Tempat Wisata

Bukit Pangonan Pringsewu, properti wisata alam yang populer dan kekinian di Lampung

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Fajar Esuka, Kec. Pringsewu, Kab.Pringsewu, Lampung; map: Cek lokasi

Bukit Pangonan atau yang juga dikenal dengan Talang Indah Pajaresuk merupakan tempat wisata yang memiliki pesona alam yang menakjubkan di Pringsewu. Berada di daerah perbukitan, tempat wisata ini memiliki nuansa alam yang sangat sejuk.

Kawasan wisata ini menawarkan banyak spot foto instagramable yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil berbagai foto menarik. Selain itu, ada juga jembatan unik yang memiliki suasana romantis dengan latar belakang taman bunga yang indah. Area jembatan ini juga sering dijadikan lokasi pemotretan prewedding.

Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan hijau yang tak hanya menyejukkan mata, tapi juga bisa menjadi tempat refreshing dan penat. Tempat wisata ini sangat cocok bila berkunjung bersama orang tersayang atau keluarga.

Pemandangan Bukit Pangonan

Objek Wisata Bukit PangonanKredit foto: Google Maps saudara Zack

1. Rumah Hobbit

Daya tarik pertama yang dimiliki Bukit Pangonan adalah keberadaan rumah hobbit. Obyek rumah hobbit ini memiliki bangunan rumah mini yang sangat menarik untuk dijadikan latar belakang pengambilan foto untuk membuat foto siap Instagram. Selain itu, objek ini juga sangat digemari oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu.

Rumah hobbit ini dibangun karena terinspirasi dari film The Hobbit dimana karakter Bilbo dan Frodo tinggal di sebuah rumah kecil di perbukitan yang tingginya hanya sekitar 150cm.

2. Spot foto menarik

Setiap tingkat di Bukit Pangonan memiliki spot foto yang berbeda-beda. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki kawasan wisata ini. Beberapa spot foto yang bisa kamu temukan disini adalah spot sepeda Onthel, jembatan unik, sarang burung, TV vintage, tulisan kayu I love you, payung unik, simbol cinta dan masih banyak spot foto lainnya.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, Anda tetap perlu mengutamakan keselamatan dan keamanan saat mencari foto di berbagai lokasi di kawasan wisata ini.

3. Saung atau Gazebo

Tempat Wisata yang dimiliki Bukit PangonanKredit foto: Google Maps Zidan Maruf Hidayat

Daya tarik selanjutnya adalah adanya cottage atau pendopo di kawasan wisata ini. Pada waktu-waktu tertentu, kawasan Saung ini digunakan sebagai tempat pementasan berbagai live music untuk Anda nikmati. Atau Anda dapat menawarkan untuk menyumbangkan lagu dengan bernyanyi secara langsung jika Anda tertarik.

Pada hari-hari biasa saat tidak ada live music, gubuk-gubuk ini bisa digunakan sebagai tempat bersantai, menikmati keindahan panorama alam, atau sebagai tempat beristirahat setelah lelah berjalan menuruni gunung.

4. Tur Keluarga

Tempat wisata di atas bukit ini cocok sebagai tujuan wisata keluarga. Karena selain keindahan yang memanjakan mata, kawasan wisata ini juga memiliki nilai edukasi tersendiri, dalam kemeriahan wisata modern. Anda bisa mengajak anak-anak dan mengenalkan berbagai fitur alam yang disuguhkan di kawasan wisata ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit PangonanKredit foto: Google Maps Reza Maha

Bukit Pangonan merupakan tempat wisata di daerah perbukitan. Karena letaknya, kawasan wisata di desa Fajar Eluk ini memiliki banyak titik strategis untuk menikmati pemandangan hijau di bawahnya.

Kawasan wisata perbukitan ini berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Bandar Lampung. Jika Anda ingin mengunjungi kawasan wisata ini, Anda bisa mengandalkan Gerbang Bambu yang menjadi tanda bahwa Anda sudah sampai di Pringsewu.

Rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju gerbang bisa dimulai dari terminal Raja Basa. Dari sini, Anda hanya perlu menuju Jalan Pramuka, lalu belok kiri ke kanan menuju Pringsewu, melewati Gedong Tataan dan Gading Rejo.

Setibanya di Pringsewu Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju kawasan pasar Pringsewu dan lurus terus sampai bertemu belokan tajam yang berbelok ke kiri. Setelah melewati tikungan, Anda akan dihadapkan dengan jalan menanjak yang panjangnya sekitar 300 meter. Kemudian Anda tinggal lurus sebentar dan akhirnya Anda sampai di kawasan wisata.

Akses jalan yang akan Anda lewati juga cukup curam dan disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat cuaca cerah. Karena jalan yang Anda lewati masih berupa tanah merah, bila diguyur air hujan menjadi sangat licin saat dilewati kendaraan.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Bukit PangonanSumber gambar: Google Maps Adolf Manurung

Untuk menikmati berbagai keindahan yang ada di kawasan wisata Bukit Pangonan, Anda akan dikenakan biaya masuk yang cukup murah dan tidak akan menguras kocek Anda. Hanya dengan membayar 5.000 rupiah per orang sudah bisa menikmati panorama alam di kawasan wisata puncak bukit ini.

Jika ingin mengabadikan momen dengan beberapa spot foto cantik yang disediakan di tempat ini akan dikenakan biaya tambahan mulai dari 3.000 hingga 5.000 rupiah. Biaya ini bisa dibilang cukup bersahabat mengingat spot foto yang disediakan juga begitu indah dan instagramable.

Biaya lain yang harus Anda keluarkan saat menginap di kawasan wisata perbukitan ini adalah biaya parkir kendaraan pribadi Anda. Biaya parkir ini berkisar antara 3.000 hingga 5.000 rupiah baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Aktivitas menarik di Bukit Pangonan

Aktivitas di Bukit PangonanKredit foto: Google Maps saudara Zack

1. Mainkan ayunan gantung

Aktivitas menarik pertama yang bisa kamu lakukan di tempat wisata Bukit Pangonan adalah bermain ayunan gantung. Ayunan ini bisa dibilang cukup menantang karena menghadap langsung ke pemandangan ngarai di dasarnya. Saat Anda menaiki ayunan ini, Anda akan merasakan adrenalin yang begitu kuat, seolah menguji keberanian Anda.

2. Perburuan foto yang menarik

Konon kawasan wisata puncak bukit ini memiliki begitu banyak spot foto menarik di setiap tingkat bukitnya. Sayang sekali jika liburan ke sini tapi tidak berfoto dengan berbagai spot foto yang tersedia.

Selain berfoto di berbagai spot foto yang dibangun khusus, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang alam. Pasalnya pemandangan alam di kawasan perbukitan ini tak kalah indah dengan berbagai spot foto buatan yang tersedia.

3. Bersantai di Saung atau Gazebo

Tempat wisata ini juga menawarkan beberapa gubuk atau paviliun yang bisa Anda gunakan sebagai tempat beristirahat setelah lelah beraktivitas atau menjelajahi lanskap perbukitan. Di pondok ini Anda bisa melihat keindahan panorama alam perbukitan yang begitu mencolok.

4. Berburu Kuliner

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit PangonanSumber gambar: Twitter ISK

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Bukit Pangonan adalah berburu kuliner. Ada beberapa warung yang dikelola warga sekitar untuk mengisi perut Anda. Anda bisa menikmati aneka masakan sambil menikmati keindahan alam hamparan perbukitan hijau yang mengelilingi kawasan wisata ini.

5. Jalan-jalan ke Talang Indah Pajarersuk

Di sini Anda juga bisa berjalan-jalan dan menikmati keindahan alam sebuah selokan. Talang ini sudah ada sejak zaman Belanda, namun untuk memperkuat bangunannya kawasan talang ini sudah beberapa kali direnovasi.

Talang ini sebenarnya memiliki fungsi utama untuk mengairi sawah di daerah Pringsewu. Dengan panjang sekitar 100 meter, saluran ini melintasi air dari ketinggian 30 meter melalui lembah.

Daerah selokan ini bahkan sudah lama menjadi spot foto, bahkan sebelum digarapnya tempat ini menjadi tempat wisata. Anda juga dapat mengambil foto fotogenik yang menarik di area ini. Banyak orang yang sengaja datang ke zona selokan ini hanya untuk berfoto dengan latar belakang keindahan alam yang begitu menakjubkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Bukit PangonanKredit foto: Google Maps Reza Maha

Bukit Pangonan memiliki fasilitas yang cukup lengkap yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata ini. Fasilitas di sini antara lain tersedianya spot-spot foto yang dihias dengan berbagai ornamen menarik. Bukan hanya satu, tapi banyak spot foto menarik dengan keunikannya masing-masing untuk dipilih.

Selain itu, jika merasa lapar, Anda bisa mengunjungi beberapa warung di kawasan wisata ini. Warung-warung ini dikelola langsung oleh penduduk setempat yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman yang lezat.

Fasilitas lain juga tersedia di kawasan ini mulai dari tangga sebagai jalan menuju perbukitan, tempat parkir, kamar mandi dengan air bersih, mushola, ayunan gantung, gazebo, area pemancingan, rumah pohon, jembatan cinta hingga rumah hobbit dengan bangunan mini juga. ada di tempat ini.

Nah, itulah beberapa informasi menarik tentang Bukit Pangonan di Pringsewu. Tentunya tempat wisata puncak bukit ini dapat memperluas jangkauan tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Lampung. Berbagai aktivitas menarik dan keindahan panorama alam di kawasan wisata ini sayang jika dilewatkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button