Tempat Wisata

Blang Tasik: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Banyak orang yang tidak percaya bahwa Kabupaten Gayo Lues memiliki beberapa tempat wisata yang belum bisa diakses. Dijuluki “Negeri Seribu Bukit”, kawasan ini ternyata menawarkan keindahan alam mempesona yang sangat layak untuk dikunjungi. Salah satunya Blang Tasik, hutan pinus dengan telaga kecil di dalamnya.

Blang Tasik belakangan semakin populer di kalangan wisatawan setelah keindahan tempat wisata ini diunggah di berbagai media sosial. Anak-anak muda pun jadi penasaran dan berbondong-bondong melihat keindahan hutan pinus tersebut. Tempat ini tidak hanya cocok untuk refreshing menjelang akhir pekan, namun juga menawarkan beberapa spot menarik bagi wisatawan pecinta fotografi.

Danau Blang

Secara geografis Blang Tasik terletak di Kecamatan Blang Jerango, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Untuk menuju tempat ini, wisatawan harus menempuh perjalanan setidaknya 16 kilometer atau sekitar 30 menit dari ibu kota Gayo Lues, Blang Kejeren.

Jarak menuju pusat kota cukup dekat dan wisatawan dapat menggunakan berbagai alternatif kendaraan. Namun perlu sedikit usaha karena meski jalan menuju Blang Tasik beraspal mulus, namun cukup berkelok-kelok dan penuh tanjakan yang ekstrim. Hal ini tidak mengherankan mengingat tempat wisata ini terletak di daerah perbukitan.

Pesona Blang Tasik

Deretan pohon pinus yang berjejer rapi dan padang rumput hijau luas seakan menyambut wisatawan sesampainya di lokasi Blang Tasik. Udara segar selalu menemani wisatawan dalam perjalanan liburan ke tempat ini. Terkadang kicauan burung yang merdu menjadi fenomena tersendiri menambah keindahan alam hutan pinus ini.

Di tempat ini wisatawan disuguhi pemandangan alam berupa hutan pinus yang masih terjaga kelestariannya. Pengunjung bisa menikmati keindahan hutan ini dengan duduk di atas rerumputan yang lembut. Cahaya matahari yang lemah menembus rimbunnya pepohonan pinus dan memastikan suasana di hutan pinus ini sangat sejuk dan terbebas dari panasnya sinar matahari.

Danau Blang

Berkunjung ke Blang Tasik, belum lengkap rasanya jika tidak nongkrong atau berbaring di hammock. Karena jarak antar pepohonan yang dekat, tempat ini sangat cocok untuk kegiatan tersebut. Kegiatan ini juga belakangan ini gencar dipopulerkan oleh komunitas pemuda dan pecinta alam setempat.

Pada tahun 2016, tepatnya di bulan Ramadhan, komunitas hammock mengadakan acara buka puasa. Selain itu, acara ini juga diiringi dengan musik akustik dan rangkaian acara yang bertemakan “Selamatkan Pohon Kita”. Hal ini juga sebagai upaya melestarikan dan menjaga hutan pinus Blang Tasik.

Terdapat pula telaga kecil di kawasan hutan pinus Blang Tasik yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk memancing, bersantai, dan berwisata perahu keliling telaga. Keberadaan telaga ini seakan melengkapi keindahan hutan pinus di Kabupaten Gayo Lues.

Wisatawan juga bisa bersantai di tepi danau sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi. Pemandangan sekitar pun tak kalah indahnya, wisatawan bisa mengagumi keindahan deretan pegunungan dan perbukitan yang sangat menawan. Hutan Pinus Blang Tasik memang menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk keluarga dan tempat yang cocok untuk refreshing menjelang akhir pekan.

Fasilitas Blang Tasik

Sayangnya, fasilitas umum yang tersedia bagi wisatawan di tempat ini belum memadai. Masih belum ada fasilitas umum seperti toilet umum atau musala bagi umat Islam. Jika ingin beribadah, wisatawan dapat menggunakan masjid dan musala yang ada di kawasan Blang Jerango.

Selain itu, wisatawan dapat memarkir kendaraannya di sekitar hutan pinus Blang Tasik yang cukup aman. Dipastikan wisatawan tidak akan menemukan satu pun warung yang menjual makanan atau minuman di hutan ini. Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya membawa perbekalan sendiri dari rumah.

Baca juga:

Jika ingin bermalam, wisatawan dapat memilih akomodasi dan hotel di pusat kota Blang Kejeran. Namun pengunjung juga diperbolehkan bermalam di hutan dengan mendirikan tenda. Berwisata ke Blang Tasik bisa menjadi pilihan menarik jika Anda sedang berada di Kabupaten Gayo Lues. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di hutan pinus ini.

Nikmati keindahan alam

Jika ingin berwisata ke lokasi lain, hutan pinus Blang Tasik bisa menjadi pilihan menarik. Anda akan disuguhkan keindahan hutan yang dipenuhi pepohonan pinus yang lebat. Di sini Anda bisa menikmati keindahan hutan sepuasnya sambil menghirup udara segar bebas polusi.

Selain itu, di Blang Tasik terdapat telaga buatan kecil yang bisa Anda nikmati dengan naik perahu. Jika Anda suka memancing, Anda juga bisa mencari ikan di danau ini. Pemandangannya tidak hanya berupa deretan pohon pinus saja, namun dari kejauhan Anda juga disuguhkan deretan pegunungan dan perbukitan yang indah. Tempat yang sempurna bagi Anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari kehidupan sehari-hari.

Tempat tidur gantung

Kegiatan ini semakin populer di Hutan Pinus Blang Tasik setelah komunitas hammock mengadakan acara pada tahun 2016. Anda juga bisa bersantai dan tidur di antara pepohonan pinus. Tempat ini sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Sayangnya pihak pengelola masih memberikan fasilitas yang minim sehingga Anda harus membawa hammock sendiri karena belum tersedia persewaan hammock di sini. Tentunya bersantai di hammock di tengah hutan pinus yang masih lestari dan alami akan menjadi pengalaman menarik.

Perburuan Foto

Blang Tasik juga menjadi tujuan para pecinta fotografi karena tempat ini menawarkan panorama yang menakjubkan. Ada berbagai tempat menarik yang bisa Anda foto dengan kamera, seperti deretan pohon pinus, gunung, dan danau kecil di dalam hutan.

Selain itu, Anda juga bisa berburu foto selfie bersama teman dan kerabat dekat di hutan pinus ini. Blang Tasik juga bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk foto prewedding. Jika Anda memiliki drone, Anda dapat memotret objek dari sudut yang lebih sempurna.

berkemah

Jika ingin merasakan sensasi berbeda dengan berwisata selaras dengan alam, Anda bisa melakukan aktivitas berkemah di hutan pinus Blang Tasik. Anda bisa mendirikan tenda di halaman rumput yang luas, namun harus membawa tenda sendiri karena tidak ada persewaan tenda di sini.

Berkemah di hutan pinus Blang Tasik memungkinkan Anda menikmati sejuknya malam bersama teman dan orang terdekat. Berada di hutan pada malam hari dan membuat api unggun tentunya akan menciptakan suasana kebersamaan. Pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan seumur hidup.

Baca juga:

Jam buka dan biaya masuk Blang Tasik

Karena jam bukanya, Anda bisa menikmati tempat wisata ini dari pagi hingga sore hari. Kemudian saat ini belum ada informasi konkrit mengenai biaya atau HTM.

Tips berwisata di Blang Tasik

  • • Hati-hati saat berkendara memasuki hutan pinus karena jalanan menanjak dan berkelok-kelok.
  • •Sebaiknya membawa perbekalan sendiri dari rumah karena tidak ada penjual makanan dan minuman di hutan.
  • •Menjaga kebersihan hutan pinus Blang Tasik dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • •Memperhatikan keberlanjutan dan tidak merusak apapun yang ada di dalamnya.

Galeri Foto Blang Tasik

Blang Tasik di Aceh

Spot foto di antara pepohonan pinus
Potret telaga kecil di Blang Tasik
Potret seekor kerbau di tepi danau
Foto prewedding di Blang Tasik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button