Berita Wisata

BMKG Peringatkan Rob Waspada Banjir di Pesisir Jawa Barat

SUKABUMIUPDATE.com – Penduduk pesisir Jawa Barat terancam banjir rob yang mungkin terjadi akibat fenomena bulan super baru atau fase bulan baru. Dengan adanya potensi ancaman banjir rob, BMKG mengimbau warga tetap waspada.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan waspada mengantisipasi dampak pasang surut air laut yang dapat menyebabkan banjir rob dan memperhatikan update informasi cuaca laut dari BMKG,” kata Kepala Pusat Meteorologi Laut Eko Prasetyo, dikutip oleh Antara Jabar. melalui Suara.com pada 17 Januari 2023.

Terkait fenomena super new moon, kata Eko Prasetyo bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) pada 21 Januari 2023. Fenomena ini, kata dia, “berpotensi ‘meningkatkan ketinggian maksimal laut’. air pasang.”

Baca Juga: Bulan Purnama 6 Januari, BMKG Peringatkan Potensi Banjir Rob di Wilayah Pesisir

Eko mengatakan, berdasarkan pantauan data tinggi muka air dan prakiraan pasang surut, banjir rob dapat terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, antara lain pesisir Aceh, pesisir Sumut, pesisir Sumbar, pesisir Lampung, pesisir Kepulauan Riau, pesisir Bangka Belitung, pesisir DKI. Pesisir Utara Jakarta.

Kondisi serupa juga dapat terjadi di pesisir Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Utara, dan dari Papua Selatan.

“Potensi banjir rob bervariasi menurut waktu dan waktunya di setiap daerah, umumnya berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir,” kata Eko.

Sumber: Suara.com

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button