Tempat Wisata

Bukit Khayangan : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tak berlebihan rasanya jika Kabupaten Kerinci disebut sebagai surga terindah di Jambi. Pesona alam Kerinci memang sulit untuk dilewatkan, berbagai tempat wisata mempesona bisa dengan mudah ditemukan oleh para pelancong. Bukit Khayangan merupakan salah satu contoh kecil dari keindahan alam Kerinci dan sepertinya tempat ini wajib Anda kunjungi ketika berada di Kerinci.

Hamparan perbukitan, padang luas, dan deburan awan menjadi panorama yang ditawarkan tempat wisata ini. Tak heran jika bukit ini menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi wisatawan. Suasana khas pedesaan dan udara segar menjadi daya tarik tersendiri yang membuat siapa pun takut untuk meninggalkan bukit ini begitu cepat.

Bukit Khayangan

Secara geografis Bukit Khayangan terletak di Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Banyak, Provinsi Jambi. Lokasi bukit ini juga mudah dijangkau dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Sungai Banyak dan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Kondisi jalan aspal yang mulus juga akan memudahkan wisatawan untuk mencapai bukit tersebut.

Jika pengunjung datang dari Kota Jambi, perjalanan memakan waktu 8 hingga 10 jam. Sayangnya, masih belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan wisatawan ke bukit tersebut. Selama perjalanan, wisatawan akan disambut dengan suasana pedesaan Kerinci serta panorama alam berupa persawahan luas dan barisan perbukitan hijau.

Pesona Bukit Khayangan

Saat Anda sampai di puncak bukit, keindahan alam yang menakjubkan menanti Anda. Panorama alam berupa deretan perbukitan, persawahan dan juga ladang milik warga yang berada di belakang perbukitan akan mempesona mata wisatawan. Bahkan dari atas bukit pun keindahan kota Sungai Penuh bisa terlihat dengan jelas.

Terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, Bukit Khayangan banyak digemari wisatawan dalam dan luar kota. Bukit ini juga masih menjadi bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat. Saat cuaca cerah, panoramanya semakin menakjubkan. Komposisi warna hijau perbukitan dan birunya langit merupakan perpaduan sempurna yang memanjakan mata.

Bukit Khayangan

Objek wisata ini tergolong baru dan diresmikan oleh pemerintah setempat pada tahun 2013 sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kerinci. Beberapa fasilitas penunjang telah dibangun, antara lain taman dan gardu pandang, agar wisatawan dapat melihat panorama alam Kerinci.

Di bukit ini Anda bisa menikmati sejuknya udara bebas polusi khas daerah dataran tinggi. Wisatawan tidak hanya disuguhi luasnya Bukit Barisan dan puluhan ribu hektar persawahan, tapi juga panorama Gunung Kerinci. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan keindahan Danau Kerinci yang mempesona dari atas bukit.

Saat cuaca mendung, Bukit Khayangan seolah menampilkan sisi lain keindahan alam negeri Kerinci. Awan bergerak perlahan dan langsung menciptakan suasana mistis dan romantis. Fenomena alam ini menjadi salah satu momen yang paling banyak dicari wisatawan. Ibaratnya wisatawan berada di negeri di atas awan, dengan awan bagaikan lautan.

Pesona keindahan bukit itu seolah tak ada habisnya. Saat pagi menjelang, wisatawan dapat menikmati panorama matahari terbit yang menakjubkan dari puncak bukit. Udara dingin tiba-tiba tergantikan oleh hangatnya sinar matahari pagi. Fenomena matahari terbit ini pun menimbulkan rasa penasaran yang besar di kalangan wisatawan.

Usai menikmati indahnya matahari terbit, perlahan matahari terbit dan memancarkan sinarnya sehingga menciptakan panorama yang mempesona. Rangkaian bukit dan lembah di sekitar puncak tampak tampak samar, menciptakan tekstur alami bak lukisan sang pencipta. Pemandangan yang ditawarkan bukit ini sejatinya bak surga kecil di dataran tinggi Kerinci sehingga layak untuk dilestarikan dan dilindungi.

Fasilitas Bukit Khayangan

Di tempat wisata ini wisatawan bisa menemukan berbagai fasilitas umum yang cukup memadai. Misalnya toilet umum, lahan parkir kendaraan roda dua dan empat yang luas, taman bermain, paviliun, dan beberapa area tempat duduk. Bukit ini juga dilengkapi dengan penjaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Selain itu, wisatawan juga akan menemukan semacam gardu pandang yang akan didirikan secara permanen. Gardu Induk ini merupakan tempat populer untuk mengagumi keindahan alam sekitar. Terdapat juga beberapa pedagang dan kios yang menjual berbagai kuliner khas Kerinci. Wisatawan bisa berwisata kuliner dan mencicipi gulai ikan Semah, teh Kayu Aro, atau kopi khas Kerinci.

Baca juga:

Jika wisatawan berencana untuk bermalam, terdapat berbagai hotel dan homestay yang bisa dipilih di Kota Sungai Banyak. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kerinci namun tidak menyempatkan diri mengunjungi Bukit Khayangan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di atas bukit.

Nikmati keindahan alam

Mengunjungi bukit ini akan membuat Anda bisa menikmati keindahan alam Kerinci yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain. Pemandangan Anda dimanjakan dengan luasnya perbukitan hijau dan persawahan puluhan ribu hektar, serta sejuknya udara dataran tinggi. Dari puncak bukit Anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Kerinci dan Danau Kerinci.

Jika ingin melihat indahnya matahari terbit, Anda bisa datang ke puncak bukit sebelum matahari terbit. Saat Anda berkunjung ke bukit ini Anda juga bisa merasakan sensasi berada di atas awan. Panoramanya yang indah berpadu dengan kelestarian alam Kerinci. Lupakan sejenak aktivitas sehari-hari dan nikmati karya Sang Pencipta ini.

Perburuan Foto

Tempat ini juga populer di kalangan pecinta fotografi. Ada banyak panorama mempesona yang sayang untuk tidak diabadikan. Anda bisa memotret perbukitan, persawahan dan juga kota Sungai Penuh dari ketinggian. Bukit ini juga bisa dijadikan lokasi foto prewedding.

Anda juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang Gunung Kerinci yang megah. Ada berbagai spot selfie menarik yang bisa Anda pilih, seperti viewpoint atau landmark bernama Bukit Khayangan. Anda juga bisa mengambil foto dengan drone, pastinya akan lebih indah jika memotret bukit ini dari udara.

Biaya Masuk Bukit Khayangan

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Bukit Khayangan

Baca juga:

Peta lokasi Bukit Khayangan

Tips Berwisata ke Bukit Khayangan

  • Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi bukit tersebut.
  • Berhati-hatilah saat berkendara, meski jalan menuju bukit ini beraspal mulus namun menanjak dan berkelok-kelok.
  • Kenakan pakaian hangat karena udara di puncak bukit ini sangat dingin.
  • Hati-hati di puncak bukit.
  • Ikutilah peraturan yang berlaku di bukit ini.
  • Bantulah menjaga kebersihan bukit dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Berhati-hatilah dalam menjaga alam sekitar dan tidak merusak fasilitas atau keindahan alam.

Galeri Foto Bukit Khayangan

Selamat datang di Bukit Khayangan
Akses jalan menuju Bukit Khayangan
Potret Bukit Khayangan di Kerinci
Pemandangan indah dari Bukit Khayangan
Fasilitas spot foto
Berburu foto di Bukit Khayangan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button