Berita Wisata

Bilik Wisata Pantai Cemara Pancer Banyuwangi Mendapat Berkah

Banyuwangi

Warung-warung di sepanjang Pantai Pancer berkah. Pada 2022, sebanyak 15 kios menarik perhatian penambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Pada awal tahun 2023, PT Bumi Suksesindo (PT BSI) akan mengambil alih program Warung Wisata. Program Corporate Social Responsibility (CSR) atau yang saat ini disebut Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) antara lain menyasar UMKM di destinasi wisata Pantai Cemara, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Asisten program PPM lokal PT BSI, Anang Supriadi mengatakan, program Warung Wisata dimulai pada 2022. Sasarannya adalah para pelaku UMKM yang berada di bawah naungan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sekar Arum. Terutama yang berada di kawasan tujuan Pantai Cemara Pancer.

“PT BSI membantu warung UMKM menjadi lebih nyaman, sehingga menarik lebih banyak wisatawan untuk berbelanja,” katanya kepada wartawan, Kamis (1/12/2023).

Ia menjelaskan, penerima manfaat program Warung Wisata di lokasi wisata Pantai Cemara Pancer tahun 2022 sebanyak 15 orang. Di sini, kios-kios pedagang yang setiap hari melayani wisatawan semakin cantik. Asyiknya lagi, bangunan ruko dicat dengan warna-warna cerah.

Tak berhenti sampai di situ, melalui pendamping program PPM daerah, anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk ini juga terus mengajak para pelaku UMKM untuk terus berbenah dan berinovasi.

“Seperti yang kami lakukan hari ini, kami membahas rencana pembangunan warung dengan para pedagang,” jelas Anang.

Sebelumnya, pelaksana program Warung Wisata PT BSI, Sutopo, menjelaskan bahwa program tersebut disambut baik oleh pemangku kepentingan UMKM. Karena dengan tampilan warung yang lebih bagus dan cantik, otomatis membuat UMKM Class Up.

“Dulu hanya berjualan di bawah tenda atau payung sederhana. Sekarang sudah dibuatkan lapak lebih layak dan memadai. Jauh dari kumuh,” kata Ketua KUB Sekar Arum.

Menurutnya, program Warung Wisata PT BSI tidak hanya membawa keuntungan bagi pedagang kecil. Tapi juga memberikan berkah bagi masyarakat sekitar.

“Karena dalam proses pembangunan, warga sekitar dilibatkan. Mereka yang menganggur diajak masuk pasar tenaga kerja,” ujarnya.

Sugeng, salah satu penerima manfaat program Warung Wisata PT BSI mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada perusahaan. Menurutnya, kini tempat kerjanya lebih bersih dan indah. Alhasil, wisatawan merasa lebih nyaman saat berbelanja.

“Dulu kami hanya menjual atap pop-up. Sekarang kami sudah membuat lapak yang bagus. Semoga bisnis kami semakin berkembang dan tujuan perusahaan dapat tercapai,” ujarnya.

Program Warung Wisata sengaja dirintis oleh seorang pengusaha tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai bentuk kepedulian sekaligus upaya penguatan ekonomi masyarakat setempat. Sekaligus sebagai bukti dukungan PT BSI terhadap program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Terutama dalam promosi sektor pariwisata daerah.

Selain Pantai Cemara, ada juga 3 wisata pantai lainnya dengan panorama keindahan alam yang menawan. Meliputi Pantai Pulau Merah, Pantai Gumuk Kancil dan Pantai Mustika.

Keberadaan program Warung Wisata PT BSI tidak hanya mengangkat pelaku UMKM. Namun juga membawa angin segar bagi pertumbuhan bisnis dan perkembangan pedagang di kawasan tujuan wisata Pantai Cemara Pancer.

Simak videonya “Penjelasan Psikolog Lato-lato Bikin Anak Ketagihan”
[Gambas:Video 20detik]
(abq/lemak)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button