Berita Wisata

Blue Lagoon, air terjun tersembunyi di dasar lembah sedalam 300 meter

Buleleng

Air terjun Puncak Sari atau lebih dikenal dengan sebutan laguna biru menjadi salah satu tujuan wisata alam di Buleleng, Bali. laguna biru termasuk air terjun tersembunyi di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Lokasinya berada di dasar lembah sedalam sekitar 300 meter. Tempatnya masih alami, bersih dan belum banyak dijamah pengunjung.

Untuk menuju air terjun ini, traveler harus berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit menuruni ratusan anak tangga. Meski melelahkan, percayalah lelahmu akan terbayar dengan keindahan tempat ini.

Air terjun berukuran kecil yang mengalir di antara tebing tinggi, ditumbuhi tumbuhan hijau dan air jernih kebiruan menjadikan tempat ini indah dan menawan. Wisatawan bisa langsung merasakan sejuknya air sambil berenang di kolam alami di bawah air terjun mini.

Di sini juga terdapat gazebo untuk tempat istirahat. Ada juga toilet atau ruang ganti yang bisa digunakan pengunjung.

Buka selama 20 tahun

Air Terjun Blue Lagoon, Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, Sabtu (14/1/2023).  (Dibuat oleh Wijaya Kusuma)Air Terjun Blue Lagoon, Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, Sabtu (14/1/2023). (Dibuat oleh Wijaya Kusuma) Foto: Air Terjun Blue Lagoon, Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, Sabtu (14/01/2023). (Dibuat oleh Wijaya Kusuma)

direktur tur laguna biru Totok (46) mengatakan tempat itu pertama kali dibuka untuk wisatawan sekitar 20 tahun lalu. Sebelumnya, warga tidak pernah berani mengunjungi tempat tersebut, karena terkesan angker.

Namun, setelah disulap menjadi tempat wisata, kawasan tersebut kini ramai dikunjungi wisatawan, baik mancanegara maupun lokal.

“Dulu tidak ada yang berani ke sini, karena dikenal angker. Tidak ada yang pernah menimba air di sini, karena takut. Tapi setelah upacara, mereka menerima sesajen lalu dijadikan tempat wisata, banyak yang datang ke sini, kata Totok saat ditemui detikBaliSabtu (14/1/2023).

Totok menjelaskan namanya laguna biru tak lain karena warna air di sana biru langit. Sebelumnya, tempat itu telah diberi nama Taman Rahasia atau taman tersembunyi tapi karena dulu dan populer di desa Sambangan, maka diganti namanya menjadi Blue Lagoon.

Akses ke Laguna Biru

Ketahui wilayahnya laguna biru Dapat diakses dari dua jalan, yaitu Jalan Desa Ambengan dan Jalan Desa Sambangan. Namun akses lebih mudah dilalui dari jalan raya dari desa Ambengan.

Tiket masuk

Tiket masuk ke laguna biru dikenakan biaya Rp 25.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk wisatawan lokal dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Dengan harga tiket tersebut, wisatawan sudah bisa menikmati panorama kawasan yang megah laguna biru dan 4 objek wisata air terjun lainnya. Yaitu Cascade

Aling-aling, Air Terjun Kroya, Air Terjun Kembar dan Air Terjun Tembak.

Tingkat menyelam-lompat

Sedangkan untuk menikmati aktivitas seperti diving dan jumping in laguna biruwisatawan harus membayar biaya tambahan untuk jasa guide sebesar Rp 100.000 untuk wisatawan mancanegara dan Rp 50.000 untuk wisatawan lokal.

“Itu kalau mau mencoba aktivitas di laguna biru Tentu saja kalau yang lain sama saja, untuk bule harganya Rp 200.000, sedangkan untuk lokal Rp 125.000. Hal ini untuk menjaga keselamatan wisatawan karena berbahaya jika tidak didampingi, karena cuaca di sini sulit. diprediksikan,” tutupnya.

Simak Video “Pesona Air Terjun Madakaripura, Tempat Semedi Gajah Mada”
[Gambas:Video 20detik]
(atau/gsp)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button