Berita Wisata

BMKG terbitkan peringatan banjir pesisir di Sulawesi Selatan

MAKASSAR, KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini banjir rob di pesisir pantai Sulawesi Selatan (Sulsel).

Koordinator Observasi dan Informasi Teorologi Maritim Makassar, Mujahidin dalam keterangan resminya, Kamis (22/12/2022) mengatakan, peringatan dini banjir rob akan dimulai besok (23/12/2022), hingga 25 Desember 2022.

Baca juga: Saat posisi Bulan Baru menyebabkan banjir mengancam kawasan pesisir Jakarta hingga 27 Desember

Mujahidin menjelaskan, banjir rob dapat terjadi akibat aktivitas pasang surut yang maksimal disertai kondisi gelombang tinggi yang dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara (1000 hPa).

Genangan air pasang dapat terjadi di pesisir pantai Pinrang, Maros, kepulauan Pangkajene, Barru, Takalar, Kota Makassar dan Kotamadya Parepare.

“Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di kawasan pesisir, serta tambak garam dan perikanan darat”, ungkapnya.

Mujahidin mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan waspada mengantisipasi dampak pasang maksimum yang disertai gelombang tinggi serta mencermati update informasi cuaca laut dari BMKG.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar juga telah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di Sulawesi Selatan pada 23-25 ​​Desember 2022.

Baca Juga: Banjir Rob yang Tenggelamkan 2 RT di Marunda, Kini Terserah

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button