Tak Berkategori

Biaya masuk dan atraksi TAMAN WISATA SELOREJO

Taman Wisata Selorejo

  • Biaya masuk: Rp13.000-Rp. 20.000
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Nomor telepon: +62 822-3232-3430
  • Alamat Lokasi : Sedawun, Pandansari, Ngantang, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65392

Malang tidak hanya memiliki keindahan taman bermainnya tetapi juga alamnya yang mempesona. Taman Wisata Selorejo merupakan bukti keindahan alam Kabupaten Malang. Alamnya yang indah dan airnya yang jernih menjadikannya idola para wisatawan untuk bersantai.

Terdapat sebuah danau atau waduk di Taman Wisata Selorejo. Danau besar inilah yang menjadi daya tarik utama Taman Wisata Selorejo. Hal ini menjadikannya sebagai destinasi wisata keluarga bagi warga Malang dan sekitarnya.

Biaya masuk Taman Wisata Selorejo

Untuk menikmati keindahan objek wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuk ini murah dan terjangkau mulai dari Rp 13.000 – Rp 20.000. Namun wahana di dalam objek wisata tersebut tidak termasuk dalam tiket.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk hari kerja Rp13.000
Tiket masuk akhir pekan Rp20.000

Biaya masuk Taman Wisata Selorejo

Baca : Tiket Masuk Selecta Park Malang dan Aktivitasnya

Jam buka Taman Wisata Selorejo

Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung bisa datang kapan saja. Pasalnya, objek wisata ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Namun pengunjung lebih memilih datang pada pagi atau sore hari.

Menikmati keindahan alam Taman Wisata Selorejo Malang

pemandangan indah waduk Selorejopemandangan indah waduk SelorejoPemandangan Waduk Selorejo yang indah menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini. Foto: Google Maps/Faldy Alifianto

Bendungan Selorejo sendiri mulai beroperasi pada tahun 1970 dan telah beberapa kali direnovasi. Perencanaan pola operasional bendungan ini dipimpin langsung oleh Perum Jasa Tirta I. Tujuan utama bendungan ini adalah untuk menyerap kelebihan air hujan dan mengalirkan Sungai Konto.

Ada juga fungsi lain untuk budidaya ikan, irigasi dan pembangkit listrik tenaga air. Namun kini fungsinya semakin menjadi tempat wisata dengan berbagai wahana menarik. Oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati bendungan ini sebagai tempat berlibur.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Foto Malang Sky Park

Apalagi alam Bendungan Selorejo begitu indah. Banyak pepohonan yang masih kokoh dan rindang. Memberikan suasana ambien yang sejuk dan asri.

Danau yang dikelilingi pegunungan

Waduk di Taman Wisata SelorejoWaduk di Taman Wisata SelorejoDanau berlatar belakang pegunungan ini siap menyambut pengunjung yang akan menghabiskan hari di objek wisata ini. Foto: Google Maps/Ardi Gendut29

Keindahan yang mampu memukau pengunjung adalah lokasi danau yang mempesona. Danau ini sangat besar dan terletak di beberapa gunung. Di antaranya Gunung Kawi, Anjasmoro, Kelud, dan Gunung Arjuno.

Mengingat letaknya, tak heran jika udara di kawasan bendungan sangat sejuk. Ditambah angin sepoi-sepoi yang bertiup di siang hari, angin lembut membelai kulit. Terasa menyenangkan dan menenangkan, membuat rasa lelah hilang.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Eco Green Park Malang

Jernihnya air dapat memantulkan pepohonan dan gunung yang mengelilinginya. Menjadikannya tampak semakin memukau seolah-olah kaca tersebut memantulkan bayangan. Berfoto di depan latar belakang yang indah ini sangat digemari pengunjung.

Jelajahi danau dengan perahu

Perahu di danau taman wisata SelorejoPerahu di danau taman wisata SelorejoTaman rekreasi ini memiliki deretan perahu yang tersedia untuk mengangkut pengunjung mengelilingi danau. Foto: Google Maps/Bedjo_ 99

Telaga Selorejo yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut juga bisa dinikmati di sekitarnya. Ada banyak penyedia jasa penyewaan perahu yang bisa dipilih pengunjung. Nantinya, pengunjung mengelilingi danau sebanyak dua kali.

Pengunjung dapat bernegosiasi dengan penyedia jasa perahu. Setelah harga disepakati, pengunjung dapat menikmati perahu tersebut.

Naik perahu merupakan kegiatan yang digemari pengunjung, terutama mereka yang berwisata bersama keluarga. Karena wahana ini cocok untuk segala usia.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Taman Wisata Wendit

Wisata edukasi ke Bendungan Selorejo

Selain wisata alam, objek wisata ini juga bisa disebut wisata edukasi. Di sini terdapat kebun jambu biji merah dan durian, tepat di seberang bendungan. Kebun-kebun ini dikelola dengan baik oleh penduduk setempat.

Pengunjung dapat belajar cara menanam, merawat dan memanen tanaman. Dan serunya pengunjung bisa langsung menikmati buah-buahan yang ada di taman. Tentu akan sangat segar karena dipetik dan dinikmati langsung dari pohonnya.

Nikmati kuliner dengan nuansa pedesaan

Di sekitar objek wisata, pengunjung akan menjumpai deretan warung yang menjajakan berbagai sajian makanan. Menu utamanya terdiri dari ikan, tentu saja dari bendungannya. Ikan ini baru diolah sehingga masakannya semakin nikmat.

Memancing di tengah danau

Bagi pengunjung yang gemar memancing, objek wisata ini menawarkan fasilitas tersebut. Ada cukup banyak ikan di bendungan. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk memancing di tengah danau.

Dengan menyewa perahu, pengunjung bisa menempuh perjalanan hingga ke tengah danau. Atau cari tempat tertentu yang banyak ikannya. Nantinya pengunjung juga bisa menikmati ikan ini secara langsung.

Jika ingin membawa oleh-oleh kembali, pengunjung bisa membeli ikan asap di stand. Ikan tersebut sengaja diasapi agar memiliki umur simpan yang lama sebagai oleh-oleh.

Alamat Taman Wisata Selorejo

Objek wisata ini terletak di Dusun Sedawun, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Letaknya sekitar 40 kilometer dari kota Malang. Dapat dicapai dalam waktu 1,5 jam dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button