Berita Wisata

Bosan traveling yang itu-itu saja? Datang dan coba Paket Desa Wisata

IPOL.ID – Pergi ke pusat perbelanjaan, tempat rekreasi modern, atau tempat wisata alam adalah hal yang biasa. Jika Anda bosanbepergian ke desa wisata jadi pilihan yang tepat. sembuh di desa wisata, Anda bisa mendapatkan banyak bonus. Mulai dari sentuhan kearifan lokal, keunikan budaya, jauh dari hiruk pikuk kota, pemandangan alam yang memukau, hingga pengalaman berinteraksi dan beraktivitas bersama masyarakat setempat.

Potensi pemasaran paket destinasi desa wisata ini sudah direbut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dan agen perjalanan online (OTA). Ada 100 desa wisata terbaik pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dan 2022.

“Melalui ADWI dan kurasi ekstensif, kami telah memilih yang terbaik untuk Paket Wisata Desa. Selain itu, kami ingin mempromosikan dan menjual paket ini kepada wisatawan sehingga mereka memiliki pilihan tujuan liburan baru,” kata Wakil Menteri Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini pada peluncuran “Program Beti Dewi” baru-baru ini di Jakarta.

Beti Dewi sendiri mewakili program Beli Wisata Desa Kreatif (Beti Dewi). Dalam program ini Kemenparekaf/Baparekraf bekerja sama dengan OTA Mister Aladin yang menyiapkan channel khusus penjualan paket wisata menarik untuk desa. “Target tahun ini adalah 100 paket wisata yang mana paket-paket tersebut diambil dari 100 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI),” kata Ni Made seraya menambahkan bahwa paket-paket tersebut merupakan hasil konservasi terbaik Pariwisata. Pengelola desa mempertemukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di desanya masing-masing.

buluh berduriDesa wisata pilihan ADWI tahun 2022 adalah Desa Wisata Buluh Duri di Serdang Bedagai. Gambar: youtube

Untuk saat ini Kemenparekraf hanya bekerja sama dengan Monsieur Aladdin namun kedepannya juga akan diperluas dengan pihak lain. Khususnya dengan memperbanyak pilihan paket wisata dimana pada tahun 2023 akan disiapkan 500 paket wisata desa dan 1.000 paket wisata desa pada tahun 2024.

Director of Operations Bapak Aladdin Nitha Sudewo mengatakan pihaknya sangat senang dapat mendukung program Beti Dewi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa wisata. Khusus menyambut libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, mereka memberikan promo spesial.

“Untuk mengakomodir hari raya Nataru, kami memberikan diskon 25% khusus produk desa wisata. Promo ini berlangsung selama satu bulan hingga bulan depan,” ujar Nitha Sudewo.

Melalui paket tersebut, masyarakat dapat memiliki pilihan liburan lainnya seperti menginap di homestay, berkemah, memerah susu kerbau, belajar memainkan alat musik tradisional, menjelajah alam dan masih banyak lagi sambil berinteraksi dengan penduduk lokal di desa wisata. Ia pun mengajak para pengelola desa wisata untuk ikut serta memasukkan paket wisatanya ke dalam program ini.

“Selama dua minggu ini banyak teman desa wisata yang sangat kooperatif memasukkan produknya di platform Mister Aladdin, dengan fitur khusus desa wisata,” kata Nitha.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap Beti Dewi yang merupakan program lanjutan dari ADWI mampu meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke desa-desa sehingga mereka dapat terus mendorong pemulihan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Pengembangan desa wisata menjadi lokomotif untuk menjaga dinamika pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Semoga program ini semakin mendongkrak kunjungan wisatawan ke desa wisata,” kata Menparekraf Sandiaga dalam siaran persnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur; Pengelola desa wisata Kampung Budaya Betawi, Imron; serta sejumlah pejabat Tingkat I dan Tingkat II dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berpartisipasi secara daring dan luring. (adalah)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button