Tempat Wisata

Bukit Guungan Candidasa, wisata alam hits yang kaya akan keajaiban di Karangasem

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Nyuh Tebel, Kec. Karangasem, Taksi Karangasem, Bali; map: pemeriksaan situs

Bukit Guungan Candidasa merupakan tempat wisata alam yang cocok bagi wisatawan untuk berburu foto selfie. Anda mungkin tidak familiar dengan namanya sendiri karena memang tidak begitu terkenal. Namun tidak menutup kemungkinan dalam waktu singkat akan semakin banyak orang yang terpukul dan dipadati pengunjung.

Salah satu penyebabnya adalah kehadiran media online yang saat ini tidak terbendung. Wisatawan yang sebelumnya berburu foto mempostingnya di media sosial, yang menggugah rasa ingin tahu wisatawan lain juga. Padahal dari segi daya tariknya tidak bisa diremehkan, keindahan alamnya sungguh mempesona dan nyaris sempurna.

Tempat wisata yang kita bahas kali ini berlokasi di Bali, lebih tepatnya di Karangasem. Keberadaan objek wisata ini juga memungkiri fakta bahwa Bali hanya menarik karena pantainya. Satu hal yang menarik saat Anda berkunjung ke tempat ini adalah Anda juga bisa melihat keindahan pantainya. Karena lokasinya berada di atas bukit yang berarti Anda menyaksikannya dari ketinggian.

Daya Tarik Bukit Guungan Candidasa

Daya Tarik Bukit Candidasa KarangasemKredit foto: Google Maps Trio Putra

Kami akan membahas terlebih dahulu daya tarik Bukit Guungan Candidasa sehingga diprediksi akan semakin hits. Kontur alam di Bali memang banyak perbukitan sebagai objek wisata. Masing-masing memiliki pesona yang menarik wisatawan.

1. Suasana hijau dan asri

Tentunya karena lokasinya yang berada di atas bukit, daya tarik pertama adalah suasananya yang asri dan nyaman. Hampir semua titik dipenuhi semak belukar, sebagian kecil tumbuh subur di rerumputan dan ilalang serta tanaman yang tidak terlalu besar. Di lokasi, rerumputan hijau selalu mengiringi setiap langkahnya.

Sedangkan di beberapa tempat dihuni oleh bebatuan yang agak besar. Batu-batu ini juga tak luput dari tumbuhan menghijau yang menyejukkan mata. Tak cukup sampai di sana terdapat bukit-bukit yang terlihat hijau jauh di mata. Itu karena sederetan pepohonan tumbuh subur menutupi hampir semua bebatuan di bukit itu.

2. Pemandangan indah dari ketinggian

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, Bukit Candidasa otomatis memiliki pemandangan yang indah. Kecantikan yang dimiliki seseorang belum tentu ditemukan di tempat lain. Bagaimana tidak, di depan mata terlihat jelas pantai dengan warna airnya yang kebiruan. Di tengah pantai terdapat batu besar yang terlihat seperti pulau kecil.

Jika menengok sedikit ke samping, Anda akan disuguhi pemandangan kontur tanah yang eksotis, seperti undakan. Tanah berundak ini tidak bertingkat karena hanya terdapat di sawah. Undak-undak tersebut sebenarnya terbentuk dari proses alam khas perbukitan Bali.

3. Dekat dengan objek wisata lainnya

Pemandangan pantai yang terlihat jelas dari atas bukanlah laut lepas melainkan Pantai Candidasa. Daya tarik Bukit Candidasa Gunungan memang masih berkaitan dengan pantai, namun kali ini bukan keindahan pemandangannya. Karena lokasinya yang dekat, Anda bisa mampir ke pantai cantik ini.

Jarak ke pantai sekitar 15 menit berjalan kaki. Pastinya lebih cepat dengan kendaraan bermotor. Hanya jalan aksesnya yang masih tidak terawat, sebagian tanahnya dipenuhi kerikil. Objek wisata lain di dekatnya adalah Lotus Lagoon.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit Guungan Candidasa KarangasemSumber gambar: Twitter Mas Brooo

Alamat Guungan Candidasa Hill terletak di Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Jika Anda berada di pusat kota, jarak yang harus ditempuh sekitar 25 kilometer. Anda bisa menggunakan jalur alternatif melalui Jalan Raya Bugbug, kemudian ke Jalan Dharmawangsa dan Jalan Saren Kauh.

Lanjutkan ke Jalan Bungayah Tengah lalu belok kanan ke Jalan Candidasa. Sepanjang jalan ini anda akan melewati Pura Sang Hyang Ambu, silahkan gunakan sebagai patokan utama. Lanjutkan di jalan utama menuju pantai lalu belok kanan menuju Lotus Lagoon. Sekitar 800 meter jauhnya belok kanan di perempatan.

Silakan periksa dengan penduduk setempat mulai saat ini dan seterusnya karena tidak banyak petunjuk arah yang tersedia saat ini. Jika Anda membawa ponsel, gunakan aplikasi GPS seperti Google Maps. Tempat wisata ini sudah ada di peta digital, anda tinggal memasukkan nama tempat atau alamat di atas.

Harga Tiket Masuk Bukit Candidasa

Kartu Bukit Guungan Candidasa KarangasemSumber Gambar: Google Maps Kharisma Putra

Setelah menemukan tempat parkir, siapkan sejumlah uang untuk tiket masuk. Bukit Guungan Candidasa terbuka untuk umum dan resmi menjadi objek wisata, jadi tidak gratis. Harga tiketnya sendiri masih sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Biaya tambahan untuk parkir kendaraan bisa parkir di pantai Candidasa atau di dekat bukit.

Sedikit informasi tambahan, akses jalan menuju bukit ini tidak terlalu bagus. Selama ini masih didominasi oleh tanah dan kerikil. Untuk sepeda motor masih bisa sampai mendekati bukit. Lain halnya dengan mobil, yang bisa jadi sulit. Selain itu, jalannya tidak terlalu lebar, jadi harus berhati-hati.

Aktivitas menarik di Bukit Gunungan

Aktivitas Guungan Candidasa Hill KarangasemKredit foto: Google Maps Bagus Megantoro

Bukit Guungan Candidasa merupakan bukit yang sangat besar dengan segala keindahannya. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan membosankan karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Dari berbagai aktivitas, berikut adalah aktivitas yang paling umum dilakukan wisatawan lokal!

1. Mendaki puncak bukit

Rekomendasi aktivitas menarik selama kunjungan Anda yaitu mendaki. Tidak perlu membayangkan pendakian yang sulit dengan medan berbahaya karena terdapat jalan setapak sebagai akses utama. Ketinggiannya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan pegunungan, hanya membutuhkan waktu setidaknya 15 menit.

Aktivitas di Bukit Guungan Candidasa ini sangat populer di kalangan penyuka tantangan. Gampang di sana, wisatawan yang datang dari berbagai kalangan. Tidak hanya pria, banyak wanita juga bisa menaikinya. Semangat keindahan saat tiba di puncak juga menjadi penyemangat.

2. Nikmati keajaiban alam yang indah

Begitu sampai di puncak ada kesempatan untuk menikmati pesona alamnya yang indah. Sayang sekali jika kecantikan yang sempurna ini hanya dipandang sebelah mata. Pantai dengan air biru jernih menjadi daya tarik utama di sini. Perbukitan hijau semakin menambah pesonanya.

Selain itu, udara sekitar sangat sejuk dan kualitas oksigennya sangat baik. Kendaraan yang melintas di sekitar lokasi sangat sedikit. Menikmati suasana asri di sekitar lokasi biasanya dilakukan di bawah pohon yang rindang. Meski tidak semua tempat teduh ditutupi deretan semak belukar, sebagian besar cukup sejuk.

3. Berkemah

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di Bukit Guungan Candidasa adalah berkemah. Itu bukan bagian utama dari objek wisata ini, tetapi sangat dekat. Ada tempat perkemahan khusus bagi yang ingin bermalam. Lokasinya masih di atas dataran tinggi, suasananya sejuk dan sejuk.

4. Berburu foto tanah

Bagi yang suka fotografi, tempat wisata ini juga cocok untuk dikunjungi. Ini karena banyaknya keindahan yang disebutkan sebelumnya. Setiap sudut lokasi dijamin mempercantik tampilan foto. Misalnya, latar belakang pantai dan bukit-bukit hijau semakin indah saat cuaca cerah.

Fasilitas tersedia di area perbukitan

Pabrik Bukit Guungan Candidasa KarangasemKredit foto: Google Maps Decky Novian Saputra

Selanjutnya kita akan membahas fasilitas yang ada di Bukit Guungan Candidasa, mungkin sedikit kurang mendukung begitu anda berada di puncak. Fasilitas terletak di area tiket saja. Fasilitas yang dimaksud antara lain tempat parkir, toilet, dan warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan.

Mengunjungi tempat wisata alam dengan keindahan sebagai daya tarik utamanya memang tidak pernah membosankan. Manfaat yang didapat banyak sekali, salah satunya penyembuhan untuk menyegarkan pikiran. Dari review Guungan Candidasa Hill di atas, tempat ini layak untuk dikunjungi sebagai alternatif, meski minim fasilitas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button