Tempat Wisata

Bukit Pandawa Godean, pesona alam yang indah dan dihiasi patung-patung unik di Sleman

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Area persawahan, Sidorejo, Kec. Godea, Cab.Sleman, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Pandawa Godean Hill merupakan tempat wisata baru di Sleman Jogja yang lagi hits akhir-akhir ini. Memang tidak begitu terkenal dibandingkan objek wisata lain yang sudah ada sebelumnya. Namun bukan berarti tanpa keindahan, pengunjung tetap datang setiap hari. Tujuannya tidak hanya untuk menikmati keindahannya, tapi juga untuk mengisi waktu luang.

Meski namanya bukit, namun tempat wisata ini sebenarnya tidak berbentuk perbukitan seperti yang Anda bayangkan. Obyek wisata ini masih berada di kawasan perumahan bersubsidi. Disebut bukit karena bentuknya yang sebenarnya mirip, tangganya tidak rata karena dulunya digunakan sebagai tempat penggalian tanah liat.

Pihak terkait membangun beberapa objek berupa patung sebagai atraksi. Patung ini sering dijadikan spot foto bagi wisatawan yang datang. Semakin banyak orang yang mempublikasikan keunikan dan keindahannya, tempat wisata seru di Jogja ini semakin ramai dikunjungi. Apalagi pada hari libur, banyak pengunjung yang datang dari luar.

Daya Tarik Bukit Pandawa Godean

Daya Tarik Bukit Pandawa di Godean, SlemanKredit foto: Google Maps Ivan Benjamin

Kalau bicara soal daya tarik, semua objek wisata pasti punya. Bukit Pandawa memang belum resmi menjadi objek wisata di Jogja, setidaknya untuk saat ini. Meski begitu, ia memiliki daya tarik yang menarik wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung.

1. Diorit raksasa

Siapa sangka situs penggalian tanah liat ini pernah menemukan batu diorit yang sangat besar. Menariknya, batu itu berumur sekitar 40 juta tahun. Hal ini terlihat dari hasil penelitian terhadap sampel batu yang diperiksa. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa batu diorit ini sebenarnya adalah batu laut.

Penemuan batu purba ini menunjukkan bahwa sebagian kecil wilayah Jogja dulunya adalah laut. Namun karena proses alam, sebagian wilayah laut menjadi daratan. Sebagian laut yang menjadi daratan merupakan objek wisata yang terletak tepatnya di kecamatan Godean.

Penelitian lain menyebutkan bahwa bebatuan di Bukit Pandawa Godean berasal dari aktivitas Gunung Purna yang meletus jutaan tahun lalu. Menjadi sangat unik dan jarang ditemukan, batu ini bukan hanya sekedar daya tarik. Pihak terkait mengusulkan untuk menggunakan situs tersebut sebagai kawasan konservasi geologi.

2. Bukit Pandawa dihiasi patung-patung unik

Daya tarik selanjutnya adalah keunikan tempat wisata di Sleman ini. Seperti disebutkan sebelumnya, pihak lokal menawarkan berbagai jenis patung untuk menarik wisatawan. Patung ini sering dijadikan spot foto, tentunya berdampingan dengan pemandangan alam di sekitarnya. Seperti namanya, disana terdapat patung Pandawa Lima dengan senjatanya.

Patung-patung itu antara lain Arjuna dengan anak panah, Bima dengan Gada Rujapala-nya, dan Yudistira dengan Jamus Kalimasada. Tentu saja, ada Nakula dan Sadewa yang masing-masing memegang lembing dan pedang. Tak hanya itu, masih ada patung lain yang tak kalah unik.

Bukit Pandawa Godean bisa diartikan sebagai Bukit Panda karena terdapat banyak patung panda yang tersebar di beberapa tempat. Bukan panda biasa tentunya, melainkan panda yang meniru tokoh kartun terkenal. Siapa lagi kalau bukan Kung Fu Panda yang imut dan menggemaskan dengan berbagai posenya.

3. Tempat wisata murah

Liburan bukan berarti Anda harus menghabiskan banyak uang untuk semua yang Anda butuhkan. Bagi yang tidak memiliki budget lebih, namun tetap ingin mengisi waktu luang, selalu bisa datang ke sini. Pasalnya, Bukit Pandawa Jogja tidak memungut biaya tiket apapun jika ingin masuk ke kawasan tersebut.

Kondominium ini dapat dimasuki oleh siapa saja tanpa portal atau pintu masuk. Biasanya waktu pengunjung yang paling ramai adalah sore hari. Sedangkan di pagi hari libur, Anda juga bisa bertemu dengan warga setempat bersama keluarga dan anak-anaknya. Dari atas bukit Anda bisa melihat deretan rumah dengan model seragam yang dicat dengan warna berbeda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamatnya Bukit Pandawa, Godean, SlemanSumber Gambar: Google Maps Ersan Kurniawan

Secara administratif, Bukit Pandawa Godean terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota Sleman tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk menempuh jarak 20 kilometer. Rute terbaik adalah mengambil arah menuju Jalan Kaliurang.

Arahkan kendaraan ke Monumen Jogja Lagi dan kemudian ke Jalan Siliwangi. Selanjutnya Anda harus pergi ke Jalan Godean dan kemudian ke Jalan Pare. Perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Jering, dari sini Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Jika ingin cara yang lebih mudah, sebaiknya gunakan aplikasi peta digital.

Bukit Pandawa masih minim penunjuk jalan, namun jalan berliku jarang ditemui sehingga mudah ditemukan. Setibanya di lokasi, silakan cari tempat parkir yang nyaman. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, objek wisata ini tidak memungut biaya apapun bagi wisatawan yang berkunjung.

Namun, Anda harus menyiapkan uang untuk biaya parkir. Biaya tergantung pada kendaraan yang Anda bawa. Kalau belum ganti, parkir motor biayanya 2.000 rupiah sedangkan mobil biayanya 5.000. Silakan datang kapan saja karena lokasi ini buka setiap hari kecuali hari libur.

Aktivitas menarik di Bukit Pandawa

Aktivitas Bukit Pandawa Godean SlemanSumber gambar: Google Maps Anggara Arif

Meski bukan tempat wisata yang menawarkan wahana permainan, namun banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Bukit Pandawa. Kegiatan apapun bisa dilakukan disini, namun akan lebih baik jika anda tidak sendirian yaitu berkelompok.

1. Piknik santai

Pengunjung yang datang ke sini terutama ingin piknik santai bersama keluarga. Piknik yang dimaksud bukan berarti Anda harus menggelar tikar sambil membawa makanan. Bahkan hanya dengan duduk dan aktivitas sederhana saja sudah bisa dianggap sebagai piknik. Intinya, kegiatan ini bertujuan untuk melepas penat dari keseharian.

2. Nikmati pedesaan di sekitarnya

Selain piknik, Anda juga bisa menikmati pedesaan sekitar. Bukit Pandawa Godean tidak hanya dihiasi perbukitan hijau yang asri. Pemandangan unik dan tak kalah menarik juga deretan rumah di kompleks perumahan tersebut. Tatanannya yang begitu rapi menjadi daya tarik tersendiri.

Jika dua pemandangan ini tidak cukup untuk Anda, tersedia juga sawah yang luas. Petak-petak sawah cukup terlihat dari ketinggian. Warna hijau juga dipertahankan oleh padi yang baru ditanam. Ada juga warna kuning yang bisa Anda lihat saat panen.

3. Spot foto patung yang unik

Aktivitas menarik selanjutnya di Bukit Pandawa adalah berburu spot foto. Bisa dibilang ini adalah kegiatan wajib saat berkunjung ke sini. Berbagai jenis patung dapat digunakan sebagai latar belakang yang unik. Anda hanya perlu sedikit berpose untuk mengambil bidikan yang indah.

Pastikan juga posenya sesuai dengan patung yang akan dijadikan spot foto. Diantara patung-patung yang ada, kebanyakan wisatawan memilih patung panda karena dianggap lucu dan menggemaskan. Selain berfoto dengan patung, Anda juga bisa berlatar belakang bukit atau sawah.

4. Lihat atraksi burung

Berikutnya adalah aktivitas yang mungkin tidak Anda temukan di objek wisata lainnya. Kegiatan yang dimaksud adalah melihat atraksi burung, lebih tepatnya melihat bagaimana burung dilatih. Silahkan datang pada sore hari jika ingin melihat karena kemudian pemilik akan melatih burung untuk menggunakan peluit sehingga mereka kembali setelah terbang keluar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pandawa Hill Godean SlemanKredit foto: Google Maps Bagus Prabantoro

Fasilitas di Bukit Pandawa Godean masih belum lengkap. Bahkan bisa dikatakan tidak ada fasilitas karena bukan fasilitas wisata resmi. Hanya ada fasilitas lapangan yang digunakan sebagai area parkir. Namun, hal tersebut tidak menjadi kendala besar karena Anda bisa mempersiapkan bekal dari rumah.

Liburan merupakan kebutuhan pelengkap yang sangat penting bagi sebagian orang. Tidak setiap saat, tapi setidaknya dilakukan untuk menyegarkan pikiran. Memilih tempat liburan perlu disesuaikan dengan budget Anda. Jika tidak memiliki banyak uang, Bukit Pandawa Godean bisa dijadikan alternatif utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button