Berita Wisata

Bukan di AS, Hollywood Ini Ada di Kulon Progo!

Kulonprogo

Hollywood adalah pusat film di California, Amerika Serikat. Di luar Amerika, ternyata Hollywood juga ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hanya saja, meski memiliki nama yang sama, kedua tempat ini sangat berbeda. Hollywood di Kulon Progo merupakan tempat pemakaman umum (TPU). Inilah ceritanya.

Pemakaman Hollywood bisa kita jumpai di pinggir Jalan Nasional Jogja-Wates km 28, tepatnya di Dusun Ngramang, Desa Kedungsari, Kapanewon Pengasih. TPU ini sebenarnya bernama Pemakaman Mblendung, namun sekarang lebih dikenal dengan Pemakaman Hollywood. Kalaupun kuburan Hollywood kita tulis di aplikasi Google Maps, akan diarahkan langsung ke TPU ini.

Istilah Hollywood mengacu pada prasasti yang diukir di tebing setinggi 5 meter di bawah makam Mblendung. Berbahan semen dengan kombinasi warna hitam dan putih, tulisan ini cukup mencolok karena ukurannya yang besar. Alhasil menarik perhatian orang sehingga sering dijadikan spot foto.

“Seringkali pengendara sengaja mampir ke sini hanya untuk berfoto, karena mungkin unik kenapa Hollywood ada di sini,” kata Pardiman (57), warga sekitar yang ditemuinya. detikJateng sekitar Pemakaman Hollywood, Rabu (25/1/2023).

Pardiman mengatakan, naskah Hollywood itu ditulis oleh warga setempat pada 1989. Tujuannya untuk memperindah venue karena dulunya merupakan tempat kesenian, kegiatan masyarakat, dan pertunjukan.

“Tulisan ini ditulis oleh pemuda setempat. Karena tempat ini tepatnya di lapangan depan sering diadakan pertunjukan jathilan, wayang kulit dan kegiatan august, jadi Bagaimana menurut anda Kalau ditulis pasti menarik,” ujarnya.

“Awalnya dilakukan dengan menggali tebing di sana, namun memakan waktu lama hilang akhirnya kami tampilkan dengan semen jadi seperti sekarang dan saya merawatnya setiap tahun”, tambahnya.

Mengenai pemilihan nama Hollywood, Pardiman mengatakan tidak ada alasan khusus. Di awal produksi, para anak muda iseng-iseng muncul dengan nama acak hingga Hollywood muncul, mengacu pada pusat hiburan dan bioskop yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Usulan ini langsung disetujui karena terkesan keren.

“Tidak ada alasan yang jelas, itu murni untuk bersenang-senang. Sepupu saya kebetulan memiliki andil dalam pembuatannya, dan dia juga tidak memiliki alasan yang jelas,” dia tertawa. .

Baca nama-nama dusun paling terkenal di Hollywood di halaman berikutnya…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button