Berita Wisata

BMKG: Waspada dampak hujan dan angin kencang di Bali hingga 30 Januari

potensi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir di sebagian besar wilayah Bali

Denpasar (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengimbau warga waspada dan berhati-hati terhadap dampak hujan serta petir dan angin kencang yang diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah mulai dari Bali pada 28-30 Januari 2023. .

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho, dalam keterangan tertulis di Denpasar, Bali, Sabtu, mengatakan dampak yang berpotensi terjadi akibat kondisi cuaca ekstrem antara lain banjir, tanah longsor, pohon tumbang, angin kencang. , halilintar/petir.

Prakiraan cuaca 3 hari ke depan, cuaca secara umum berpotensi hujan ringan hingga hujan lebat yang dapat disertai petir di sebagian besar wilayah Bali, kata Cahyo Nugroho dalam informasi prakiraan cuaca yang sama.

Ia mengatakan, BMKG juga memprediksi selama 3 hari ke depan angin akan bertiup dari barat hingga barat laut dengan kecepatan 4 hingga 36 kilometer per jam.

Adapun kondisi cuaca di Bali pada Sabtu, BMKG melaporkan situasi yang sama, angin bertiup dari barat hingga barat laut dengan kecepatan 4 hingga 36 km/jam.

Baca juga: BMKG Peringatkan Potensi Angin Kencang di Bali Hingga 25 Januari

Baca juga: BMKG: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Bali

Sedangkan suhu udara antara 22 hingga 30 derajat Celcius dengan kelembapan 75 hingga 98%.

Tak hanya peringatan dini hujan dan angin kencang, BMKG juga mengimbau warga mewaspadai ketinggian gelombang hingga 2 meter atau lebih di beberapa wilayah perairan Bali pada 28-30 Januari.

Ketinggian gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0,25 hingga 1,25 meter, di perairan selatan Bali 1 hingga 2,5 meter, di Selat Bali 0,5 hingga 2 meter dan di Selat Lombok 0,5 hingga 2 meter. ,” kata Cahyo Nugroho. membawa prediksi BMKG.

Untuk ketinggian gelombang di Bali pada Sabtu, BMKG melaporkan ketinggian di perairan utara Bali berkisar antara 0,25 hingga 1,25 meter, di perairan selatan Bali 0,75 hingga 2 meter, di selat Bali 0,5 hingga 2,5 meter dan di Lombok. Selat 0,5–2,5 meter.

Selain prakiraan cuaca secara umum, BMKG juga melakukan prakiraan cuaca beberapa tempat wisata di Bali pada 29-30 Januari.

Cuaca umum Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, Sanur seharusnya hujan ringan terutama pada pagi hari (08:00-14:00 WITA) dan malam hari (20:00-21:00 WITA). Selama ini, ketinggian gelombang laut di lokasi wisata diperkirakan antara 0,25 hingga 1,5 meter.

Di destinasi wisata lainnya, BMKG memprediksi pada 29-30 Januari hujan ringan akan turun di Ubud, Bedugul dan Kintamani terutama pada siang hari, sedangkan di Besakih hujan diperkirakan disertai petir juga pada siang hari.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini angin kencang di Bali hingga 15 Januari

Baca juga: BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Laut Tinggi di Bali Hingga 13 Januari

Pemberita: Genta Tenri Mawangi
Penerbit: Agus Salim
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button