Tempat Wisata

Blue Lagoon Jogja, keajaiban wisata alam eksotis yang memanjakan mata

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Yogyakarta memiliki beragam wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Terkenal sebagai kota pendidikan, Yogyakarta menawarkan berbagai objek wisata menarik dengan harga terjangkau bagi pelajar. Oleh karena itu, Sleman juga menjadi pilihan yang tepat bagi para traveller yang ingin berwisata hemat, misalnya Blue Lagoon Jogja.

Salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer, seperti namanya, menawarkan kolam renang dengan warna pirus yang indah. Destinasi wisata alam ini mulai terkenal sejak ditemukan warga sekitar pada tahun 2014.

Jangan khawatir dengan sumber airnya, Blue Lagoon memiliki sumber air alami yang langsung keluar dari dalam tanah. Berikut beberapa informasi penting bagi anda yang ingin mengetahui tentang tempat wisata alam di Jogja yang menarik ini.

Atraksi Blue Lagoon

Atraksi Laguna BiruKredit foto: Instagram Shanti Saptaning

Ada beberapa atraksi yang bisa anda temukan di objek wisata alam ini dibandingkan dengan mandi di waktu biasa antara lain:

1. Warna air yang indah

Air sungai di sungai ini sangat indah, berwarna hijau kebiruan, tidak seperti air sungai biasa yang jernih. Banyak yang membandingkan warna air di sungai ini dengan warna air Blue Lagoon di Islandia, sehingga menjadi magnet bagi warga sekitar.

Selain bermain air, Anda juga bisa mandi di tiga mata air berbeda di sini. Ketiga sumber tersebut adalah sumber wadon, sumber air musim semi jelas kluwih dan yang terakhir adalah anak laki-laki musim semi. ke sendan wadonbulunya bisa digunakan untuk pria maupun wanita.

sementara untuk musim semi jelas kluwih atau anak laki-laki musim semi biasanya diperuntukkan bagi pengunjung pria saja. Air sungai di Blue Lagoon Jogja tidak mengalami kekeringan meski di musim kemarau, yang menambah pesona tersendiri.

2. Tersedia seluncuran air

Ada beberapa seluncuran air yang bisa Anda temukan di tempat wisata ini, namun pastikan Anda tidak datang di musim hujan karena air bisa menjadi keruh.

Salah satu wahana bermain di tempat wisata ini adalah air terjun mini. Air terjun ini bisa digunakan untuk bermain perosotan bagi wisatawan yang berkunjung. Air terjun mini tidak hanya bisa digunakan sebagai taman bermain air, tetapi juga sebagai tempat relaksasi bagi tubuh yang lelah.

Pancurannya sendiri tingginya sekitar 2 meter dan berada di sekitarnya anak laki-laki musim semi. Dari Blue Lagoon utama, Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa menit dan Anda bisa langsung menikmati air terjun mini.

Objek wisata yang dimiliki oleh Blue LagoonKredit foto: Instagram Roberto Elordes Diauntung Tadung

3. Pemandangan alam yang indah

Di tempat wisata ini, daya tarik utama selain bermain air adalah pemandangan alam yang indah. Anda bisa melihat hutan bambu yang mengapit sungai dengan air jernih khas suasana pedesaan.

Pengelolaan di tempat wisata ini juga cukup baik, Anda bisa duduk-duduk di pendopo dan balai-balai yang disediakan oleh masyarakat setempat. Pemandangan wisatawan yang bermain air dan gemericik air bisa menjadi penawar bagi Anda yang bosan dengan suasana kota.

Tempat ini juga bisa dinikmati dengan cara lain yaitu sebagai tempat bersantai dan menikmati udara segar khas pedesaan Jogja. Akses yang mudah menuju tempat wisata juga menjadi salah satu keunggulan tempat wisata alam ini.

4. Dekat dengan berbagai tempat wisata

Saat Anda mengunjungi Blue Lagoon, Anda juga bisa berwisata ke tempat wisata lainnya. Beberapa di antaranya adalah Candi Ijo yang letaknya tidak jauh dari tempat wisata alam ini.

Selain Candi Ijo, kamu juga bisa bermain di Tebing Breksi yang merupakan tempat wisata baru di Jogja. Di tebing Breksi Anda bisa melihat tambang batu eksotis yang indah dan pemandangan alam dari ketinggian yang indah.

Jika Anda mengunjungi Blue Lagoon sendirian, Anda sudah bisa mengunjungi dua wisata lain yang letaknya berdekatan. Jadi jika anda memiliki bujet, anda tetap bisa bermain dan menikmati suasana khas Yogyakarta.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Laguna BiruKredit foto: Instagram Dhe Dhaa

Lokasi tempat wisata ini berada di kawasan Sawah, Wedomartani, di Ngemplak, Sleman. Aksesnya mudah dan Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke tempat wisata Blue Lagoon.

Jika Anda datang dari ibu kota Yogyakarta, Anda hanya membutuhkan waktu 45 menit dengan kendaraan roda dua untuk sampai ke lokasi. Anda bisa menuju ke lokasi dengan mengikuti panduan di bawah ini.

  • Dari Kilometer Nol, Anda bisa berjalan menuju Jln Mayor Suryotomo lalu belok kiri ke Jalan Mataram.
  • Dari Jalan Mataram, cukup ikuti jalan menuju Jalan Mas Suharto Jambu lalu belok kiri.
  • Setelah belok kiri, Anda akan sampai di Jalan Tukangan. Lurus terus hingga sampai di Jalan Yos Sudarso.
  • Begitu sudah memasuki Jalan Yos Sudarso, tinggal mencari perempatan dan belok kanan menuju Jalan Faridan Siswaan Noto untuk masuk ke kawasan wisata.
  • Dari sana, belok kiri ke Jalan Suroto dan lewati Gramedia Sudirman.
  • Anda berkendara ke Jln Cik Dik Tiro dan Anda akan menemukan bundaran UGM ketika Anda langsung menuju Jalan Kaliurang.
  • Dari jalan ini, pergi ke Jln Besi Jangkang dan kemudian ke Jalan Raya Kemasa. Ikuti jalan sampai Anda menemukan Blue Lagoon Tourist Cross.

Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi peta untuk mempermudah perjalanan.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk ke Blue LagoonKredit Foto: Info Wisata Instagram Sleman Paling Keren

Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu membayar 10.000 rupiah untuk sekali masuk. Dengan tiket masuk anda bisa menikmati pemandangan alam serta pemandian yang ada, anda juga bisa berenang sesuka hati.

Selain tiket masuk, Anda juga harus memikirkan biaya parkir. Untuk parkir motor harganya hanya 2.000 rupiah. Anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah untuk parkir. Ada juga persewaan alat renang di Blue Lagoon Jogja yang bisa Anda sewa.

Aktivitas menarik di Blue Lagoon

Aktivitas Menarik Blue LagoonKredit foto: Instagram Mingfadz

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini, antara lain:

1. Fitur air

Anda bisa bermain air dengan berenang di Blue Lagoon atau musim semi tersedia di sana. Airnya adalah air murni tanpa campuran bahan kimia berbahaya, sehingga aman untuk tubuh.

Ada beberapa seluncuran air yang bisa Anda kunjungi seperti air terjun mini dan bendungan. Anda yang ingin mencoba surfing bisa datang ke bagian causeway dan menyewa peralatan.

2. Santai dan santap kuliner

Jika tidak ingin berenang, Anda juga bisa bersantai di gazebo yang disediakan. Di tempat wisata ini, Anda juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner yang dijual oleh masyarakat setempat. Kulinernya tentu memiliki cita rasa khas Jogja yang kental.

Untuk mendapatkan makanan atau minuman yang ditawarkan, Anda bisa datang langsung ke stand makanan yang menjualnya. Ada beberapa paviliun tempat Anda bisa bersantai dan menikmati makanan sambil menghirup udara segar.

3. Lakukan lompat tebing

Ada tempat di sekitar Blue Lagoon, Jogja lompat tebing Ini cukup tinggi dan biasanya digunakan oleh anak-anak muda setempat untuk bermain sambil memamerkan keterampilan berenang mereka. Anda juga bisa mencobanya langsung, asalkan Anda tahu cara berenang dengan baik.

lompat tebing adalah kegiatan melompat dari ketinggian, sering kali dari batu yang menonjol ke bagian dalam sungai, dan kemudian jatuh ke dalam air. Tentunya kegiatan ini menguji adrenalin para wisatawan.

4. Perjalanan dengan kapal

Aktivitas menarik di Blue LagoonKredit foto: Instagram Samuel Rachmat Subekti

Selanjutnya adalah boat ride yang merupakan atraksi permainan baru yang dimiliki oleh atraksi ini. Anda naik perahu kecil dan dengan cepat diajak melewati kawasan wisata.

Untuk perjalanan dengan perahu Anda hanya perlu membayar biaya sebesar 30.000 rupiah untuk satu orang. Tentunya Anda harus mencoba atraksi permainan ini untuk melihat lebih langsung betapa indahnya Blue Lagoon dari atas kapal.

5. Ambil selfie

Tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto selfie saat berkunjung ke tempat wisata alam Sleman ini. Ada beberapa spot selfie yang disiapkan untuk wisatawan, yang semuanya aman dan bebas digunakan.

Tentu saja Anda mendapatkan foto yang menarik, karena tempat-tempat yang disediakan, seperti selfie, menekankan hubungan antara manusia dan alam. Bahan yang digunakan untuk tempat wisata ini adalah bambu dan kayu dengan penutup jerami.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Blue LagoonKredit foto: Instagram mengajar JOGJA

Jika Anda akan mengunjungi Blue Lagoon, jangan khawatir karena sudah ada fasilitas wisata yang cukup lengkap, antara lain:

1. Tempat parkir luas

Jika Anda datang dalam kelompok besar, Anda bisa mendapatkan tempat parkir yang cukup luas. Tempat parkir yang luas ini juga aman karena dijaga oleh penjaga taman dari masyarakat setempat. Anda dapat dengan aman memarkir mobil atau sepeda motor Anda di sana.

kamar mandi ke-2

Kamar mandi merupakan hal yang lumrah di tempat wisata, anda juga bisa menggunakannya saat berkunjung ke tempat wisata ini. Kamar mandi yang tersedia cukup banyak dan bisa digunakan oleh semua pengunjung.

3. Ruang ganti

Jika pakaian yang Anda kenakan basah dan Anda ingin berganti pakaian, Anda bisa pergi ke ruang ganti. Ruang ganti yang ada dipisahkan berdasarkan jenis kelamin sehingga tidak terjadi pencampuran antara perempuan dan laki-laki.

4. Masjid

Bagi umat Islam, kawasan wisata ini juga menawarkan mushola untuk beribadah. Anda juga bisa menggunakan masjid ini sebagai tempat istirahat setelah selesai sholat.

Demikian berbagai informasi menarik tentang Blue Lagoon Jogja, bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta jangan ragu untuk mampir dan menikmati keindahan tempat wisata alam yang indah ini. Cukup dengan bujet yang terjangkau, sudah menikmati keindahan wisata alam alam khas bentang alamnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button