Tempat Wisata

Bukit Mondoleko: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bukit Mondoleko: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Jalan-jalan menuju suatu tempat yang pemandangannya indah pastinya sangat menyenangkan, apalagi jika bisa melihatnya dari ketinggian, menambah keseruan ditambah dengan sedikit rasa takut. Jika Anda salah satu orang yang menyukai sensasi tersebut, tempat wisata di Banyuwangi berikut ini tidak boleh Anda lewatkan.

Bukit Mondoleko merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Songgon dan hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer sebelah barat Kantor Desa Sragi atau lebih tepatnya di sebelah selatan Lapangan Sragi. Sesuai dengan namanya, tempat ini berbentuk seperti bukit yang dikelilingi pemandangan hijau yang indah. Berbagai pepohonan dan tanaman lainnya tampak seperti hamparan karpet hijau dari ketinggian.

Banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini terutama pada hari Sabtu dan Minggu serta saat liburan sekolah dan Idul Fitri. Kebanyakan dari mereka penasaran dengan panorama yang menanti mereka jika datang ke sini. Apalagi tempat ini semakin terkenal karena sekarang kita bisa dengan mudah mempublikasikan tempat liburan kita di berbagai media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dll.

Dari puncak bukit ini, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus yang membentang sejauh lautan pepohonan dan persawahan warga di kejauhan, menambah asrinya suasana di Bukit Mondoleko. Karena banyaknya pepohonan dan tanaman yang mengelilingi tempat ini, udara yang dihasilkan terasa sejuk dan segar seperti berada di pegunungan, terbebas dari berbagai asap dan beban polutan di jalan yang biasa kita temui sehari-hari.

Dan jika beruntung dan langit disana cerah tanpa awan yang menggantung, dipastikan bisa mendapatkan pemandangan dari sekitar seperti Situbondo, Bondowoso dan gunung lainnya seperti Gunung Raung yang menjadi benteng kawasan Bumi Blambangan Jember akan dinikmati.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di Bukit Mondoleko. Anda dilarang keras mengucapkan kata-kata kasar, berkata sembarangan, atau melakukan hal terlarang. Pasalnya di kawasan tersebut terdapat pohon beringin besar yang diyakini penduduk setempat sebagai kuburan suci para sesepuh pada tahun 1901.

Mereka yang datang kesini juga harus memiliki stamina yang lebih, karena jalur menuju puncak Bukit Mondoleko tidak mudah, namun juga tidak terlalu sulit. Jika Anda menyukai tantangan, menuju ke sana bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Pengejaran dilakukan melalui persawahan warga, melalui hutan pinus dan melintasi sungai. Anda juga bisa mampir ke gua yang berada di tengah hutan pinus ini, namun memasukinya tidak diperbolehkan karena mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Konon di dalam gua ini terdapat jalan setapak yang bisa memandu Anda

Di puncak Bukit Mondoleko, Anda akan menemukan jembatan dan titik pengamatan berupa dermaga. Dan yang lebih menarik lagi: Sudut pandang ini sedikit menjorok ke arah jurang.

Fasilitas di Bukit Mondoleko

Walaupun fasilitas yang ada di Bukit Mondoleko belum banyak, namun masih ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan seperti;

ruang sholat

Meski berada di pintu masuk jalan setapak menuju puncak bukit, setidaknya Anda tidak perlu khawatir ketika azan mulai berkumandang dan Anda bisa langsung turun untuk shalat di musala ini.

– Pos pemeriksaan

Pos dekat musala juga berfungsi sebagai tempat lapor jika memerlukan sesuatu atau ingin menanyakan arah menuju puncak Bukit Mondoleko.

– Penjual kelontong

Nantinya Anda juga akan menemukan beberapa penjual makanan kecil atau jajanan di puncak bukit untuk teman-teman Anda menikmati pemandangan dari tempat pengamatan.

– kursi kayu

Anda juga bisa duduk santai di kursi-kursi yang disediakan disana dan bersantai sambil merasakan sejuknya udara di Bukit Mondoleko. Tak hanya kursi kayu saja, ada juga ayunan yang bisa Anda mainkan. Kapan lagi Anda ingin berayun dari ketinggian?

Berburu foto di Bukit Mondoleko

Anda yang menyukai seni fotografi pasti akan jatuh cinta dengan tempat ini karena pemandangan di sini bisa membuat Anda tersenyum kagum. Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk berfoto bersama keluarga atau teman Anda. Misalnya saja jika menyusuri jalan setapak menuju Bukit Mondoleko, Anda bisa berhenti sejenak untuk berfoto di bawah rindangnya pohon pinus, di antara persawahan warga, saat melintasi sungai kecil atau bahkan di depan gua Sejarah Jepang. di tengah hutan pinus.

Momen lainnya bisa diabadikan dari puncak bukit, di mana Anda bisa melihat deretan pohon pinus dari atas dan pegunungan yang menjulang megah di kejauhan. Foto dengan latar belakang ini pasti sangat menarik.

Baca Juga: Air Terjun Goa Kikik, Keajaiban Eksotis di Bojonegoro

Akses jalan menuju bukit Mondoleko

Jadi jika tertarik berkunjung bisa langsung menuju Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Songgon. Jaraknya 1,5 km dari Kantor Desa Sragi. Anda dapat mengikuti rute tersebut dari pertigaan desa Sragi dan menuju ke arah selatan. Terus berjalan sampai Anda melihat lapangan sepak bola di sisi kiri jalan. Masuki lapangan untuk memarkir kendaraan. Nah dari sini anda bisa langsung mengikuti rambu-rambu untuk sampai ke Bukit Mondoleko.

Biaya masuk ke Bukit Mondoleko

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Bukit Mondoleko

  • Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di Bukit Mondoleko

  • Siapkan stamina prima untuk berwisata ke Bukit Mondoleko
  • Sebaiknya Anda pergi ke sana saat cuaca cerah
  • Anda dapat membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri
  • Berhati-hatilah saat mengambil foto selfie di atas sudut pandang
  • Tidak mungkin sulit

Galeri foto Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko
Potret Bukit Bersih

Bersantailah di bawah pohon pinus
Pemandangan indah dari bukit Mondoleko
berburu foto
Fasilitas spot foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button