Tempat Wisata

Bukit Lambosir, objek wisata alam dengan panorama menakjubkan di Kuningan

Terpesona dengan panorama menakjubkan Bukit Lambosir di Kuningan, dikelilingi suasana hutan yang rimbun, menawarkan pengalaman wisata alam yang menenangkan dan mempesona.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: Setianegara, Cilimus, Randobawagirang, Kec. Mandirancan, Kab.Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Bukit Lambosir merupakan destinasi wisata di Kuningan yang keindahan alamnya bagaikan surga dunia. Tak heran jika bukit ini sangat banyak dikunjungi. Bukit ini terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Sehingga pemandangan alam terlihat sangat menarik dari atas bukit.

Lambosir adalah nama yang diberikan oleh penduduk setempat. Awalnya nama ini diibaratkan dengan nama daging bagian dalam yang memiliki rasa paling enak. Oleh karena itu, warga berharap bukit ini akan terasa tenteram, nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali. Suasana di atas bukit sangat sejuk dan menyegarkan.

Banyak pepohonan yang tidak terlalu menutupi bukit dan terdapat hamparan rumput hijau yang luas, yang biasa dimanfaatkan pengunjung dan warga untuk merasa nyaman. Bukit Lambosir bercirikan bebatuan besar dan mempunyai cerita tersendiri mengenai bebatuan tersebut. Batu-batu ini biasanya dijadikan spot foto para wisatawan.

Daya tarik Bukit Lambosir

Daya tarik Bukit LambosirFoto oleh Dadan S Prayoga di Google Maps

Bukit Lambosir menyimpan banyak cerita sejarah, baik tentang bukit maupun tempat-tempat yang ada di atas bukit tersebut. Tempat ini sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan terutama yang menyukai tantangan. Tempat ini juga menjadi tempat berlatih sepeda gunung, sepeda trail, dan kendaraan off-road. Berikut beberapa hal yang membuatnya menarik:

1. Pemandangan Alam Gunung Ciremai

Salah satu keindahan alam yang bisa disaksikan dari bukit ini adalah panorama alam Gunung Ciremai. Salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat ini dikelilingi lembah hijau yang sangat menyegarkan dipandang mata. Pengunjung bisa melihat kesatuan pesona tempat ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

2. Sebagai tempat perkemahan

Bukit Lambosir merupakan salah satu kawasan di Jawa Barat yang memiliki tempat camping paling populer. Terdapat pepohonan rindang dan gemericik air dari sumber mata air di sekitarnya menciptakan suasana tenang. Bukit ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin dekat dengan alam.

3. Suasana hutan yang asri

Kawasan perbukitan di lembah Gunung Ciremai telah menciptakan suasana ketenangan. Selain itu kawasan ini sangat sejuk dan dingin dengan ketinggian 850 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu pengunjung tidak boleh lupa membawa jaket ke kawasan ini.

4. Ada jalur off-road

Jalur menuju puncak Lambosir sangat sulit, banyak bebatuan, dan jalurnya terjal naik turun sehingga banyak pengunjung yang ingin menikmati sensasi tersebut. Pasti akan menyulitkan, apalagi jika sedang hujan. Tak heran jika jalur ini sering digunakan untuk trekking atau wisata off-road yang sangat menantang.

5. Terdapat spot foto alam

Ada banyak spot foto cantik di Bukit Lambosir. Salah satunya adalah batu besar yang mempunyai nama unik seperti Batu Harimau. Konon batu ini sering dikunjungi oleh suatu spesies. Batu Gajah merupakan yang terbesar dan dapat didaki oleh banyak orang.

Terakhir, batu bunga. Konon batu ini digunakan untuk bermeditasi pada seorang gadis agar tetap awet muda dan cantik. Selain itu panorama alamnya yang indah sering dijadikan tempat berfoto dan pemandangan lembah hijau di kaki Gunung Ciremai berpadu dengan pemandangan Kota Kuningan menambah keindahannya sebagai tempat berfoto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit LambosirFoto oleh Noobmaster _69 di Google Maps

Kawasan ini terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, lebih tepatnya di Desa Setianegara. Pengunjung yang ingin menuju lokasi dapat memilih beberapa rute. Jalur pertama adalah dari Linggarjati yang dapat ditempuh dalam waktu 50 menit dengan jarak 20 km. Jalur ini paling sering diambil oleh pengunjung yang baru kesini.

Dari jalur Linggarjati, pengunjung Bukit Lambosir dapat mengambil jalan lurus ke selatan hingga mencapai pintu gerbang desa Setianegara. Pengunjung bisa mengecek ke warga sekitar karena jalur ini paling dekat dibandingkan jalur lainnya.

Selain itu, pengunjung dari Kota Cirebon akan melewati pemukiman desa melalui jalan beraspal. Jadi pengunjung tidak akan menemui kesulitan untuk mencapai bukit ini. Dari Kota Cirebon, pengunjung harus mengambil jalur menuju Sampora lalu dilanjutkan ke Caracas. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti penunjuk arah menuju bukit ini.

Untuk keduanya, sesampainya di kaki Bukit Lambosir, Anda bisa meninggalkan kendaraan pribadi Anda di tempat parkir dan menggantinya dengan kendaraan yang lebih cocok untuk melewati kawasan perbukitan. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan trekking. Untuk mencapai puncak bukit dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

Tergantung kendaraan yang digunakan dan lama waktu istirahat pengunjung. Pengunjung dapat mencapai tempat ini menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Ada juga bus dan angkutan umum yang tersedia untuk mengantarkan Anda ke tujuan.

Biaya masuk dan jam buka

Kawasan ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin melakukan trekking, camping dan menantang adrenalin. Pengunjung dapat mengunjungi Bukit Lambosir pada jam buka dan tutup mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Jika Anda ingin berkemah, Anda bisa melaporkan hal tersebut kepada petugas dan pengawas di kawasan hutan lindung ini.

Pengunjung yang ingin menikmati sensasi berada di bukit ini hanya membayar Rp 15.000 per orang, dengan biaya parkir tergantung kendaraan yang dibawa. Setelah itu, pengunjung yang ingin menyewa peralatan dapat membayarnya kepada petugas. Di kawasan ini, pengunjung harus mematuhi peraturan yang berlaku.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Bukit LambosirFoto oleh Maftuh Anshori di Facebook

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di Bukit Lambosir, apalagi kawasan ini terkenal dengan kawasan petualangannya yang sangat seru. Inilah aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung dan warga di tempat ini.

Nikmati pemandangannya

Saat pengunjung memasuki kawasan bukit, pengunjung disuguhkan pemandangan hijau yang menyegarkan. Beberapa tanaman hijau dan pepohonan menambah pesona pengunjung.

Sesampainya di puncak, pengunjung menikmati panorama Gunung Ciremai yang indah, lembah hijau, hutan, dan persawahan membentuk keindahan alam.

Selain itu, jika pengunjung beruntung, pengunjung dapat melihat elang jawa terbang di atas puncak. Pepohonan di bukit ini biasanya menjadi rumah bagi burung.

Pergi trekking

Pengunjung yang menyukai petualangan dapat menikmati aktivitas trekking di kawasan perbukitan ini. Mulai dari jalanan yang penuh bebatuan, kemudian perjalanan yang licin, hingga tanjakan dan turunan terjal menambah pesona aktivitas trekking.

Berkemah di Bukit Lambosir

Pengunjung yang menyukai aktivitas berkemah juga bisa melakukan aktivitas di bukit ini. Objek wisata alam eksotik ini menyuguhkan panorama yang indah, lampu-lampu pemukiman warga Cirebon serta kerlap-kerlip bintang di langit menambah kesan asri. Seperti berada di bukit bintang.

Petualangan off-road

Pengunjung yang menyukai petualangan off-road dapat melintasi jalan berbatu dengan sepeda gunung. Anda juga bisa menggunakan kendaraan off-road roda empat. Asalkan tubuh tetap fit dan kuat untuk memulai perjalanan yang penuh rintangan.

Pengunjung yang baru mulai menjajal medan didampingi oleh staf ahli. Sebaiknya gunakan perlengkapan keselamatan seperti helm, penyangga siku dan lutut, serta pakaian keselamatan. Agar Anda tidak melukai diri sendiri jika terjatuh.

Mengambil foto Ria

Salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan adalah fotografi di kawasan Bukit Lambosir. Pemandangan surgawi wajib diabadikan dalam kamera foto Anda. Pengunjung bisa berfoto di tiga bebatuan unik, menikmati pemandangan Gunung Ciremai, lembah hijau, dan pepohonan hutan lindung. Pastinya foto Anda akan sangat indah di postingan media sosial.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit LambosirFoto oleh Mang Duyeh di Google Maps

Wisata ini juga menawarkan berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan pengunjung. Parkir tersedia di sekitar kawasan perumahan. Hal ini terjadi di sini karena kendaraan yang tidak memadai tidak dapat mencapai kawasan perbukitan. Terdapat juga toilet untuk pengunjung.

Mushola merupakan tempat beribadah ketika tiba waktu salat. Selain itu, terdapat pula fasilitas berupa camping ground dan villa di puncak gunung bagi pengunjung yang ingin menginap di Bukit Lambosir dan menikmati sensasi keindahan alam. Fasilitas pendukungnya antara lain penyewaan ATV, sepeda gunung, dan perlengkapan berkemah.

Tanpa pengunjung sadari, tempat ini juga terkenal dengan komplek gubuknya. Letaknya di dekat puncak gunung. Pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas ini akan dikenakan biaya tambahan kurang lebih Rp 35.000 per orang. Hal ini menambah keseruan dan kenyamanan pengunjung yang bisa berkunjung ke bukit ini.

Menarik sekali bukan? Apa yang ditawarkan keindahan alam Bukit Lambosir merupakan wujud ciptaan Tuhan yang perlu dilestarikan kelestariannya. Pengunjung akan terhibur dengan banyaknya atraksi yang ditawarkan dan akan merasa nyaman dengan banyaknya fasilitas dengan harga yang relatif terjangkau.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button