Berita Wisata

Bintan Sudah Terkenal Dengan Pantainya Yang Indah, Wisatawan Lokal Akan Rugi Jika Tidak Mengunjunginya – Lendoot.com

Pantai Lagoi, salah satu tempat wisata tepi laut di Kabupaten Bintan. (foto turis baru)

Bintan, Lendoot.com – Salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang terkenal dengan wisata pantainya adalah Kabupaten Bintan. Tidak hanya di mata wisatawan lokal dan nasional, tetapi juga di mata dunia internasional.

Ya, destinasi wisata di provinsi Kepulauan Riau khususnya di Kabupaten Bintan memang sangat terkenal dengan wisata alam pantainya.

Sebagai daerah yang lautnya berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, merupakan kawasan yang strategis bagi industri pariwisatanya.

Dari 2.408 pulau besar dan kecil, 30% belum diberi nama dan penduduk setempat tampaknya sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Setiap pulau memiliki pesona wisata tersendiri.

Kepulauan Riau didominasi oleh pulau-pulau seperti pulau Batam, Anambas, Karimun dan Bintan yang memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang indah dan mempesona. Salah satunya, Kabupaten Bintan.

Menurut situs resmi Badan Pariwisata Kepri, ada 8 tempat wisata populer di Bintan, mulai dari pantai, wisata pulau hingga desa wisata.

  1. Pantai Trikora

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Bintan dan telah lama menjadi icon wisata pantai unggulan yang banyak diminati oleh pengunjung baik domestik maupun mancanegara. Lokasi pantai ini dari Tanjung Pinang, ibu kota provinsi Kepulauan Riau, berjarak sekitar 45 kilometer atau satu jam perjalanan.

Pantai Trikora membentang di sisi timur Pulau Bintan dan diselimuti pasir putih berbutir halus. Bagian-bagiannya dihiasi hamparan bebatuan dengan berbagai bentuk dan bentuk. Berenang, menyelam, memancing dan berbagai olahraga pantai lainnya adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan orang saat berkunjung ke pantai ini.

2. Pulau Nicoi

Pulau Nikoi merupakan pulau seluas 15 hektar di lepas pantai timur Bintan yang menawarkan pemandangan indah. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih dan terumbu karang yang masih alami dan berwarna-warni.

Ada resor bintang lima yang siap memberikan layanan premium, dikelola oleh perusahaan swasta profesional. Hampir dipastikan sebagian besar pengunjung yang datang adalah wisatawan mancanegara, selebihnya adalah wisatawan domestik.

3. Pulau Mapur

Pemandangan bawah laut yang menawan di perairan sekitar Mapur, Kabupaten Bintan sudah lama menarik perhatian wisatawan.

terutama mereka yang suka menyelam.

Pulau ini memiliki luas 4.400 meter persegi dengan jumlah penduduk sekitar 267 KK. Sejak tahun 2006, pemerintah telah mengembangkan perairan Pulau Mapur sebagai kawasan “COREMAP”, yang berfokus pada penelitian terumbu karang.

4. Air Mancur Taman Kota Rusa

Air mancur buatan Pemkab Bintan ini merupakan salah satu terobosan untuk membuat kota Kijang semakin indah. Destinasi wisata ini diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Riau pada tahun 2019 lalu.

Dancing fountain menjadi lebih indah dan menarik dengan konsep dancing laser dan water screen. Air mancur ini beroperasi dua kali seminggu, Minggu malam dan Senin malam.

5. Desa Wisata Ekang Anculai

Kampung Wisata Ekang Anculai merupakan alternatif tempat rekreasi keluarga di Bintan.

Terletak ke arah Lagoi di Jl. West Cross. Fasilitas yang ditawarkan berupa kolam ikan dengan saung atau gazebo untuk bersantai dan memancing. Serta kolam renang untuk anak-anak dan dinikmati secara gratis.

Tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak pada hari kerja, sedangkan pada akhir pekan tiket masuk untuk dewasa adalah Rp 25.000 dan anak-anak mulai dari Rp 15.000. Tempat ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 6 sore.

6. Teluk Lagoi Bintan

Lagoi Bay merupakan tempat hiburan dengan berbagai fasilitas menarik seperti Lagoi Plaza, Pantai Lagoi, Danau Lagoi dan atraksi lainnya seperti Lagoi Bay Lantern Park dan Rumah Imaji.

Teluk Lagoi disebut sebagai “Jantung Pulau Bintan”. Kawasan ini menawarkan berbagai macam rasa makanan yang didistribusikan di banyak restoran untuk memuaskan selera pelanggan.

Anda bisa menemukan makanan lokal di sini, mulai dari rendang daging sapi dengan keju pisang goreng, atau bahkan seafood segar dan makanan mancanegara lainnya.

7. Laguna Kristal Laguna Kristal

Tujuan wisata ini adalah laguna rekreasi air laut murni yang canggih yang dirancang untuk mengakomodasi kegiatan seperti kayak, berlayar, berenang, dan snorkeling.

Laguna ini merupakan laguna air laut buatan terbesar di seluruh Asia Tenggara dengan luas 6,3 hektar.

8. Pulau yang menyengat

Pulau Penyengat atau Pulau Penyengat Inderasakti adalah sebuah pulau kecil yang tidak jauh dari kota Tanjungpinang, di kepulauan Riau, sekitar 2 km dari pusat kota.

Pulau ini memiliki panjang sekitar 2.000 meter dan lebar 850 meter. Pulau ini dapat dicapai dari kota Tanjungpinang dengan menggunakan perahu motor kecil atau lebih dikenal dengan pompong dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Di Pulau Penyengat terdapat berbagai peninggalan sejarah Kerajaan Melayu. Selain menjadi tempat lahirnya tata bahasa Melayu, Pulau Penyengat juga dinobatkan sebagai Kawasan Cagar Budaya Nasional oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (*/ms)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button