Tak Berkategori

Biaya masuk dan kegiatan TANDON CIATER

Tandon Ciater

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi: Jalan Widya Kencana Ciater, Buaran, Serpong, Tangsel, Banten, Indonesia, 15310

Ada banyak pilihan wisata bagi warga Tangerang, khususnya di Tangsel. Salah satunya adalah Tandon Ciater. Danau buatan ini kini banyak dikunjungi orang terutama di akhir pekan untuk bersantai dan berolahraga.

Kawasan danau buatan ini memiliki luas sekitar tiga kali luas lapangan sepak bola. Tempat ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai waduk dan daerah aliran sungai, tetapi juga untuk ekowisata. Tak heran jika Anda bisa menemukan banyak tanaman dan ikan cantik di dalam kolam.

Biaya masuk Tandon Ciater

Untuk memasuki kawasan ini tidak dipungut biaya masuk sehingga gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir, tergantung kendaraan yang dibawanya.

Baca: Tiket Masuk TELAGA BLUE Cisoka Tangerang dan 5 Kegiatan OK

Hal menarik yang bisa dilakukan di Tandon Ciater

Tandon Ciater yang diresmikan pada 15 Januari 2016 menawarkan berbagai aktivitas bagi pengunjung. Mulai dari kegiatan yang dilakukan sendiri, bersama keluarga, dan bermasyarakat. Beberapa kegiatan tersebut antara lain:

1. Istirahat di Tandon Ciater

Danau Tandon CiaterDanau Tandon CiaterTandon Ciater merupakan waduk yang kini banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat rekreasi. Foto: Google Maps/ade surya kurniawan

Di kawasan seluas 7 hektar ini, piknik bisa menjadi liburan keluarga yang sempurna. Pengunjung bisa datang bersama keluarganya. Kemudian bentangkan tikar yang Anda bawa dari rumah beserta perbekalan yang Anda bawa.

Piknik memungkinkan Anda merilekskan tubuh dan pikiran. Rasa dan suasana sejuknya bisa menjadi obat tersendiri. Selain pepohonan di sekitarnya, ngobrol bisa menenangkan pikiran dan tubuh.

2. Beri makan ikan

Tangki Ciater mampu menampung debit air hingga 120 m3. Ada posisi yang agak rendah di sekitar batas akord. Di tempat ini pengunjung bisa memberi makan ikan. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan favorit anak-anak yang datang kesini.

Makanan ikan atau pelet bisa dibawa dari rumah. Jika tidak mempunyai pelet, ada penjual yang menawarkan pelet per wadah. Oleh karena itu, anak-anak bisa makan langsung di tepi danau. Namun orang tua harus berhati-hati agar anaknya tidak terjatuh saat memberi makan ikan.

Baca: Tebing Koja, Kandang Gozila, Tiket Masuk dan 6 Daya Tarik Utama

Penyewaan taman bermain dan kuda di Tandon CiaterPenyewaan taman bermain dan kuda di Tandon CiaterPenyewaan taman bermain dan kuda di Tandon Ciater. Foto: googlemap/Muhammad Ulil Al-Bab

Daya tarik di Tandon Ciater tidak hanya ikan saja, tapi juga kuda. Tak jauh dari pintu masuk, pengunjung bisa melihat kuda-kuda yang disewakan. Saat berkuda, pawang menjaga kudanya agar lebih aman.

4. Mengendarai sepeda motor kecil

Tandon Ciater sangat cocok untuk liburan keluarga. Ada banyak fasilitas yang bisa disewa untuk menghadirkan keceriaan bagi si kecil. Salah satunya adalah sepeda motor kecil.

Sepeda motor ini menggunakan mesin dasar otomatis. Oleh karena itu, sepeda motor ini dapat digunakan oleh pengunjung segala usia. Namun untuk menggunakannya, pengunjung harus membayar sewa per putarannya.

5. Bermain dengan mobil

bermain dengan mobil minibermain dengan mobil miniWahana mobil mini untuk anak-anak juga tersedia di sekitar kawasan Tandon Ciater. Foto: Google Maps/mochamad yamin amzah

Jika anak-anak tidak suka bermain sepeda motor, ada mainan mobil-mobilan. Mainan ini dioperasikan dengan remote control. Namun mainan ini hanya bisa dikendarai oleh anak di bawah 10 tahun. Untuk menggunakan mainan ini, pengunjung harus membayar biaya sewa per 15 menit penggunaan.

6. Sepatu roda

Pengunjung juga bisa berlatih dengan sepatu roda. Jalur yang dapat digunakan adalah jalur yang dibangun mengelilingi tandom. Namun, hati-hati disarankan saat bermain sepatu roda. Sebab, beberapa blok mengalami kerusakan.

Baca: Tiket Masuk LUBANA SENGKOL Tangerang dan 4 Kegiatan

7. Joging

Pemerintah Kota Tangsel telah melengkapi Ciater Tendon dengan jogging track. Jalur pejalan kaki ini mengelilingi tendon. Jadi jika berjalan melalui jalur ini jarak yang ditempuh cukup jauh. Selain itu, tendon memiliki luas sekitar tiga kali luas lapangan sepak bola.

Jalur pejalan kaki ini terdiri dari blok-blok sepanjang 1,6 km. Sambil jogging, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan waduk dan pepohonan. Namun, Anda harus lebih berhati-hati karena beberapa bagian rute ini sudah tidak bagus lagi.

8. Berlatih bersama komunitas

Pengunjung melakukan senamPengunjung melakukan senamDi sini Anda juga bisa melakukan olah raga seperti senam, bersepeda atau jogging. Foto: Google Maps/ocha maosawati

Tandon Ciater menawarkan fasilitas layaknya pendopo. Tempatnya cukup luas untuk dijadikan sebagai titik pertemuan. Namun karena jumlahnya terbatas, maka harus digunakan secara bergantian.

Konon, bagian depan depan Rumah Blandongan cukup luas. Senam biasanya diadakan di lokasi ini, terutama pada akhir pekan. Sehingga pengunjung yang datang pada pagi hari bisa berolahraga agar lebih sehat.

9. Bersepeda

Akan lebih sehat jika datang ke sini sambil berolahraga. Pengunjung dapat membawa kendaraan sendiri seperti sepeda. Anda bisa bersepeda di jalur yang telah dibuat sekaligus memutari jalur yang mengelilingi danau. Atau mengelilingi area tersebut agar jarak yang ditempuh cukup jauh.

10. Berolahraga di taman

Jika jalan kaki terasa terlalu membosankan namun ingin berolahraga, Anda bisa berolahraga di taman. Taman di kawasan Tandon Ciater ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga. Fasilitas ini dapat digunakan oleh pengunjung segala usia.

Baca: Tiket Masuk SCIENTIA Square Park dan Aktivitas Serunya

11. Ambil foto

Banyak pengunjung yang berfoto di sini, apalagi dengan latar belakang tulisan “Tandon Ciater”. Foto-foto tersebut untuk keperluan pribadi atau lainnya. Tak heran jika ada yang berfoto bersama sang model. Lengkap dengan tata rias, pakaian, dan perlengkapan fotografi.

12. Seluncur es dan melukis

Saat ini terdapat skate park untuk skater di Tandon Ciater. Selain itu, anak-anak juga bisa melukis di sekitar taman bermain. Namun ada biaya sewa untuk melukis, seperti sewa alat dan cat air.

Fasilitas di Tandon Ciater

Fasilitas umum di kawasan Tandon Ciater cukup lengkap. Beberapa diantaranya adalah tempat sampah, musala, toilet, tempat parkir dan juga kantin. Selain itu juga terdapat taman yang dijadikan tempat perkemahan Pramuka. Untuk berbagai kegiatan seperti rapat dapat dilaksanakan di Anjungan atau Rumah Blandongan.

Lokasi Ciater Tandon

Danau buatan ini terletak di Jl. WIdya Kencana Ciater, Buaran, Serpong, Tanggerang Selatan. Tempatnya dapat dicapai melalui Jl. Haji Saran jika anda datang dari arah BSC City.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button