Berita Wisata

BMKG: Waspadai potensi gelombang tinggi hingga tiga meter di pantai barat Aceh

Meulaboh (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat nelayan dan pelaku aktivitas kelautan di pesisir barat daya Aceh untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi yang mungkin terjadi mulai dari 2,5 meter hingga 3 meter.

“Potensi gelombang tinggi karena siklus Darian tropis di barat daya Bengkulu,” kata Stasiun Prediktor BMKG Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya Almira Aprilianti, Selasa.

Ia menjelaskan, akibat siklus Darian tropis, hembusan angin di sekitar Sumbar juga kencang dan berpengaruh pada gelombang laut serta menimbulkan gelombang tinggi.

Mira mengatakan, pihaknya meyakini fenomena gelombang tinggi di pesisir barat daya Aceh akan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan, dengan potensi tinggi gelombang hingga tiga meter.

Karena adanya fenomena gelombang tinggi, BMKG selalu mengeluarkan peringatan dini peringatan gelombang tinggi bagi nelayan dan pengguna kegiatan navigasi.

“Selain potensi gelombang tinggi, diperkirakan kecepatan angin di perairan Aceh Barat bisa mencapai 10 hingga 15 knot,” tambah Almira.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat khususnya nelayan dan dinas kelautan untuk selalu mewaspadai gelombang tinggi di perairan Aceh Barat dalam beberapa hari mendatang.

Selain berdampak pada aktivitas nelayan mencari ikan di laut, juga berdampak pada aktivitas kapal penumpang, ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button