Tempat Wisata

Bukit Arang Lonuo, nikmati panorama alam dan sunset yang menakjubkan di Gorontalo

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Lonu. Tilongkabila, Kab. Bone-Bolango, Gorontalo; map: Cek lokasi

Bagi Anda yang senang mendaki gunung atau wisata alam lainnya, Bukit Arang Lonuo bisa menjadi solusinya. Banyak orang mendaki bukit, baik itu untuk berkemah atau hanya mencari ketenangan. Dari atas Anda bahkan bisa melihat seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango Gorontalo. Anda bisa melihat keindahan keajaiban matahari terbit dan terbenam dari atas bukit.

Namun untuk mencapai puncaknya memang perlu mempersiapkan tubuh yang sehat dan kuat karena bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Jarak dari kaki gunung ke puncaknya sendiri sekitar 2,5 kilometer. Padahal, jalan yang Anda tempuh untuk mencapai bukit ini tidaklah mudah dan cukup ekstrim. Anda harus berhati-hati saat mendaki bukit saat musim hujan.

Pendaki dapat mencapai puncak melalui tiga rute yang telah ditentukan. Keindahan alam dan udara segar di perbukitan pasti ingin dirasakan oleh semua wisatawan yang mengunjunginya. Kebanyakan wisatawan sering mengabadikan momen pendakian ini dengan mengambil foto atau video. Bukit dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

Atraksi Lonuo Charcoal Hill

Atraksi Bukit Arang LonuoKredit foto: Facebook Alim Lamakaraka

1. Pemandangan unik

Bukit Charcoal sekilas terlihat biasa saja. Namun, jika Anda berkemah di atas bukit selama beberapa malam, Anda akan merasakan keindahannya. Jika Anda berhasil mendaki ke puncak, Anda akan memiliki pemandangan Kota Gorontalo yang indah secara keseluruhan.

Pemandangannya pun semakin indah di malam hari. Banyaknya lampu rumah yang menghiasi kota Gorontalo semakin memudahkan Anda untuk berkemah di sana. Area persawahan yang terbentang di bawah bukit memberi Anda rasa ketenangan.

Perbukitan di sekitarnya penuh dengan pohon kelapa yang hijau dan rindang, sehingga Anda tidak akan terlalu panas saat mendaki ke puncak. Anda bahkan bisa melihat keindahan Teluk Tomini dan Danau Limboto meski jaraknya sangat jauh dari bukit.

2. Bintang di langit

Bukit ini menawarkan keindahan tidak hanya di pagi, siang atau sore hari. Anda akan merasakan pesona alamnya hingga malam hari. Langit Gorontalo berhiaskan bintang-bintang indah yang wajib kamu lihat di tengah malam. Bahkan, keindahan langit ini diabadikan oleh para wisatawan dengan kamera canggih mereka.

Beberapa pendaki tidur di luar tenda untuk melihat keindahan langit berbintang hingga pagi. Kota Gorontalo yang sangat bersih dan memiliki udara bebas polusi memastikan langit cerah sepanjang hari. Menyaksikan keindahan bintang sambil mengobrol dengan teman akan membuat liburan lebih bermakna dan menyenangkan.

3. Panorama matahari terbit dan terbenam yang indah

Daya tarik Bukit Arang selanjutnya adalah keindahan alam saat matahari terbit dan terbenam. Namun, keindahan ini hanya bisa dilihat oleh Anda yang akan bermalam di puncak bukit.

Anda harus bersiap-siap dari pagi untuk melihat keindahan matahari terbit yang seolah muncul dari bawah gunung. Nikmati momen matahari terbit ini jika Anda melakukannya sambil menyeruput teh atau kopi panas.

Sore hari Anda bisa bersantai sambil makan sambil menunggu matahari terbit. Momen ini paling ditunggu oleh wisatawan saat mendaki bukit. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang mengambil foto saat matahari terbenam dan menghilang dari puncak bukit.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit ArangKredit foto: Google Maps rustan muslim

Bukit Arang terletak di Kabupaten Bone Balango, Provinsi Gorontalo. Alamat lengkapnya sendiri ada di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila. Jalan menuju bukit ini cukup mudah dilalui wisatawan. Bagi Anda yang datang dari luar pulau, Anda bisa naik pesawat dan mendarat di Bandara Jalaluddin Gorontalo.

Dari bandara Anda harus menyeberangi Jalan Trans Sulawesi untuk sampai ke Jalan Huduio. Lanjutkan perjalanan dengan tujuan utama Jalan Kesehatan melewati Jalan Irigasi dan Jalur H. Khalid Hasir. Setelah sampai di Jalan Kesehatan, belok kiri dengan mobil dan Anda akan menemukan RS Toto Kabila. Dari arah rumah sakit ini Anda perlu berkendara sekitar 15 menit menuju bukit.

Berkendara ke timur dengan mobil menuju SMPN 1 Tilongkabila, lalu ke Desa Tamboo melewati Pasar Bongoime. Setelah melewati Desa Tamboo, Anda akan menemukan Desa Lonuo, alamat utama destinasi wisata. Setelah itu, Anda bisa mulai mendaki Bukit Arang Lonuo.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Bukit CharcoalKredit foto: Facebook Alim Lamakaraka

Biaya masuk ke destinasi wisata ini sekitar 5.000 rupiah. Untuk melakukan perjalanan seperti itu, Anda menghabiskan uang untuk bahan makanan, transportasi, dan penyewaan peralatan berkemah. Apalagi jika Anda datang dari luar pulau yang membutuhkan biaya hingga jutaan rupiah.

Bukit Arang akan buka 24 jam bagi wisatawan yang ingin mendaki ke puncak. Dari pagi hingga sore Anda bisa menikmati panorama alam dari atas bukit. Berkemah di bukit ini akan membuat Anda betah dan ingin bermalam berhari-hari.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Charcoal

Aktivitas di Bukit CharcoalKredit Foto: Instagram Like Indonesia

1. Berkemah

Aktivitas yang menarik di Bukit Charcoal adalah camping di area puncak. Anda dapat membawa peralatan berkemah sendiri atau menyewanya dari pemandu. Pastikan Anda membawa bekal yang cukup jika pergi berkemah di sana.

Selain itu, sebelum berkemah, Anda harus terlebih dahulu meminta izin kepada penduduk setempat dan menanyakan aturannya. Anda harus menjauhi larangan seperti membuang sampah sembarangan atau membuat kebisingan. Anda harus mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan agar liburan terasa nyaman, aman, dan menyenangkan.

2. Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Pekerjaan utama sebagian besar wisatawan adalah menikmati matahari terbenam dan matahari terbit. Siapkan kamera Anda dan ambil foto terbaik saat matahari mengintip dari balik gunung. Menikmati pesona alam matahari terbit dan kabut di atas bukit membuat liburan terasa semakin sempurna.

Sore hari Anda harus menunggu panorama sunset yang sulit dilihat di destinasi wisata lainnya. Anda bisa melakukan selfie atau pemotretan lainnya saat matahari mulai memerah, lalu perlahan terbenam dan menghilang.

3. Mengemudi

Bagi Anda yang menyukai hal-hal yang memacu adrenalin, Anda bisa mencoba aktivitas berkendara ke atas bukit. Gunakan sepeda motor khusus untuk sampai ke puncak bukit. Rasakan sensasi berbeda dengan keseruan yang luar biasa karena jalan menanjak yang cukup berbahaya.

Setidaknya Anda harus berhati-hati saat berkendara. Namun, kegiatan seperti ini tentu menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Liburan akan terasa berbeda dan lebih memuaskan. Pastikan untuk melakukan aktivitas ini dengan sekelompok teman agar aman jika ada risiko di sepanjang perjalanan.

4. Ambil foto

Aktivitas menarik di Bukit CharcoalKredit foto: Google Maps Atraksi Bukit Charcoal

Pendakian ke Bukit Arang tentu saja diharuskan untuk berfoto di lokasi-lokasi tertentu. Anda dapat melakukan sesi foto saat berada di puncak atau selama proses pendakian. Anda bisa melakukan aktivitas foto sepanjang hari secara gratis.

Di pagi hari, ambil foto matahari terbit, kabut, dan pemandangan gunung di sekitar perbukitan. Pada sore dan malam hari Anda dapat mengambil gambar jalan dan matahari terbenam. Kampanye foto ini berlangsung hingga malam hari untuk mengabadikan pesona langit berbintang.

5. Paralayang

Anda bisa pergi paralayang bersama rombongan teman-teman di Bukit Arang. Namun, Anda harus membawa peralatan paralayang ini dari rumah, agar lebih mudah dan memungkinkan setiap saat. Anda meluncur dari atas ke bawah bukit dengan parasut besar.

Sebelum mencoba paralayang, pastikan Anda sudah terbiasa. Selain itu, paralayang membutuhkan jiwa pemberani untuk mendarat dengan selamat. Hal ini dikarenakan kondisi bukit yang dipenuhi kerikil sehingga kecuali anda ahli paralayang akan terasa menyakitkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Area Bukit CharcoalKredit foto: Facebook Alim Lamakaraka

Bukit Charcoal Lonuo memiliki fasilitas yang memadai seperti kamar mandi, tempat ibadah dan ruang makan. Anda bisa membeli teh hangat atau jajanan dari warung-warung yang ada. Tentunya hal ini memudahkan wisatawan yang suka mendaki bukit. Fasilitas lengkap sangat sulit ditemukan di bukit lain.

Ada juga tempat parkir mobil di bawah bukit yang diserahkan kepada warga sekitar. Anda tidak perlu khawatir karena kendaraan dijaga dengan aman sampai Anda kembali dari kegiatan hiking atau berkemah.

Semua perlengkapan camping juga tersedia untuk pendakian, jadi tidak perlu membawa banyak dari rumah. Anda hanya perlu menyewa beberapa peralatan camping yang akan dibutuhkan nantinya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tempat wisata di Gorontalo yang bernama Bukit Arang Lonuo. Anda akan merasa puas dan senang setelah melakukan kegiatan camping di bukit ini. Sistem liburan yang menyatu dengan alam ini akan menawarkan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button