Berita Wisata

Big Tide Hits, ombak tinggi di Pantai Baakan Baru, Lunge Pier

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI – Ombak cukup besar melanda wilayah pesisir Kalimantan Selatan (Kalsel), termasuk Kabupaten Tanahlaut (Tala), pada Kamis (22/12/2022) sore.

Di pesisir Pantai Baakan Baru di Desa Baakan, Kecamatan Panyipatan, misalnya, gelombang air laut yang tinggi bahkan menerjang dermaga konstruksi kayu ulin setempat.

Video tersebut pun tersebar di media sosial dan menimbulkan kehebohan bagi masyarakat yang belum pernah melihat ombak besar. Namun orang Batakan tetap tenang karena terbiasa menghadapi ombak besar.

“Saat ini sedang musim pasang. Sore ini sekitar pukul 16.00 WITA, ombak muncul, cukup besar dan mencapai dermaga,” kata warga Baakan Ahmadi.

Baca Juga: Insiden Speedboat Relawan Haul Habib Basirih Banjarmasin Tenggelam, Diduga Diterjang Ombak

Baca Juga: Cuaca Tak menentu, Pos Pengamanan di Dermaga Pantai Baakan Baru yang Miring Ombak

Dia mengetahuinya karena setiap kali dia berada di pantai setempat. Sekadar diketahui, Ahmadi adalah salah satu pemilik penginapan di kawasan Pantai Baakan Baru dan juga menginap di sana.

Dikatakannya, gelombang besar berlangsung selama tiga jam atau hingga waktu Maghrib, setelah itu gelombang mulai mereda. “Malam ini teduh meski angin masih bertiup cukup kencang,” katanya.

Ia mengatakan, posisi dermaga tersebut memang berada di tempat yang rendah, sehingga setiap kali muncul gelombang selalu terekspos.

“Banyak juga yang menghubungi saya minta video ombak besar yang menerjang dermaga. Saya bilang biasa saja,” ujarnya.

Gelombang besar yang terjadi siang tadi, jelasnya, hanya sampai di pesisir pantai.

“Bahkan tidak sampai ke pantai di tengah pantai. Tapi tidak seberapa dibandingkan beberapa minggu yang lalu ketika ombak datang dan bahkan menyeberang jalan menuju asrama kami,” kata Ahmadi. .

Karena itu, pengunjung yang datang ke Pantai Baakan Lama sore ini masih biasa saja, masih menikmati panorama pantai setempat.

Ahmadi menambahkan, pasang surut biasanya berlangsung sekitar sepekan.

“Akhir Desember 2022 sudah normal kembali insya Allah,” tegasnya.

Baca Juga: Dermaga Pulau Datu Tanahlaut Rusak Diterjang Ombak Besar, Angin Hembuskan Atap Teras Kubah

Ia mencontohkan, wisatawan tidak perlu khawatir menyaksikan video yang memperlihatkan ombak menerjang dermaga. Pantai Baakan Baru tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi.

“Kalaupun ada ombak besar, tidak lama, paling lama dua sampai tiga jam,” pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button