan pesona alamSungai dengan pesona alamSuasana sungai dengan pepohonan rindang di sekelilingnya membuatnya tampak asri dan mengundang untuk bersantai. Foto: Gmaps/BRO BRI

Bagi yang bermalas-malasan bermain di tepi air terjun bisa sekedar bersantai di tepian sungai sambil menikmati keindahan alam. Duduk-duduk santai sambil menikmati suara air terjun dan segarnya udara hutan pasti bisa menyegarkan pikiran. Apalagi dengan secangkir kopi dan aneka minuman hangat di stand. Tersedia pula berbagai jajanan yang memperkaya pengalaman relaksasi di Curug Putri Carita.

Perabot

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memanjakan. Di tempat ini terdapat ruang penyimpanan kendaraan, toilet dan kamar mandi, musala, warung kuliner dan musala. Kegiatan berjalan di sungai juga tersedia pemandu wisataJaket pelampung dan dokumentasi.

Alamat Air Terjun Putri Carita

Objek wisata ini terletak di Jl. Raya Carita, Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang. Letaknya cukup jauh dari pusat kota karena terletak di ujung barat Provinsi Banten. Jaraknya sekitar 46 km dari pusat kota Pandeglang dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu setengah jam. Lokasinya dekat dengan objek wisata Pantai Carita.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button