Tempat Wisata

Bukit Penyu Ongakan : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bukit Penyu Ongakan : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bosan dengan suasana perkotaan yang membosankan, kemacetan lalu lintas, polusi udara yang tinggi dan permasalahan lainnya dan ingin menyegarkan pikiran di tempat yang tenang jauh dari hiruk pikuk kota? Anda bisa datang ke objek wisata ini, lokasinya tidak jauh hanya di Kediri Jawa Timur.

Objek wisata Bukit Penyu Ongakan terletak di Desa Besowo, Kecamatan Kepung. Atau tepatnya di lereng Gunung Kelud yang tak jauh dari Puncak Kelud. Bukit Penyu Ongakan berada di sisi lain Gunung Kelud di sebelah utara. Terdapat pemandangan indah di atas Bukit Ongakan. Aliran lahar dan beberapa gunung yaitu Gunung Kawi, Gunung Arjuna, Gunung Anjasmara, puncak Gunung Kelud dan Puncak Gajah Mungkur bahkan Waduk Selorejo-Malang terlihat dari sini. Perjalanan menuju Ongakan dimanjakan dengan nuansa alam yang masih sangat alami. Naungan pepohonan besar, semak belukar dan juga suara burung di alam liar menambah keindahan tempat ini.

Pemandangan menakjubkan ini sulit ditemukan di kota-kota besar, yang hampir seluruh kawasannya dipenuhi gedung perkantoran bertingkat tinggi. Udara di bukit ini tentunya sangat bersih, segar dan tentunya jauh dari polutan yang tidak baik bagi kesehatan. Saat Anda datang kesini, rasa penat dan penat yang membebani pundak Anda dijamin akan langsung hilang karena Anda akan disuguhi panorama alam yang indah.

Pasti sebagian besar dari Anda bertanya-tanya kenapa bukit ini disebut Bukit Penyu Ongakan? Perlu anda ketahui bahwa di tempat ini terdapat sebuah bukit yang jika dilihat dari atas bentuknya benar-benar menyerupai binatang yang mempunyai cangkang. Keberadaan bukit ini awalnya baru diketahui masyarakat setelah terjadinya letusan Gunung Kelud. Vegetasi yang tumbuh kembali pasca letusan juga menambah keindahan alam Bukit Penyu Ongakan. Itu sebabnya banyak pengunjung berbondong-bondong melihat panorama ini.

Selain bukit penyu, di tempat ini juga terdapat pohon bernama “Pohon Cinta” yang berdiri sendiri di puncak Bukit Ongakan. Namun, untuk mencapai tempat ini tidaklah mudah. Anda harus mendaki jalan menanjak selama kurang lebih dua jam. Untuk menuju kesana harus melalui kantor pendaftaran yang hanya buka sampai jam 5 sore. Jika Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari Bukit Penyu, bayangkan indahnya pemandangan yang akan Anda nikmati dari puncak Bukit Ongakan. Hamparan permata hijau yang asri dan indah ditemani semilir angin yang mengajak Anda berlama-lama.

Fasilitas di Bukit Penyu Ongakan

Di objek wisata ini Anda tidak perlu khawatir tidak menemukan fasilitas karena pihak pengelola telah menyiapkan beberapa fasilitas pendukung antara lain:

– Kamar mandi umum

Meski terkesan sepele, namun kehadiran toilet umum di suatu tempat wisata merupakan hal yang penting karena bagi Anda yang sudah lama bepergian pasti akan merasakan keinginan untuk buang air kecil atau sekedar cuci muka untuk menghilangkan rasa lelah dan menghilangkan rasa kantuk.

– Ruang Sholat

Bagi Anda umat Islam yang ingin menunaikan ibadah salat, mushala yang dilengkapi sarung dan mukena langsung tersedia di sini.

– Kantin atau toko

Fasilitas lain yang banyak dicari pengunjung adalah tempat yang menjual makanan dan minuman. Tidak perlu khawatir di tempat ini karena di sekitar kawasan wisata terdapat beberapa warung yang bisa digunakan untuk membeli minuman atau makanan ringan.

– Area parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, di sini juga tersedia tempat parkir yang luas dan aman.

Berburu foto di Bukit Penyu Ongakan

Anda yang gemar fotografi atau gemar berfoto selfie akan disuguhi pemandangan indah Bukit Oongakan. Ada banyak tempat indah dan menarik untuk destinasi fotografi Anda, seperti di dekat Turtle Hill. Jika ingin pemandangan yang lebih mewah dan mempesona, Anda bisa menempuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak Bukit Ongakan. Di puncak bukit ini Anda bisa melihat ke segala arah bahkan terlihat jelas bentuk Turtle Mound. Berfoto selfie atau bersama teman-teman dengan latar belakang hijau nan indah seperti karpet pasti akan membuat foto Anda layak untuk diposting di berbagai media sosial. Selain itu, jangan lupakan juga keberadaan pohon cinta yang juga bisa dijadikan spot berfoto.

Baca Juga: Wisata Pantai Sukamade, Pesona Wisata dan Pengamatan Penyu

Akses jalan menuju Bukit Penyu Ongakan

Jalur dari Pare, Kediri menuju bukit ini menuju ke arah Pasar Kepung di sebelah timur hingga bertemu dengan pertigaan yang terdapat patung “ibu dan anak”. Kemudian belok kanan lagi menuju jalan yang mengarah cukup menanjak. Di pinggir jalan terdapat papan penunjuk arah menuju Bukit Ongakan. Ikuti petunjuk arah ke kiri dan ikuti petunjuk arah menuju Bukit Penyu.

Sebelum memasuki hutan, jalannya terbuat dari aspal mulus. Setelah memasuki hutan, akses jalan berupa jalur yang cukup terjal. Jalur memasuki hutan lebat, menanjak dan terjal, hingga sampai di pos pendaftaran dan melanjutkan perjalanan melalui jalur yang bercampur dengan akar pohon, melewati hutan pinus dan hutan yang sangat lebat. Ikuti jalan sampai Anda mencapai tempat parkir.

Biaya masuk Bukit Penyu Ongakan

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Bukit Penyu Ongakan

Tips berlibur di Bukit Penyu Ongakan

  • Kenakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin
  • Berhati-hatilah saat mendaki jalan setapak
  • Berhati-hatilah saat mengambil foto selfie atau foto
  • Jangan dibuang
  • Siapkan energi terbaikmu

Galeri Foto Bukit Penyu Ongakan

Potret Bukit Penyu Ongakan
Bersepeda ke bukit
Berburu foto romantis

Foto prewedding di Bukit Kura Kura, Ongakan
Spot foto di pinggir tebing
Pemandangan indah dari bukit Kura Kura Ongakan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button