Berita Wisata

BMKG mengungkapkan, fenomena ikan terdampar di Jakarta Utara bukan pertanda gempa

Jakarta, CNNIIndonesia

Fenomena banyak terdampar ikan kota kecil di pesisir Pantai Mutiara, Jakarta Utara, bukanlah pertanda akan terjadinya hal tersebut gempa bumi.

Rabu (30/11), media sosial diramaikan dengan video penampakan kawanan ikan kecil yang terdampar di tepi Pantai Onrust, Kepulauan Seribu dan Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Banyak penduduk setempat membagikan video tentang fenomena alam ini. Beberapa warga mengambil ikan yang muncul ke permukaan dan membawanya pulang dengan menggunakan ember.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Kepala Pusat Meteorologi Laut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo mengungkapkan, fenomena tersebut bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Pertama, faktor angin dan arus laut.

“Banyak faktor antara lain kesuburan perairan, angin, dan arus laut. Tidak ada hubungannya dengan gempa ya,” ujarnya seperti dikutip dari Di antaraRabu (30/11).

Tak kasat mata, lanjutnya, angin laut mendorong ikan-ikan kecil itu mengikuti arus hingga hanyut ke darat.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak panik karena fenomena ini juga bisa terjadi pada ikan yang lebih besar seperti paus atau lumba-lumba.

Memang tidak menutup kemungkinan angin yang membawa ikan-ikan kecil tersebut menarik perhatian ikan yang lebih besar sehingga mereka mencari makanan sesuai dengan rantai makanannya.

“Otomatis ikan kecil juga akan diikuti oleh ikan besar sebagai rantai makanannya,” ujarnya.

Kedua, Eko membuka kemungkinan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan ikan kecil mengikuti angin ke pantai, mendorong ikan untuk mendekatinya.

Ketiga, kata dia, kandungan klorofil-a yang menjadi salah satu faktor kesuburan laut.

Namun, Eko mengatakan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mengapa ikan-ikan kecil itu terdampar di pantai.

“Sisanya sementara ya, tapi perlu penelitian lebih lanjut,” katanya.

Menurut Eko, terdamparnya ikan-ikan kecil ini bisa dibilang fenomena langka akibat anomali oseanografi. Namun, hal itu bisa menjadi keuntungan bagi warga karena mereka bisa memanen ikan tanpa menggunakan jaring di laut.

(masuk/keluar)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button