Berita Wisata

Bukit Mentari, Wisata Baru Pacitan Menjadi Alternatif Piknik

Pacitanku.com, PACITAN – Destinasi wisata Kabupaten Pacitan terus berkembang. Selain wisata pantai dan gua, kini ada destinasi wisata baru yang bisa menjadi alternatif kunjungan Anda ke Pacitan.

Namanya Bukit Mentari yang terletak di kecamatan Tamperan, Desa Sidoharjo, Kabupaten/Kabupaten Pacitan.

Mentari Hill berada di kawasan hutan milik Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Lawu Ds, Hutan Pemangkuan Resort (RPH), Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Pacitan seluas 32 hektar, namun sejauh ini hanya sekitar 2 hektar yang telah ditata untuk hektar pariwisata.

Destinasi wisata Bukit Mentari diluncurkan secara halus atau lembut pada Minggu (11/12/2022) di hadapan sejumlah pejabat pemerintah Kabupaten Pacitan antara lain Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono dan unsur Forkopimda Pacitan.

KUNJUNGAN BARU. Keindahan kawasan Bukit Mentari Pacitan yang menjadi alternatif wisata ke Pacitan. (Foto: Sultan Salahuddin/Pacitanku.com)

Lalu apa yang menarik dari Mentari Hill? Tentunya karena berada tepat di atas Teluk Pacitan, kawasan ini memiliki pemandangan yang indah karena berhadapan langsung dengan Teluk Pacitan.

Selain itu, lokasinya yang strategis berbatasan dengan jalan utama Pacitan-Solo membuat Bukit Mentari mudah diakses.

Di kawasan wisata ini terdapat berbagai spot foto, baik berbentuk hati maupun sarang burung yang dikelilingi pepohonan rindang.

Jika kita melihat ke depan, kita akan langsung dihadapkan pada panorama Teluk Pacitan dan pemandangan seluruh kota Pacitan.

Manager PT Subur Raya Persada Dyah Mentari Putri selaku pengelola dan pengelola Bukit Mentari mengatakan bahwa di kawasan ini juga akan ada bumi perkemahan, resort, kafe dan juga berbagai kawasan yang diharapkan dapat membanggakan penduduk Pacitan. khususnya dalam dunia pariwisata.

KUNJUNGAN BARU. Direktur PT Subur Raya Persada Dyah Mentari Putri saat memberikan sambutan saat soft launching Mentari Hill Pacitan yang merupakan wisata alternatif ke Pacitan. (Foto: Sultan Salahuddin/Pacitanku.com)

Belum lagi, di kawasan Bukit Mentari juga terdapat bangunan kuno berupa monumen yang konon sudah ada sejak tahun 1444 Masehi.

Tentu saja, berbagai keunggulan tersebut harus menarik wisatawan yang ingin berkunjung ke Pacitan.

Dyah yang juga Ketua Umum KONI Pacitan Indonesia ini berharap ke depannya kawasan Bukit Mentari bisa menyerupai Uluwatu di Pulau Dewata, Bali.

“Saya berharap seperti Uluwatu di Bali, karena di sini ada udara segar dan pemandangan laut,” kata Dyah saat sambutannya saat soft launching.

Sementara itu, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang turut hadir dalam kegiatan soft launching menikmati peluncuran Mentari Hill yang semakin menambah daftar destinasi wisata Pacitan.

“Saya juga berharap Bukit Mentari, karena diberkahi dengan pemandangan yang luar biasa (megah) tidak hanya di sini, ada beberapa di Klayar dan pantai lainnya, tentu saja yang kita butuhkan, seperti itu, dengan pemandangan yang indah, didukung dengan infrastruktur yang memadai dan tidak bertentangan dengan lingkungan yang ada, semua itu ramah lingkungan,” ujar Bupati.

Bupati juga meyakinkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan mendukung penuh pengembangan pariwisata baru di Pacitan.

“Dukungan pemerintah daerah didukung dengan adanya pariwisata baru, terus berkembang,” ujarnya.

Secara khusus Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Perhutani KPH Lawu Ds, RPH, BKPH Pacitan yang telah mengizinkan penggunaan lahannya untuk mendukung tempat wisata di Pacitan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Perhutani yang telah memfungsikan lahannya untuk mendukung pariwisata Pacitan,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button