Tempat Wisata

Biaya Masuk dan Kegiatan Kebun Raya Cibodas September 2023

Kebun Raya Cibodas Biaya masuk: 15.500 hingga 25.500 Rp. Jam buka: 07.00-16.00 WIB. Nomor telepon: 0263 – 2953070 / 0812 – 2466 – 7108. Alamat/Lokasi : Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan,, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Kebun Raya Cibodas merupakan UPT Pusat Konservasi Tumbuhan di lingkungan Balai Konservasi Kebun Raya Bogor. Situs ini terletak di antara Gunung Gede dan Pangrango pada ketinggian 1425 dpl. Kawasan sejuk tersebut setidaknya mencakup lahan seluas 85 hektar.

Selain sebagai pusat konservasi, kebun raya ini juga tersedia bagi masyarakat sesuai kebutuhannya. Banyak layanan yang ditawarkan kepada masyarakat melibatkan pendidikan dan penelitian lingkungan. Namun karena kesejukan dan keindahan pemandangannya, kebun raya ini juga menjadi tujuan wisata.

Biaya masuk ke Kebun Raya Cibodas

Pengunjung yang ingin bersantai di kebun raya ini dikenakan biaya masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan biayanya yang mahal karena tiket masuknya mulai dari Rp 15.500 – Rp 25.500.

jenis tiket Harga tiket hari kerja/akhir pekan
Tiket Masuk Gerbang Pertama (Pajak Pemerintah Daerah) Rp 12.000
Harga tiket domestik dan internasional Rp.15.500 / Rp.25.500
Tiket masuk sepeda Rp 15.000 / Rp 20.000
Tiket Kendaraan : Motor/Mobil Rp 5.000 / Rp 35.000

Biaya masuk Kebun Raya Cibodas

Baca: Tiket Masuk MANDALAWANGI Cibodas dan Aktivitasnya

Informasi penting sebelum mengunjungi Kebun Raya Cibodas:

  • Untuk memasuki Kebun Raya, pengunjung harus membayar dua tiket, tiket pertama (Pemda Retribusi) dan tiket kedua (Tiket Kebun Raya Cibodas).
  • Untuk anak-anak dengan tinggi 90 cm berlaku harga tiket masuk normal.
  • Kendaraan bermotor bisa masuk dan berkeliling setiap hari Senin hingga Sabtu.
  • Kendaraan tidak diperkenankan masuk atau melakukan perjalanan pada hari Minggu dan hari libur.
  • Pada hari Minggu, mobil bisa masuk mulai pukul 08.00 hingga 12.00.
  • Membawa makanan dan minuman dari luar diperbolehkan dengan syarat menggunakan wadah.
  • Pengunjung diperbolehkan piknik asalkan tetap menjaga kebersihan.

jam buka

Wisatawan bisa datang ke Kebun Raya sejak pagi hari. Area kebun raya buka mulai jam 8 pagi hingga sore hari.

Hari jam buka
Senin Jum’at 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu, Minggu dan hari libur nasional 07.00 – 16.00 WIB

Jam buka Kebun Raya Cibodas

Kegiatan di Kebun Raya Cibodas

Berbagai aktivitas dapat ditawarkan di taman rekreasi dan alam ini. Terutama kegiatan bernuansa alam dan pengenalan tanaman. Inilah beberapa di antaranya.

pertemuan

Kegiatan pengumpulan di Kebun Raya CibodasKebun Raya Cibodas juga dapat digunakan sebagai tempat pertemuan komunitas dan perusahaan. Foto: Pristovo Putra

Jika Anda merencanakan kegiatan bersama dengan keluarga atau kolega, Kebun Raya Cibodas adalah pilihan yang tepat. Lokasi yang cocok adalah lapangan terbuka dengan latar keindahan alam dan udara sejuk pertemuan. Sehingga arisan yang berlangsung tidak menjadi melelahkan karena udaranya yang sejuk.

Kecuali komunal atau swasta, banyak Agen Perjalanan atau Pengelola acara yang menyediakan paket pertemuan Di Sini. Untuk fasilitas yang tersedia tidak perlu khawatir. Karena di Kebun Cibodas semuanya sudah siap mulai dari pembangunan hingga makan siang. Jadi pengunjung tinggal memilih harga paket yang tepat dan bersiap untuk bertualang di taman wisata ini.

rekaman film

Syuting dan syuting di Kebun Raya CibodasPemandangan alam yang indah dan taman yang terawat kerap menjadikan Botanical Garden sebagai tempat berfoto. Baik untuk film atau sekadar syuting. Foto: Agie Putra

Masih banyak kawasan yang masih alami dan belum tersentuh modernisasi. Oleh karena itu, Botanic Gardens sering dijadikan lokasi syuting film layar lebar dan sinetron. Selain kawasan ini, keindahan pemandangan dan kesejukannya menjadi alasan lain untuk berfoto di kebun raya ini.

Bagi wisatawan yang suka membuat film pendek atau merekam video klip, kebun raya ini adalah tempat yang tepat. Pasalnya, suasana alam bisa dijadikan background video dengan berbagai tema, baik natural maupun kolosal. Namun ada biaya tambahan hingga maksimal enam juta per hari untuk kelancaran pengunjung kegiatan ini.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi, Aktivitas dan Aneka Taman

shooting foto

Selain untuk rekaman video, pekarangan Kebun Raya juga sering dijadikan lokasi pembuatan film. Biasanya pemotretan ini untuk kegiatan pre-wedding atau komersial seperti pemotretan produk komersial. Kini biaya pemotretan ini berkisar antara 1 hingga 2 juta rupiah.

Wisatawan yang belum profesional dalam menggunakan kamera juga bisa mengambil gambar yang bagus dengan kamera ponsel. Hal ini sangat mungkin terjadi karena keindahan alam dipadukan dengan pengelolaan kawasan yang baik. Hal ini membuat beberapa titik cocok untuk berfoto selfie. Jika sekadar selfie, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apa pun.

Bermalam di Kebun Raya Cibodas

Kawasan perumahan dengan nuansa hijauPengunjung juga bisa bermalam di kebun raya. Ada berbagai guest house yang bisa disewa dari pihak pengelola. Foto: Creation Gue

Sedangkan wisatawan yang kurang puas bermain dalam satu hari bisa menyewa penginapan untuk bermalam. Di sekitar kebun raya terdapat penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam. Setidaknya terdapat 3 guesthouse dengan jumlah kamar dan tempat tidur berbeda. Wisatawan tinggal menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Kunjungi galeri tanaman hias

Sebagai tempat keanekaragaman hayati, Kebun Raya Cibodas juga memiliki galeri tanaman. Salah satu galeri yang ada adalah Galeri Tanaman Hias. Koleksinya penuh dengan tanaman hias cantik. Wisatawan bisa mengunjunginya setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Berpartisipasi dalam pendidikan lingkungan hidup

Pelatihan di Kebun RayaMengikuti kursus pelatihan tentang lingkungan hidup dan tumbuhan juga tidak kalah serunya. Foto: Sony Wirawan

Jangan lewatkan wisata edukasi program pendidikan lingkungan hidup. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin lebih mengenal kawasan tersebut. Terutama tanaman dan bunga yang berbeda.

Sedangkan programnya sendiri terbagi dalam dua kategori utama yaitu Flora Tours dan Guides. Wisata Flora merupakan paket pendidikan lingkungan hidup untuk siswa SD hingga SMA.

Masyarakat dapat berpartisipasi dalam program kepanduan. Kegiatan ini terutama meliputi pengenalan lingkungan, tanaman hias dan landmark. Untuk mengikuti program ini, wisatawan harus melakukan reservasi tiket terlebih dahulu.

Baca: Tiket Kebun Raya Bogor dan Berbagai Aktivitasnya

Alamat dan kontak Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya terletak di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253. Letaknya sekitar 45 kilometer dari Kota Bogor. Untuk sampai ke sini Anda perlu berkendara minimal 1,5 menit.

Untuk kontak lebih lanjut silahkan menghubungi Pusat Konservasi Tanaman Kebun Raya Cibodas – LIPI. PO. Peti. 19 sdl.Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253. Telp 0263-520448, 511385 Fax. 0263-512233. [email protected].

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button