Tak Berkategori

Biaya Pulau Kalimantung, Akomodasi dan Daya Tarik Januari 2024

Pulau Kalimantung

  • Biaya masuk: 300.000 hingga 800.000 Rp
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Indonesia, 22618

Jika anda berwisata ke pusat kota Tapanuli, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisatanya Pulau Kalimantung. Salah satu tempat rekreasi yang menyuguhkan keindahan alam laut dan kepulauan. Pulau ini tenang dengan pantai berpasir putih dan laut biru. Surga wisata ini juga cocok untuk snorkeling melihat berbagai biota laut.

Pulau Kalimantung terletak di Kepulauan Mursala di Sumatera Utara. Tempat ini sangat direkomendasikan sebagai destinasi liburan keluarga. Lautnya juga cocok untuk anak-anak yang ingin berenang. Selain itu, terdapat kawasan laut dangkal yang aman bagi pengunjung yang masih anak-anak.

Biaya ke Pulau Kalimantung

Untuk mengunjungi Pulau Kalimantung, wisatawan perlu menyiapkan biaya sewa transportasi. Wisatawan dapat menggunakan jasa perjalanan terbuka. Sedangkan pemberangkatan berlangsung dari pantai Kota Sibolga. Berikut harga open travel Pulau Kalimantung.

Jenis tiket Harga
Biaya Perjalanan Menuju Pulau Kalimantung (mulai di Sibolga) Rp300.000
Biaya Perjalanan ke Pulau Kalimantung (mulai di Medan) Rp800.000

Harga Travel ke Pulau Kalimantung

Jam buka Pulau Kalimantung

Jam buka objek wisata ini tidak ditentukan secara spesifik. Artinya pulau ini bisa dikunjungi secara gratis sepanjang hari. Tersedia juga layanan open travel yang melayani wisatawan selama 24 jam sehari. Jadi pengunjung bisa masuk atau keluar pulau ini dengan bebas.

Objek wisata pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung dengan tebing karangnyaPulau Kalimantung dengan tebing karangnyaKeindahan kawasan pulau dengan tebing karangnya. Foto: Google Maps/Arief Rambe

Kawasannya terjaga kebersihannya sehingga Anda akan betah berlama-lama di pulau ini. Pengunjung bisa piknik, snorkeling, berenang atau bersantai. Berbagai paket wisata tersedia. Selain Pulau Kalimantung, Anda juga bisa berwisata ke Pulau Mursala. Karena di tepi laut terdapat tempat wisata seperti air terjun.

Baca: PULAU SAMOSIR: 4 Tempat Wisata Terbaik

Keindahan pulau itu

Pantai berpasir putih dan laut biru di sekitar pulauPantai berpasir putih dan laut biru di sekitar pulauPemandangan pantai berpasir putih yang mempesona. Foto: Google Maps/Si Syaputra

Pulau Kalimantung mempunyai keindahan khas pulau eksotik yang seolah belum terjamah manusia. Karena pulau ini tidak berpenghuni, keadaannya sangat sepi. Alamnya masih sangat asri dan belum ada polusi. Suasana di pulau ini juga cukup tenang sehingga cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai atau berlibur.

Pulau ini begitu mempesona dengan pasir putihnya yang lembut dan lembut. Di tengah pulau terdapat bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau. Jika melihat rekaman drone dari atas pulau, terlihat pepohonan sangat rimbun. Artinya, tidak terlalu panas meski pengunjung datang pada siang hari.

Piknik di pulau itu

Pengunjung bisa bersantai dengan piknik di pulau ini. Pengunjung bisa duduk-duduk di area miring di bawah pepohonan yang ada di pinggir pantai. Atau duduk-duduk di pasir putih pada sore hari saat matahari sudah tidak terik lagi. Anda juga bisa memanggang atau memanggang ikan dari kota.

Saran bagi pengunjung untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari kota. Pasalnya tidak ada pedagang yang berjualan di pulau tak berpenghuni ini. Oleh karena itu, wisatawan harus membawa perbekalan yang cukup.

Berenang di Pantai Kalimantung

Berenang di Pulau KalimantanBerenang di Pulau KalimantanBerenanglah di perairan laut jernih di sekitar pulau. Foto: Google Maps/Yuni Kartika

Air laut di pulau ini sangat jernih dan tampak biru. Pastinya akan membuat pengunjung ingin berenang di laut yang jernih. Berenang di pantai merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menyegarkan. Pengunjung juga bisa membawa jaket pelampung dan berbaring di atasnya.

Pantai-pantai di sekitar pulau ini aman bahkan bagi pengunjung yang masih anak-anak. Karena banyak daerah yang dangkal, anak-anak bisa berenang di sana dengan nyaman. Arus atau ombaknya juga tidak besar dan cenderung tenang.

Snorkeling di Pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung merupakan habitat berbagai jenis ikan hiasPulau Kalimantung merupakan habitat berbagai jenis ikan hiasPulau Kalimantung merupakan habitat berbagai jenis ikan hias. Foto: Google Maps/Ardo Tobing

Terletak di Samudera Hindia, pulau ini memiliki keindahan bahari yang tak terbantahkan. Jernihnya air laut membuat pengunjung dapat dengan mudah mengamati kehidupan bawah laut. Pemandangan bawah laut semakin jelas ketika pengunjung melakukan snorkeling. Biasanya paket open tour sudah termasuk peralatan snorkeling.

Ikan hiasnya bermacam-macam, bahkan konon ada ikan badut lucu (Nemo). Terumbu karang di dasar lautnya juga indah. Kegiatan snorkeling semakin sukses jika diabadikan melalui rekaman video atau foto bawah air. Fasilitas dokumentasi ini biasanya juga termasuk dalam fasilitas open travel

Kunjungi Air Terjun Pulau Mursala

Karena Pulau Kalimantung terletak bersebelahan dengan Pulau Mursala, maka pesona Mursala tidak boleh Anda lewatkan. Pengunjung bisa naik perahu sekitar 3 km dari Kalimantung. Ada air terjun yang indah di tepi laut. Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata utama di Pulau Mursala.

Larangan di Pulau Kalimantung

Ada papan larangan di Pulau Kalimantung. Pengunjung dilarang membawa pulang ikan hias dan memanjat pohon kelapa. Meletakkan tikar sendiri juga dilarang. Jika ketahuan melakukan hal tersebut, Anda akan dikenakan denda Rp 200.000 per pelanggaran.

Akomodasi di Pulau Kalimantung

Pulau ini merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni. Jadi tidak ada akomodasi di pulau itu. Atau di sekitar pulau seperti Pulau Musala. Kota terdekat dengan pulau ini adalah Sibolga. Jadi wisatawan yang ingin bermalam sebaiknya mencari penginapan di Sibolga.

Perabot

Terdapat gubuk-gubuk di kawasan pulau untuk bermalam dan beristirahat. Kekurangannya tidak ada toilet, sehingga wisatawan yang ingin mandi harus berkendara ke Pulau Poncan. Sebaiknya mampir dulu ke Pulau Poncan dalam perjalanan pulang untuk membilas badan

Lokasi Pulau Kalimantung

Wisata pulau ini berlangsung di Kecamatan Tapian Nauli I. Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Jarak Sibolga ke Pulau Kalimantung sekitar 30 kilometer.

Cara menuju Pulau Kalimantung

Ada dua cara untuk sampai ke pulau ini. Keduanya harus menggunakan transportasi laut, misal perahu cepat. Pertama Anda harus mendaki dari Pantai Sibolga perahu cepat dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam. Kemudian anda juga bisa berkendara melalui Pantai Pandan, namun perjalanan memakan waktu lebih lama, sekitar 3 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button