Berita Wisata

Bukan Danau Toba, Ini Danau Ngebel di Ponorogo

ponorogo

Selain kesenian Reog, Ponorogo juga memiliki daya tarik wisata alam. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Danau Ngebel.

Danau Ngebel adalah sebuah danau alami yang terletak di kaki Gunung Wilis. Berada di ketinggian 734 meter di atas permukaan laut, danau ini berhawa sejuk dan cenderung dingin. Suhunya bisa mencapai 20 derajat Celcius.

Selain itu, Danau Ngebel juga dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau. Suasananya sangat menguntungkan bagi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati alam.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Mirip dengan versi Danau Toba yang lebih kecil

Sekilas, suasana Danau Ngebel mirip dengan Danau Toba di Sumatera Utara. Namun dari segi ukuran, Danau Ngebel tentu sangat berbeda dengan Danau Toba. Danau Ngebel memiliki keliling 5 kilometer dengan luas 150 hektar. Sedangkan kedalamannya mencapai 48 meter.

Danau Ngebel PonorogoDanau Ngebel Ponorogo. Foto: Putu Intan/detikcom

Jika ingin menjelajahi Danau Ngebel, traveler bisa menyewa speedboat. Ada 3 jenis paket speedboat yang bisa dipilih, yaitu Rp 75.000 untuk setengah perjalanan, Rp 100.000 untuk sekali perjalanan, dan Rp 160.000 untuk keduanya.

Namun, jika traveler hanya ingin duduk-duduk di tepi danau, bisa juga. Ada berbagai restoran, kafe, dan warung kaki lima yang bisa dikunjungi wisatawan.

Tempat terbaik untuk berfoto di Danau Ngebel

Bagi penyuka fotografi, waktu terbaik untuk datang ke Danau Ngebel adalah pada pagi dan sore hari. Pada pagi hari, cuaca cenderung cerah namun belum hangat untuk menyeberangi danau. Sedangkan pada sore hari, traveler bisa menikmati matahari terbenam (sunset).

Tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam adalah dari Desa Pupus. Lokasinya sekitar 5 kilometer sebelah timur danau. Titik ini disebut juga dengan Ngebel Sunset View Point.

Danau Ngebel PonorogoDanau Ngebel Ponorogo. Foto: Putu Intan/detikcom

Jika cuaca cerah, traveler bisa menikmati indahnya langit senja. Datanglah sekitar pukul 17.00-18.30.

Kemudian Telaga Ngebel juga memiliki event tahunan yang sering diburu oleh para wisatawan. Tepatnya pada malam 1 Suro, Larungan Telaga Ngebel berdiri.

Saat itu, komunitas Ngebel yang dipimpin oleh puluhan sesepuh melakukan tirakatan. Berbagai doa dipanjatkan selama tirakatan 1 Suro ini.

Usai tirakatan, sesaji berupa kendi penyembelihan kambing (wedhus) diarak dan masing-masing kakinya ditanam di keempat sudut telaga. Sedangkan untuk kepalanya sendiri dilarung di tengah danau. Saat itu, ribuan warga yang mengarak karnaval berbaris dengan membawa obor.

Jarak dan tiket masuk Danau Ngebel

Jika penasaran dengan keindahan Danau Ngebel, traveler bisa datang ke kabupaten Ngebel. Jaraknya sekitar 23 kilometer dari kota Ponorogo. Untuk tiket masuknya traveler hanya cukup membayar Rp 15 ribu saja.

Tonton video “Kunjungan ke Kampung Sate Ponorogo”
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button