Tempat Wisata

Bukit Wairinding, Pesona sabana yang mempesona di Sumba Timur

Bukit Wairinding, Pesona sabana yang mempesona di Sumba Timur

Bukit Wairinding merupakan wisata bukit yang sangat menawan. Keindahan pemandangan alam yang disajikan membuat para wisatawan terpesona!

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pambotanjara, Kec. Kota Waingapu, Kab.Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Liburan menawarkan pengalaman tersendiri dengan mengunjungi objek wisata berupa pegunungan atau perbukitan. Suguhan pemandangan alam sejauh mata memandang dari atas, ketinggian membuat pikiran lebih rileks. Wisata Bukit Wairinding bisa menjadi pilihan wisata gunung yang fantastis!

Buktinya yang terletak di Sumba ini memiliki pemandangan lanskap yang unik dan khas. Oleh karena itu, cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin memanjakan mata dan menyegarkan diri dari rutinitas sehari-hari.

Di mana bukit yang indah ini berada? Bagaimana menuju ke sana? Apa saja daya tarik wisata Wairinding? Jika penasaran dan belum tahu maka langsung saja simak artikel di bawah ini tentang wisata Wairinding yang menakjubkan!

Daya tarik Bukit Wairinding

Objek wisata Bukit WairindingKredit foto: Google Maps Danny Tirta

Wisata Bukit Wairinding merupakan destinasi wisata yang unik dan memiliki keunikan tersendiri. Karakteristik dan keunikannya menjadikannya daya tarik wisata. Oleh karena itu, banyak orang yang penasaran dan ingin berkunjung dan berwisata.

1. Pesona padang savana yang luas

Bukit Wairinding memiliki ketinggian 100 hingga 200 meter di atas permukaan laut. Di atas bukit ini, wisatawan bisa dengan leluasa mengamati keindahan sabana yang luas sejauh mata memandang. Uniknya, savana ini terlihat berbukit-bukit hingga terlihat bergelombang.

Saat musim hujan, bukit savana akan terlihat hijau dan menyejukkan mata. Saat musim kemarau pemandangan berubah dengan bukit savana terlihat kekuningan.

Destinasi wisata di Bukit Wairinding ini memang cocok untuk dikunjungi setiap saat sepanjang tahun. Selain itu, keindahan hamparan bukit savana juga bisa dinikmati dari pagi hingga malam hari. Namun, pastikan membawa topi jika berkunjung di siang hari karena matahari cukup terik.

Perbukitan savana yang luas dan bergelombang membuatnya dikenal sebagai “Beauty Wave of East Sumba”. Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke destinasi ini bahkan memberinya julukan “Taman Cendrawasih di Tanah Sumba”.

2. Matahari terbenam yang mempesona

Bukit Wairinding mulai dikenal masyarakat luas setelah menjadi lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas yang disutradarai oleh Mira Lesmana. Selain daya tarik utama bukit savana yang luas dan bergelombang, wisata ini memiliki keindahan lain.

Wisatawan bisa menikmati sunset atau matahari terbenam yang menawan dan mempesona dari atas bukit yang cukup tinggi ini. Keindahan sunset di Perbukitan Wairinding menarik perhatian banyak orang, sehingga tidak jarang banyak wisatawan dari berbagai daerah datang ke sini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit WairindingSumber Gambar: Google Maps Adam Zulma

Di manakah lokasi Bukit Wairinding? Bukit indah ini terletak di Desa Pombotanjara, Kota Waingapu, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Jika Anda datang dari pusat kota Waingapu, jarak yang harus ditempuh adalah 25 km. Perjalanan memakan waktu sekitar 41 menit dengan akses jalan yang bagus dan beraspal ke arah barat.

Itinerary dari Kota Waingapu dapat diakses dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Namun, pastikan kendaraan dalam kondisi baik karena jalan menuju Bukit Wairinding cukup berliku.

Setelah sampai di lokasi yang telah ditentukan, kendaraan dapat diparkir. Setelah itu, wisatawan harus mendaki bukit sekitar 500 meter.

Biaya masuk ke objek wisata

Wisatawan dapat mengunjungi Bukit Wairinding Sumba kapan saja. Namun, sebaiknya hindari berkunjung pada sore hari hingga matahari terbenam atau malam hari karena penerangan di kawasan ini sangat terbatas.

Tarif masuk kawasan wisata perbukitan ini belum ditetapkan secara pasti. Wisatawan hanya perlu mengisi buku tamu, lalu dengan tulus membayar uang.

Aktivitas menarik di Bukit Wairinding

Aktivitas menarik di Bukit WairindingKredit foto: Google Maps Wiwin Lukman Febrianto

Hal seru apa yang bisa dilakukan saat mengunjungi Wairinding Hills? Padahal, banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Bukit Wairinding, apalagi jika Anda datang bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan saat berlibur ke salah satu objek wisata gunung di Sumba yaitu :

1. Bersantai dan menikmati keindahan alam

Wisata alam berupa perbukitan memang sangat cocok dikunjungi untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Di Wairinding Hills, wisatawan bisa duduk santai menikmati pesona padang savana yang luas.

Semilir angin yang segar tentu menambah nyaman suasana saat berlibur di puncak bukit yang menawan ini. Wisatawan dapat duduk santai sambil menikmati minuman dan makanan segar di kabin yang disediakan pengelola.

Jika tidak mendapatkan kabin, duduk di atas tikar juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan Perbukitan Wairinding.

2. Menyaksikan sunset yang mempesona

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset dari Bukit Wairinding. Langit yang semula cerah berangsur-angsur berubah menjadi jingga.

Anda tidak boleh melewatkan pemandangan yang begitu menakjubkan! Jangan lupa membawa jaket jika ingin menikmati sunset di atas bukit karena anginnya cukup kencang.

3. Gerak kuda

Jika bosan duduk-duduk, maka menunggang kuda bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan di destinasi wisata Sumba. Di sini masyarakat setempat menyewakan kuda-kuda jinak untuk ditunggangi selama berkeliling kawasan wisata.

Harga sewa kuda cukup terjangkau dan tentunya aman. Jika tidak ingin naik kuda, wisatawan bisa menyewanya saja untuk berfoto.

4. Berburu foto

Berburu foto adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan selama Anda berlibur di berbagai tempat wisata termasuk Bukit Wairinding. Foto yang dihasilkan pasti terlihat menarik, unik dan instagramable!

Keindahan hamparan savana yang luas dan berbukit bisa menjadi background atau backdrop foto yang estetik! Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan momen di bukit indah ini dengan video.

Wisatawan bisa menjumpai anak-anak Sumba yang sedang asyik bermain di tempat wisata. Mereka juga sangat ramah dan menerima ajakan untuk berfoto bersama. Jika ada kesempatan, anak-anak Sumba juga bisa dijadikan subjek foto yang menarik.

Pastikan membawa perlengkapan yang memadai agar hasil pemotretan lebih memuaskan. Saat ketersediaan perangkat terbatas, tidak ada salahnya menggunakan kamera smartphone.

Ingat! Hasil pengambilan foto tidak hanya bergantung pada peralatan, tetapi juga pada teknik perekaman yang dikuasai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pabrik Bukit Wairinding Sumba TimurKredit foto: Google Maps Wiwin Lukman Febrianto

Menikmati keindahan Bukit Wairinding akan terasa lebih nyaman karena bukit indah ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Fasilitas pendukung di tempat wisata alam ini dikelola oleh pemerintah kota setempat.

  • Beberapa gubuk
  • area parkir
  • kamar mandi
  • stabil sewa
  • warung makan

Meski fasilitas di lokasi ini masih minim dan terbatas, liburan tetap bisa terasa nyaman dan menyenangkan. Semakin ramainya wisata Wairinding Hills, kemungkinan akan dilakukan pengembangan lebih lanjut untuk menambah fasilitas.

Bukit Wairinding adalah tujuan wisata yang menakjubkan di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Keunikan utama tempat ini adalah pemandangan padang savana yang luas dan bergelombang atau berbukit. Sangat mempesona!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button