Tempat Wisata

Broken Beach, pantai indah yang dikelilingi tebing eksotis di Nusa Peninda

Broken Beach, pantai indah yang dikelilingi tebing eksotis di Nusa Peninda
harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Taksi Klungkung, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Broken Beach atau Pasih Uug Nusa Peninda adalah pantai yang dikelilingi tebing berlubang akibat abrasi pantai selama berabad-abad. Apa daya tariknya?

Penduduk setempat mengenal Broken Beach sebagai Pasih Uug. Pantai ini dikelilingi tebing tinggi yang mencapai 200 meter. Pantai yang mempesona ini tampak tertutup dan menjorok ke laut.

Tebing yang mengelilingi “pantai rusak” ini merupakan hasil abrasi laut ratusan tahun yang lalu. Pada akhirnya, sebuah lubang gua besar terbentuk secara alami di tengahnya. Pasih Uug atau Broken Beach rupanya sudah sampai ke telinga wisatawan mancanegara.

Para pengunjung asinglah yang memberi nama Broken Beach Klungkung pada pantai unik ini. Memang keindahannya layak mengundang wisatawan dari berbagai daerah. Atraksi apa lagi yang dimiliki pantai ini?

Daya tarik yang dimiliki Broken Beach

Alamat Broken BeachSumber Gambar: Google Maps Blue Helper

Meski dinamai dengan kata ‘rusak’, pesona pantai ini memanjakan mata para pendatang. Dikelilingi oleh tebing, air lautnya tidak tampak “rusak”, melainkan memiliki warna kebiruan yang jernih, memungkinkan pengunjung untuk melihat biota yang hidup di dasar laut.

1. Padang rumput yang luas

Daerah perbukitan di kawasan pesisir didominasi oleh semak-semak lebat berwarna kehijauan. Wisatawan bisa menjelajahi kawasan perbukitan sebelum puas berfoto dengan tebing bolong sebagai latar belakangnya.

2. Tempat selfie yang menarik

Tak bisa dipungkiri, Broken Beach memiliki panorama yang sangat memukau. Sesampainya di salah satu sisi tebing, wisatawan bisa berfoto dengan latar tebing berlubang. Hasil potret semakin bagus saat gulungan ombak mengiringi dasar tebing.

Ditambah lagi, wisatawan tidak akan kehabisan spot selfie di sisi lain tebing. Setiap titik menawarkan keindahan yang tak ada habisnya. Rekomendasi untuk pose foto yang umum adalah membelakangi kamera sehingga tebing yang berlubang tampak menyatu.

3. Lokasi tersembunyi untuk hunting foto

Tak lengkap rasanya jika datang ke sini tanpa menemukan spot foto yang tersembunyi. Ada beberapa spot foto tersembunyi di sekitar Pasih Uug. Biasanya, pemandu tidak selalu menawarkan ruang ini.

Jadi wisatawan lebih baik bertanya terlebih dahulu. Tempat tersembunyi ini menyuguhkan objek foto yang tak kalah indahnya dengan tebing berlubang. Jadi cobalah untuk menemukan tempat-tempat ini.

4. Samudra Biru

Tak hanya membicarakan tebing berlubang, wisatawan juga bisa menyaksikan laut biru di luar tebing. Pemandangan laut luas di depan sangat memanjakan mata dan sayang jika tidak tertangkap kamera.

Alamat dan rute menuju lokasi

Objek wisata Broken BeachKredit foto: Google Maps Blue Helper

Pasih Uug atau Broken Beach terletak di Desa Bunga Mekar, tepatnya di pesisir barat daya Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Rute menuju Pasih Uug dimulai dari Pantai Sanur menuju Nusa Penida Bali.

Alat transportasi yang digunakan adalah speedboat. Harga sewa transportasi ini berkisar antara Rp75.000 hingga Rp100.000. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Setelah sampai di Nusa Penida Bali, wisatawan harus melanjutkan perjalanan lagi.

Jika ingin berwisata sendiri atau dengan sedikit orang, wisatawan bisa menyewa sepeda motor. Namun, jika berwisata dengan rombongan, pengunjung perlu menyewa mobil. Tarif sewa sepeda motor atau mobil berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Perjalanan menuju Pasih Uug melalui jalan yang kurang mulus. Dari Pelabuhan Banjar Nyuh atau Toya Pakeha, wisatawan melanjutkan perjalanan menuju Pasih Uug. Meski aksesibilitasnya mudah, perjalanan memakan waktu sekitar 90 menit.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Saat ini Broken Beach tidak mematok tarif masuk seperti wisata lainnya di Bali. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir. Ada biaya Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Broken Beach

Hal menarik yang bisa dilakukan di Broken BeachSumber Gambar: Google Maps Blue Helper

Setiap pengunjung memiliki cara yang berbeda dalam mengapresiasi keindahan Broken Beach. Sendirian, bersama atau berkelompok, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menarik. Kegiatan yang diusulkan dapat ditemukan dalam pernyataan di bawah ini.

1. Selfie dan foto pemandangan

Kegiatan ini mungkin merupakan hal yang biasa dilakukan oleh hampir semua pengunjung. Pasalnya, gradasi kehijauan pada tebing, berpadu dengan jernihnya air laut kebiruan, justru menawarkan pemandangan yang begitu memanjakan mata.

Belum lagi tebing-tebing berlubang yang menjadi subjek utama pantai cantik ini menambah keunikan potret yang dihasilkan kamera. Dengan begitu, foto-foto yang cocok untuk Instagram juga bisa dipamerkan di media sosial.

2. Melihat lumba-lumba dan ikan pari (manta ray).

Dari atas tebing, wisatawan bisa melihat segala pesona laut, termasuk salah satu biota lautnya, yaitu lumba-lumba lompat. Makhluk laut ini berasal dari Dolphin Beach yang terletak di dekat Broken Beach.

Meski jumlahnya tidak banyak, kegiatan ini berhasil menyedot pengunjung. Dengan sedikit keberuntungan, wisatawan juga bisa melihat ikan pari (pari manta). Kesempatan ini dapat dijadikan sebagai edukasi fauna laut bagi wisatawan yang membawa anaknya.

3. Berenang

Berenang juga menjadi kegiatan yang biasa dilakukan saat mengunjungi destinasi wisata air seperti pantai. Broken Beach merupakan daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai tempat peristirahatan pantai. Namun, pantainya sendiri berada jauh di bawah tebing.

Karena itu, sangat jarang pengunjung yang berenang di pantai ini. Jika berminat, wisatawan bisa menghabiskan waktu menuruni tebing ditemani pemandu. Di tengah jalan ada bebatuan yang harus dilalui nanti.

4. Mendaki

Meskipun ini adalah tujuan pantai, wisatawan tidak akan menemukan pasir putih sebagai basis untuk berlari dan bermain. Tebing terjal menjadi tempat yang cukup menantang bagi pengunjung yang ingin menjelajah.

Bagi wisatawan yang suka berpetualang, sejumlah titik di dekat Broken Beach Bali Indonesia bisa dijadikan spot trekking.

Medannya terdiri dari bebatuan yang cukup terjal. Sehingga diperlukan kehati-hatian penuh dan sepatu yang nyaman agar mudah bergerak dan tidak mudah rontok.

5. Perhatikan matahari terbit dan terbenam

Garis horizon lautan sering digunakan sebagai objek untuk mengamati matahari terbit dan terbenam. Pasih Uug adalah salah satu tempat yang menawarkannya karena di luar tebing terdapat lautan luas yang membentang dengan airnya yang kebiruan.

Kegiatan ini juga disukai oleh wisatawan. Di pagi dan sore hari, pengunjung datang untuk menunggu matahari muncul dan terbenam dengan indah. Pemandangan ini terlalu mahal untuk dilewatkan.

6. Nikmati minuman khas

Liburan ke Broken Beach belum lengkap tanpa mencicipi makanan khas masyarakat tepi pantai setempat. Wisatawan bisa memesan es krim kelapa dengan harga yang sangat terjangkau.

Es krim kelapa mungkin adalah minuman biasa. Namun, rasanya akan berbeda ketika pengunjung menikmatinya di Pasih Uug sambil menyaksikan deburan ombak yang menerjang lubang tebing. Karena penjual makanan masih sangat jarang, disarankan untuk membawa perbekalan sendiri.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas pantai rusakSumber gambar: Google Maps Guih Vicentini

Meskipun Broken Beach Nusa Penida Tour cukup jauh dari pusat destinasi wisata di Bali, namun pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai diantaranya :

  • Toilet
  • area parkir
  • Warung makanan lokal
  • Akomodasi atau homestay, sekitar 500 meter dari pantai.

Restoran atau warung makan memang sengaja dibangun di kawasan pantai. Selain itu, ada biaya sebesar Rp 2.000 untuk satu kali masuk menggunakan toilet umum. Namun akses menuju destinasi ini cukup baik dan mudah dilalui

Fasilitas Broken Beach cukup memadai bagi pengunjung yang berlibur, meski jaraknya cukup jauh dari pusat tujuan wisata di Bali. Namun, pantai ini menjadi tempat yang tepat bagi mereka yang ingin berlibur dengan budget terbatas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button