Tempat Wisata

Bukit Serelo Lahat, tempat terbaik untuk menikmati panorama alam dari ketinggian

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Padang, Kec. Merapi Selatan, Cab.Lahat, Sumatera Selatan; map: pemeriksaan situs

Bukit Serelo merupakan tempat wisata di Lahat, Sumatera Selatan. Bukit ini cukup terkenal karena pernah dijadikan tempat sosialisasi penyambutan Asian Games yang digelar di Indonesia sebelum tahun 2016. Tentunya bukan hanya itu yang membuatnya begitu populer, tapi juga pesona dan keindahannya.

Dikenal juga sebagai Index Hill dan Thumb Hill, tempat ini memiliki ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Cukup tinggi untuk melihat pemandangan indah di bawah. Namun, tidak mudah untuk menaklukkan selama pendakian. Hal ini disebabkan karena sebagian besar lahan dipenuhi oleh ilalang yang tinggi dan jarak pandang mata yang sangat rendah.

Selain itu, sudut kemiringannya juga tajam, beberapa titik bahkan mencapai 75 derajat. Selain itu, jalan yang harus Anda lewati sebagian besar tidak beraspal, cukup licin jika sebelumnya turun hujan atau terkena embun pagi. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi tantangan tersendiri, belum lagi banyaknya pesona yang dimilikinya.

Daya tarik yang dimiliki oleh Bukit Serelo

Daya tarik Bukit Serelo LahatKredit foto: Google Maps Eko Fasilon

Selain nama di atas, Bukit Serelo juga dikenal dengan nama lain Bukit Tunjuk dan Bukit Timp. Semua nama ini mengacu pada bentuknya yang unik. Selain namanya, ia memiliki banyak pesona yang tidak bisa dianggap remeh.

1. Bentuk Bukit Serelo yang unik

Daya tarik pertama terletak pada keunikan bentuknya. Seperti disebutkan sebelumnya, gundukan ini berbentuk kepalan tangan dengan jari terangkat. Asumsi setiap orang ketika melihatnya berbeda-beda tergantung dari image yang didapatnya. Karena itu, Bukit Serelo memiliki banyak nama lain yang juga populer.

Namun, setiap sudut pandang selalu menampilkan gambar, yaitu jari. Lebih unik lagi ketika jari ini tampak mengarah ke atas, mengingatkan kita akan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Bukit ini bisa menjadi pengingat bahwa manusia dengan segala keterbatasannya berada di bawah.

2. Keajaiban alam dari atas bukit

Di luar keunikan bentuknya, daya tarik lain yang wajib Anda ketahui adalah pesonanya. Seperti perbukitan pada umumnya, Bukit Serelo terlihat hijau dan menyejukkan mata. Namun warna hijau tersebut tidak berasal dari rimbunnya pepohonan, melainkan didominasi oleh semak belukar. Tidak banyak pohon yang tumbuh, hanya di beberapa titik lokasi saja.

Keindahan alam semakin terlihat saat berada di atas bukit. Sungai Lematang yang mengelilinginya terlihat cukup jelas, warna airnya yang biru jernih. Selain itu, deretan perbukitan yang tampak rapi merupakan pemandangan yang indah. Di malam hari, kelap-kelip lampu kota dan rumah penduduk terlihat seperti gugusan bintang yang jatuh dari langit.

3. Penuh dengan flora dan fauna

Daya tarik lainnya adalah Bukit Serelo LahatKredit foto: Google Maps SarTika Nyayu Zaleha

Bukit Serelo Lahat memiliki luas sekitar 210 hektar yang tentunya banyak ditemui. Flora dan fauna yang dimaksud, Anda bisa melihat berbagai jenis tumbuhan yang belum tentu terdapat di perbukitan lain. Sebagian besar merupakan tumbuhan khas Indonesia, seperti puspa dan sungkai yang kini semakin langka.

Ada juga banyak spesies fauna atau hewan. Kera ekor panjang adalah yang paling mudah ditemukan. Selain itu, ada juga kancil, kijang, kijang, bajingan dan hewan khas Indonesia lainnya. Semua flora dan fauna ini bisa Anda temui selama perjalanan menuju puncak, namun tidak dijamin karena tergantung keberuntungan.

4. Taman Pusat Latihan Gajah

Bukan di puncak Bukit Serelo, melainkan di bawah bukit terdapat taman pusat latihan gajah. Sekolah Temperamen Gajah namanya, tempat ini telah melatih setidaknya 40 ekor gajah untuk menunjang aktivitas warga. Biasanya gajah ini dilatih untuk membantu pekerjaan berat seperti membawa kayu gelondongan.

Meski bukan tujuan utama, tak ada salahnya menyempatkan diri untuk mampir. Bahkan, saat ini belum ada pertunjukan gajah seperti sirkus, apalagi gajah yang digunakan untuk tunggangan. Namun, Anda bisa meluangkan waktu untuk sekadar berfoto bersama untuk mengabadikan kenangan tak terlupakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit Serelo LahatKredit foto: Google Maps Serli Monita

Bukit Serelo terletak di Padang, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Karena lokasinya yang cukup terpencil akan memakan waktu lama jika hanya berada di pusat Lahat. Menempuh jarak sekitar 55 kilometer, Anda membutuhkan waktu setidaknya 1 jam 30 menit untuk tiba di tempat parkir mobil atau di bawah bukit.

Untuk mencapai puncak harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Rute terbaik yang bisa ditempuh dari pusat kota adalah melalui Jalan Lintas Sumatera. Sekitar 300 meter setelah menyeberangi Sungai Lematang, silakan belok kanan. Jalannya sangat berliku jadi sebaiknya gunakan GPS atau peta digital.

Memang jarak tempuh yang cukup jauh, namun keindahan akan selalu menemanimu selama perjalanan. Anda juga tidak mudah bosan, warna hijau selalu menyejukkan mata, apalagi saat mendekati tempat tersebut. Biarkan jendela mobil terbuka agar Anda dapat merasakan udara segar dan murni.

Biaya masuk ke Bukit Serelo

Tiket Bukit Serelo LahatKredit foto: Google Maps Eko Fasilon

Perlu diketahui bahwa Bukit Serelo bukanlah objek wisata resmi seperti air terjun atau wahana hiburan. Dengan banyaknya atraksi, tempat ini masih merupakan bukit yang penuh dengan tumbuhan hijau dan hewan liar. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mendaki bukit eksotis di Lahat ini.

Namun, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari otoritas desa. Tidak sulit tanpa harus SIMAKSI seperti mendaki gunung. Perizinan hanyalah formalitas dan pendataan. Alih-alih tiket masuk, Anda bisa menyewa jasa pemandu untuk meningkatkan keamanan dan memastikan keselamatan.

Aktivitas menarik di Bukit Serelo

Kegiatan Bukit Serelo LahatKredit foto: Google Maps Eko Fasilon

Pernah mendaki bukit? Bukit mana pun yang pernah Anda kunjungi, aktivitasnya tidak jauh berbeda. Aktivitas seru di Bukit Serelo lebih banyak berhubungan dengan petualangan. Kebebasan berekspresi dan belajar tentang alam menjadi lebih seru saat kamu melakukan beberapa aktivitas berikut!

1. Tracking menuju puncak Bukit Serelo

Bagi yang suka tantangan, mendaki ke puncak adalah kegiatan yang paling mengasyikkan. Meski lelah, rasa bangga menaklukan medan yang sulit membuat kesan yang pasti. Perjalanan yang Anda tempuh memakan waktu sekitar 2 jam jika Anda berjalan santai. Akhirnya ada posko yang bisa dijadikan rest area.

2. Menikmati panorama alam

Selama perjalanan menuju puncak Anda bisa menikmati segala keindahan Bukit Serelo Lahat. Pesona Bukit Barisan sayang jika dibiarkan begitu saja. Keindahan yang paling ditunggu adalah saat berada di puncak, Sungai Lematang dan perkebunan hanyalah sebagian kecil saja.

3. Berkemah

Tak bisa dipungkiri, tujuan utama wisatawan yang juga merupakan kegiatan menarik adalah berkemah. Ada beberapa tempat perkemahan untuk dipilih, tetapi kebanyakan pendaki memilih puncak. Tidak ada puncak seperti jari, tentu saja, karena tidak terlalu besar dan tidak ada akomodasi untuk bermalam.

4. Lihat pelatihan gajah

Jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi sekolah pelatihan gajah sebelum atau sesudah mendaki Bukit Serelo. Tempat ini sebenarnya bukan tempat wisata, namun semua orang boleh mengunjunginya asalkan tidak mengganggu mereka. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama hewan terbesar, kapan lagi kamu mendapatkan momen langka seperti ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit Serelo LahatKredit foto: Google Maps Eko Fasilon

Bukit Serelo bukanlah objek wisata resmi, hanya tempat yang dijadikan tujuan pendakian oleh banyak pelancong ke nusantara. Seperti perbukitan pada umumnya, tidak ada fasilitas di puncaknya. Hanya ada mata air di sekitar lereng, harap dimanfaatkan secara optimal.

Itu yang bisa kami sampaikan mengenai tempat wisata alam di Lahat yang memiliki banyak nama. Berkunjung ke tempat ini harus mempersiapkan fisik karena medannya cukup sulit. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan yang cukup karena tidak banyak fasilitas di Bukit Serelo kecuali di kampung warga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button