Berita Wisata

Buaya Viral Muncul di Pantai Legian Mati, Diduga Komplikasi Stres dan Dehidrasi

Liputan6.com, Denpasar Sehari setelah ditangkap, seekor buaya muara yang mengagetkan turis di Pantai Legian mati diduga karena stres, syok, dan dehidrasi.

Demikian disampaikan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Dr R Agus Budi Santosa kepada wartawan di Denpasar, Kamis, 5 Januari 2023.

Ia mengatakan, buaya muara itu mati tak lama setelah dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tabanan.

“Sekitar 1-2 jam di PPS mereka mati dan bangkainya dikuburkan,” kata Agus Budi kepada wartawan di Denpasar, Kamis, 5 Januari 2023.

Lebih detail, Agus Budi mengungkapkan kematian hewan ini diduga karena stres, dehidrasi, dan syok, baik sendiri maupun kombinasi. “Karena belum bisa dipastikan apakah penyebabnya tunggal atau gabungan,” imbuhnya.

Selain itu, menurut hasil identifikasi, terdapat 2 luka di tubuh buaya sepanjang 3,5 meter, satu di pinggang dan satu di punggung. “Cedera itu cedera lama, bukan cedera baru,” jelasnya lebih lanjut.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Rabu, 4 Januari 2023, seekor Buaya Muara atau Saltwater Crocodile (crocodylus berpori) diamankan di Pantai Legian-Kuta depan Hotel Padma Legian Kuta di Badung.

Awalnya, petugas Balawista Pantai Kuta melihat penampakan seekor buaya dengan panjang sekitar 3,5 meter.

Buaya tersebut terlihat bergerak melewati Hotel Padma menuju air laut, kemudian dibantu oleh polisi dan warga setempat, mereka berhasil mengamankan buaya tersebut dengan tali.

Selain itu, anggota Balawista menghubungi Posko Utama Balawista, Polres Kuta dan BKSDA Bali.

Dan petugas Balai KSDA Bali juga sudah meminta anggota Balawista dan masyarakat sekitar pantai untuk mewaspadai kemungkinan adanya buaya lain di sekitar pantai.

Setelah ditangkap dan diselamatkan, atas instruksi langsung Direktur KKHSG yang kebetulan hadir di BKSDA Bali, buaya itu langsung dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tabanan untuk penanganan lebih lanjut.

Seekor buaya muara terdampar di Pantai Legian, Badung, Bali pada Rabu (04/01) malam. Badan penyelamat wisata Tirta Badung, Legian, berhasil menyelamatkan buaya sepanjang 3 meter ini dari bahaya yang mengancam wisatawan di pantai Legian.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button