Tempat Wisata

Bukit Cinta: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tidak lengkap rasanya jika kita explore Kupang tapi tidak mampir ke bukit indah di dekat Bandara El Tari di Kupang. Dikenal sebagai “bukit cinta”, bukit yang membentang puluhan hektar ini sering dijadikan tempat para muda-mudi memadu kasih. Setiap sore bukit ini penuh dengan pengunjung. Banyak anak muda yang memanfaatkan keindahan pemandangan bukit ini untuk mengobrol dan berfoto.

bukit cinta

Bukit Cinta dianggap sebagai salah satu tempat wisata romantis di Nusa Tenggara Timur. Hal ini dikarenakan adanya bukit yang membuat para traveler serasa bisa menikmati keindahan sunset di Labuan Bajo. Selain itu, dari atas bukit ini wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pulau Seraya, Pantai Wae Cicu, Pelabuhan Labuan Bajo dan Pulau Bajo yang mempesona.

Atraksi Bukit Cinta :

Banyak hal unik yang bisa kita lihat di Bukit Cinta ini. Misalnya, prasasti cinta yang menjadi motif foto menarik bagi pemuda Kupang. Prasasti itu juga menampilkan ornamen dua tangan yang membentuk hati dari jari-jarinya. Tentu saja, itu membuat foto semakin romantis. Apalagi jika foto tersebut diambil bersama pasangan atau seseorang yang spesial yang akan menjadi pendamping hidup kita.

Keunikan lain yang juga tampak pada tempat wisata di Bukit Cinta ini adalah padang rumput kering yang luas menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Hamparan luas padang rumput ini membuat penasaran wisatawan dan ingin melihat secara langsung keindahan yang tersaji disini.

Mungkin Anda yang pernah mendengar dan melihat padang rumput kering di negara-negara Afrika akan sampai pada kesimpulan bahwa padang rumput di daerah perbukitan hampir sama.

Meski tidak persis sama dengan padang rumput di Afrika, situs menarik ini cukup memukau mata Anda saat melihatnya. Terbukti banyak pengunjung yang datang dan mengunggah foto padang rumput ini ke Bukit Cinta di akun media sosial mereka.

Namun bukan itu saja: selain keindahan alam berupa kawasan padang rumput yang asri, wisatawan juga akan menemukan tempat wisata lain yang tak kalah menarik. Di kawasan wisata ini pengunjung dapat menikmati pemandangan indah Laut Bour, Gunung Koge, Gunung Bour dan Gunung Ile Boleng.

Tempat wisata Bukit Cinta yang unik menyuguhkan pesona keindahan alam berupa hamparan padang rumput yang tampak seperti permadani segar di awal musim hujan. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat perbukitan perbukitan yang biasa dijadikan jogging track bagi pecinta olahraga ringan. Pengunjung bisa jogging di pagi dan sore hari.

Sementara pengunjung menikmati suasana tenang berlari di sepanjang perbukitan, mereka juga dapat memanfaatkan waktu untuk mengabadikan momen yang sangat istimewa. Khusus bagi para pecinta foto, kawasan ini menjadi tempat yang tepat sebagai spot foto.

Di balik perbukitan yang dihiasi padang rumput hijau juga terdapat gua unik peninggalan Belanda. Menurut laporan, gua tersebut pernah menjadi tempat persembunyian penjajah Jepang selama Perang Dunia II. Goa bersejarah ini terhubung langsung dengan goa yang berada di dekat wisata pantai Lasiana.

Fasilitas Bukit Cinta:

Tidak ada promosi wisata di kawasan wisata Bukit Cinta, hanya ada pohon-pohon besar di tempat ini, yang dapat berfungsi sebagai tempat berteduh saat panas datang. Panas terik matahari dan juga rasa lelah dalam perjalanan mendaki bukit dapat diatasi dengan beristirahat di bawah pohon besar ini.

Biaya masuk ke Bukit Cinta

Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Bukit Cinta:

Lokasi dan Rute Bukit Cinta:

Tempat wisata di Bukit Love ini terletak di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Rute menuju tempat-tempat menarik mudah diakses. Tempat wisata alam ini terletak di tempat yang cukup terjangkau yaitu di pinggir jalan. Jika kita tiba dari bandara, jaraknya sekitar 2 km. Pengunjung dapat menggunakan transportasi umum yang ada dari Kupang ke Penfui. Biasanya biaya yang harus dibayar hanya Rp 3.000.

Bagi wisatawan yang ingin lebih praktis sekaligus menikmati suasana berwisata di alam terbuka, bisa menggunakan jasa ojek yang tersedia di stasiun bundaran dekat tempat wisata.

Bukit Cinta merupakan tempat wisata romantis yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata alam menarik di Nusa Tenggara Timur. Ada banyak spot foto menarik di perbukitan ini yang bisa Anda coba sambil menikmati pemandangan alam yang tersaji. Anda bisa mengajak orang-orang tercinta menikmati keagungan Tuhan yang luar biasa di bukit wisata ini sejenak.

Salah satu hal menarik yang sangat memanjakan mata adalah adanya padang rumput kering yang luas, mirip dengan pemandangan alam yang tersaji di negara Afrika. Selain itu, ada juga gua peninggalan Belanda yang bisa kita kunjungi untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang berjuang mempertahankan Indonesia.

Peta lokasi Bukit Cinta

Tips mengunjungi Bukit Cinta

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Bukit Cinta semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Cinta adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Bukit Cinta bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Bukit Cinta.

Galeri Foto Bukit Cinta

bukit cintaBukit Cinta Sumber: instagram.com/ppiiuzzbukit cintaBukit Cinta Sumber: nstagram.com/emak_jipuPotret bukit cinta di waktu berkabutPotret sawah di kaki bukit cintaPotret Bukit Cintaakses jalanBerburu foto di bukit cinta

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button