Tempat Wisata

Bukit Gundaling di Berastagi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita bersyukur hidup di negeri yang sangat kaya akan sumber daya alam di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu, tidak heran jika banyak destinasi wisata menarik di Indonesia, baik yang buatan maupun yang alami. Di Pulau Sumatera, khususnya di Sumatera Utara, kota Medan dianggap sebagai salah satu tujuan liburan favorit masyarakat karena memiliki tempat wisata yang cukup banyak dan pesonanya yang tak terbantahkan. Lokasinya yang berada di kota metropolitan juga menciptakan suasana yang hidup namun menyenangkan di kota ini, membuat banyak orang betah selama berada di Medan. Salah satu destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan adalah Bukit Gundaling.

Bukit Gundaling sendiri terletak di Berastagi, sekitar 60 km dari kota Medan. Suasana asri dan alami akan selalu menyapa Anda saat tiba di tempat wisata ini. Tempat yang indah dengan suasana yang sejuk dan nyaman menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Penggemar travel yang menyukai panorama matahari terbit dan terbenam harus menuju ke Bukit Gundaling, di mana Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam tanpa terhalang bangunan yang menghalangi pandangan Anda.

Tak hanya sunrise dan sunset yang sangat populer di sana, panorama alam yang bisa dinikmati dari atas bukit juga menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Perkampungan, persawahan dan dua gunung, Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak yang terbentang sejauh mata memandang tentu bisa menghilangkan penat yang mungkin ada. Dan tamasya ke puncak bukit juga menarik karena ada pemandangan hutan pinus yang membuat udara terasa sejuk dan segar.

Bukit Gundaling juga memiliki cerita yaitu awal cerita ini karena ada seorang pemuda yang berkewarganegaraan Inggris dan tinggal di daerah Berastagi. Saat pemuda ini sedang berjalan-jalan pada suatu sore, dia bertemu dengan seorang wanita muda dengan wajah cantik. Wanita ini merupakan salah satu warga yang tinggal di sekitar Berastagi. Singkat cerita, pemuda tersebut jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan wanita tersebut, namun sayang hubungan tersebut ditolak oleh orang tua wanita tersebut. Akhirnya keduanya memutuskan untuk pergi bersama dan kemudian bertemu di atas bukit, namun wanita itu tidak kunjung datang.

Akhirnya, pemuda berkebangsaan Inggris itu mengucapkan kata-kata “Good Bye Darling” berkali-kali, dan ternyata kata-kata itu didengar oleh beberapa penduduk setempat di sekitar bukit, tetapi karena mereka tidak bisa mengucapkan kata-kata itu dengan lancar dalam bahasa Inggris, mereka menjadi terlalu ” Gundaling”.

Fasilitas di Bukit Gundaling

Ada beberapa fasilitas yang bisa pengunjung gunakan di objek wisata Bukit Gundaling, antara lain:

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Di sekitar kawasan wisata ini Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Delman

Jika Anda ingin menjelajahi kawasan Bukit Gundaling, namun tidak ingin lelah berjalan kaki, Anda bisa menggunakan jasa andong. Dengan harga Rp 45.000/trip, Anda bisa berjalan menuruni bukit untuk melihat pemandangan yang indah.

– tempat perkemahan

Karena luasnya yang besar, bukit ini juga sering dijadikan tempat perkemahan. Jadi jika ingin merasakan tidur di luar ruangan, tinggal membawa tenda dari rumah.

– Akomodasi

Bagi yang tidak ingin berkemah semalaman, terdapat beberapa penginapan di dekat kawasan wisata Bukit Gundaling dengan harga bervariasi. Sesuaikan saja agar sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Pengelola juga menyediakan toilet umum sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Berburu foto di Bukit Gundaling

Bagi Anda yang menggemari seni fotografi, kamera tentunya menjadi barang yang wajib dibawa saat bepergian. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah di Bukit Gundaling yang terletak di dataran tinggi. Saat Anda tiba, Anda akan disambut oleh pemandangan hutan pinus yang terhampar luas, persawahan dan rumah penduduk setempat. Pemandangan ini tentu sangat cocok untuk menyelaraskan kamera Anda. Bersama keluarga atau teman tentunya bisa berfoto dengan latar belakang panorama hijau hutan pinus di sekitarnya. Juga, jika Anda ingin mengambil foto yang lebih baik, datanglah tepat sebelum matahari terbit atau terbenam. Jangan lupa untuk mengunggah foto-foto Anda di berbagai media sosial Anda agar orang-orang lebih mengenal tempat ini.

Bagaimana menuju ke Bukit Gundaling

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan – Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Jamin Ginting – Jl. Gundaling – Bukit Gundaling

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Jamin Ginting – Jl. Gundaling – Bukit Gundaling

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Iskandar Muda – Jl. Jamin Ginting – Jl. Gundaling – Bukit Gundaling

Biaya masuk ke Bukit Gundaling

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 7.500
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Waktu operasional Bukit Gundaling

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Denah lokasi Bukit Gundaling

Tips mengunjungi Bukit Gundaling

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Bukit Gundaling semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Gundaling adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Bukit Gundaling bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Bukit Gundaling.

Galeri Foto Bukit Gundaling di Berastagi

Selamat datang di Bukit GundalingPotret Bukit Gundalingtempat fotoAkses jalan menuju Bukit Gundalingfasilitas kereta kudaFasilitas spot fotoberburu fotoMatahari terbenam di Bukit Gundaling

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button