Berita Wisata

BUMNag Sungai Kamuyang dilatih untuk perencanaan bisnis potensial

LIMA PULUH KOTA, hahanran.co — Sejumlah dosen Universitas Andalas (Unand) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat secara berkelanjutan di Nagari Sungai Kamuyang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota. Program ini berlangsung selama tiga tahun dan kini memasuki tahun terakhir. Pada Kamis (17/11/2022), tim memberikan pelatihan pengembangan potensi bisnis plan BUMNag Sungai Kamuyang.

Pelatihan berlangsung di ruang pertemuan kantor Wali Nagari Sungai Kamuyang. Turut hadir sepanjang pelatihan Wali Nagari Sungai Kamuyang Israel, Sekretaris Nagari Ahmad Fahrizal yang juga menjabat sebagai Plt Kepala BUMNag Sungai Kamuyang, Sekretaris Mirawati, Bendahara Yuspida, Tim Revitalisasi BUMNag Sungai Kamuyang, Tokoh masyarakat dan pemuda serta tokoh desa .

Selanjutnya hadir pula Fasilitator Desa/Nagari Kabupaten Limapuluh Kota, Mac Amril, S.Pd, SH yang juga berperan mendampingi BUMNag Sungai Kamuyang. Sedangkan Tim Pengabdian Unand dipimpin langsung oleh Team Leader Dr Ir, Dwi Yuzaria, HE, M.Si dan Contact Person yang juga Professional Business Consultant Ir Rekso Wardoyo, MS.

Dalam KKN ini juga diikuti sejumlah dosen Unand lainnya yaitu Dr. A. Irzal Rias, SH, MH Ir. Daz Edwiza, MS, Dr. Ir. Rusjda Khairati, MSi dan Adisti Rastasari, S.Pt, MS. Ir. Rekso Wardoyo, MS, sebagai konsultan bisnis profesional yang berpengalaman di berbagai instansi pemerintah, perusahaan publik bahkan perusahaan internasional, menjadi narasumber utama dalam pelatihan ini. Sesi kali ini berfokus pada pengembangan rencana bisnis potensial BUMNag untuk beroperasi sejalan dengan potensi Nagari Sungai Kamuyang.

Ketua tim, Dr Dwi Yuzaria mengatakan, Nagari Sungai Kamuyang yang berada di ketinggian Gunung Sago merupakan desa kaya dengan berbagai potensi. Sungai Kamuyang dengan iklim sedang dan ketinggian 700-900 meter DPL cocok untuk peternakan sapi perah, sapi potong, pengolahan susu sapi, kambing, ayam, pertanian, pariwisata serta pengolahan sumber air minum dan air minum kemasan.

Budidaya sapi perah atau kambing perah cocok untuk dikembangkan di Sungai Kamuyang, karena mayoritas masyarakat sudah melakukannya sejak lama. Apalagi dengan dukungan dan bimbingan dari Breeding Center Padang Mengatas yang merupakan salah satu breeding center terbaik di Indonesia dan tertua di tanah air.

Sedangkan untuk sektor pariwisata, Sungai Kamuyang juga memiliki alam yang indah dan menawan. Sejumlah tempat di nagari ini menyuguhkan pemandangan yang fantastis. Hampir 80% wilayah Kabupaten Limapuluh Kota dan 100% wilayah Kota Payakumbuh terlihat dari beberapa tempat yang pemandangannya dapat dikembangkan untuk sektor pariwisata. Kolaborasi antara potensi komersial peternakan sapi perah, produksi keju, yoghurt dan aspek pariwisata juga sangat mungkin untuk dikembangkan.

Sungai Kamuyang juga memiliki mata air bersih alami bernama Batang Tabik. Aliran air lebih dari 800 liter per detik. Airnya sangat bersih, jernih dan higienis. Bahkan bisa langsung diminum. Air dari mata air Batang Tabik merupakan sumber air minum utama di kota Payakumbuh. Kualitas air Batang Tabik bahkan diakui sebagai yang terbaik di tanah air. Di sumber air Batang Tabik juga terdapat kolam renang yang dikelola anak nagari selama puluhan tahun. Karena kualitas airnya yang bagus, kolam pemandian atau kolam renang masih banyak diminati hingga saat ini. Sumber air bersih Batang Tabik dapat dikembangkan oleh BUMNag untuk memproduksi AMDK, air bersih curah, membangun water park, dll.

“Jadi Sungai Kamuyang ini merupakan nagari yang sangat kaya dengan berbagai potensi. Namun tentunya jika tidak ada rencana bisnis yang baik, terarah dan terukur, tentunya potensi tersebut tidak dapat dimanfaatkan dan dikembangkan. Makanya butuh business plan atau rencana bisnis,” ujar Dwi Yuzaria.

Sebelumnya, BUMNag Sungai Kamuyang sudah memiliki beberapa unit usaha seperti simpan pinjam, fotokopi, galon air, sewa tenda dan panel bunga. Sayangnya, unit-unit usaha tersebut tidak berjalan maksimal. Memang ada yang mati suri, karena beberapa sebab, seperti meninggalnya pengurus, dampak pandemi Covid-19, dll. Akibatnya, ada risiko modal perusahaan tidak kembali, atau bahkan merugi.

Pentingnya rencana bisnis BUMNag

Di hadapan peserta pelatihan, Konsultan Bisnis Ir. Rekso Wardoyo, MS menyampaikan materi pentingnya business plan BUMNag. Menurut Rekso, rencana bisnis harus disusun dan disusun sebaik mungkin.

Mempersiapkan dan menyusun rencana bisnis diperlukan untuk memenuhi persyaratan perizinan, menarik atau mendapatkan sumber daya manusia atau karyawan kunci. Kemudian, dari rencana bisnis yang tersusun dengan baik, program bisnis juga bisa ‘dijual’ ke investor atau investor.

Perencanaan bisnis juga diperlukan untuk meminimalkan risiko bisnis yang terkait dengan mengamankan mitra bisnis strategis, termasuk mengamankan kontrak bisnis utama. Dalam rencana bisnis diukur bagaimana prospek usaha yang direncanakan. Jika prospeknya bagus dan menawarkan peluang untung yang bagus, perencanaannya terorganisir dengan baik, rapi dan mudah dipahami. Dengan demikian, calon mitra bisnis akan lebih mudah memahaminya.

“Jadi perencanaan bisnis yang baik sangat diperlukan untuk mendapatkan karyawan kunci, investor, mitra bisnis dan pemasaran,” ujar Rekso.

Rekso menjelaskan beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam menyusun business plan, antara lain produksi dan pemasaran.

Suasana pelatihan juga diselingi oleh pertukaran. Peserta mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Pengurus BUMNag juga menjelaskan keadaan lembaga tersebut. Peserta juga mengaku antusias dengan potensi yang bisa ditangani oleh BUMNag. Namun sayangnya hingga saat ini hal tersebut belum tercapai oleh BUMNag.

Mac Amril selaku pendamping desa ikut terlibat dalam penyelesaian masalah BUMNag sekaligus memberikan pendapatnya atas permasalahan yang dihadapi BUMNag Sungai Kamuyang serta menawarkan alternatif solusinya.

Wali Nagari Sungai Kamuyang Israel mengatakan, program kemitraan yang sedang berjalan yang diterapkan Unand sangat membantu peningkatan SDM aparatur nagari, BUMNag dan lainnya. Ia juga berharap agar BUMNag Sungai Kamuyang dapat lebih baik lagi kedepannya dan berbagai permasalahan internal dapat segera teratasi.

hahanan.co

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button